Kumpulan 200+ Alat Musik Tradisional Di Indonesia LENGKAP

Alat Musik Tradisional Di Indonesia. Merupakan sebuah salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia, yaitu sebuah karya yang biasanya di ikuti dengan trarian tradisional maupun tarian adat.

Begitu kayanya negara ini dengan segala budayanya, mulai dari lagu dari berbagai daerah, tarian dari berbagai daerah, pakaian adat, juga berbagai macam senjata dari berbagai daerah, tidak asing juga dengan rumah adatnya.

Hanya saja kita selaku menjadi masyarakat daerah tidak terlalu sadar bahwa dikit demi sedikit dari budaya tersebut semakin terkikis oleh rasa gengsi dengan seiringnya zaman. Teramat banyak seni serta kebudayaan dari 33 provinsi Indonesia yang harus kita kaji kembali, agar Indonesia tidak kehilangan khasnya.

Alat Musik Tradisional Di Indonesia

Dari berbagai keanekaragaman alat musik yang dimiliki Indonesia. Banyak variasi mulai dari Alat Musik yang tidak beraturan (ritmis), alat musik yang biasa digunakan oleh para generasi islam (marawis), juga ada alat musik yang harus dimainkan dengan cara ditiup, serta alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Berikut alat musik Tradisional yang amat, sangat, paling, penting sekali kita ketahui.

Angklung Dari Jawa Barat


Alat musik tradisional yang pertama adalah angklung yang berasal dari dari Jawa Barat. an sangat digemari oleh semua kalangan hingga saat ini.

Alat Musik ini terbuat dari beberapa bambu yang dipotong disetiap ujungnya, lalu di satukan dalam satu bingkai. Penyusunannya pun harus rangkum agar mampu memberikan suara yang berbeda yaitu dari bambu berukuran kecil sampai yang terbesar.

Dengan terkenalnya alat musik angklung kini makin banyak variasi dari ini terdapat 12 macam yang berbeda pula, diantaranya:

  1. Angklung Kanekes.
  2. Angklung Badeng.
  3. Angklung Banyuwangi.
  4. Angklung Bali.
  5. Angklung Buncis.
  6. Angklung Dogdog Lojor.
  7. Angklung Gubrag.
  8. Angklung Padaeng.
  9. Angklung Reyog.
  10. Angklung Sarinande.
  11. Angklung Sri-Murni.
  12. Angklung Toel.

Terkenalnya angklung masa kini diadakannya penghibur jalanan di Malioboro Jogja. Alat musik itu dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya dan menariknya lagi para pemusik kreatif kita memadukannya dengan lagu-lagu trend atau lagu modern.

Aramba Alat Musik Sumatera

Alat Musik Tradisional

Kebanyakan dari orang yang “saya pahami” jika melihat benda atau alat musik ini mereka akan menyebutnya sebagai “Gong”. Memang jika dilihat sekilas banyak bilang itu adalah Gong, padahal itu memang Gong.

Apalagi bagi orang yang miskin pengetahuan tentang tradisional, seperti saya.

Hingga sampai saat ini Aramba masih dipercayai mengandung unsur mistis keramat. Maka dari itu banyak orang yang memperlakukan aramba dengan sangat istimewa.

Fungsi dari Gong ini selain dijadikan sebuah alat musik pada acara-acara tertentu, seperti acara pernikahan, kematian, aramba juga digunakan sebagai alat komunikasi di suatu desa seperti memanen, menanam dengan tujuan mengumpulkan para warga.

Bende Alat Musik Lampung

Alat Musik Tradisional

Meski asal mula alat musik ini dari Lampung tapi penyebaran perluasannya sangat besar di Indonesia. Karena hampir di seluruh kepulauan nusantara dapat dijumpai adanya alat musik ini, Seperti: Sumatera, Papua, Maluku, dan lain-lain.

Kegunaan gong kecil ini, juga agak sama dengan Aramba, yang bertujuan untuk mengumpulkan para warga agar berkumpul di lapangan, terkait nantinya akan ada informasi dari kerajaan, pesta rakyat, pergantian penguasa dan banyak lagi lainnya untuk mengumpulkan para warga.

Bonang Alat Musik Jawa Timur

Alat Musik Tradisional

Salah satu alat musik jenis Gong tapi dengan ciri khas yang berbeda, yaitu Bonang. Dalam dunia Gamelan, bonang sangat diperhatikan karena menjadi sebuah alur nada utama, terlebih lagi jika yang memainkannya adalah para anak muda, pasti akan lebih seru dengan ditambahkannya sebuah cipratan modern dari mereka.

Karena alat ini adalah jenis gong maka dimainkan dengan cara dipukul menggunakan dua kayu yang dilapisi dengan kain.

Caklemong Alat Musik Bangka Belitung

Caklemong merupakan sebuah alat musik asal dari Bangka Belitung. Bentuknya agak sama dengan Bonang tapi ada ciri khas dari keduanya. Cara memainkan Caklemong dengan cara di pukul menggunakan kayu atau pemukul yang sudah dianjurkan.

Calung Alat Musik Dari Banyumas

Alat Musik Tradisional

Alat musik selanjutnya ini berasal dari sunda, tapi berkebang pesatnya di Banyumas. Cara bermain alat musik ini dengan cara memukul bilah yang sengaja telah disusun menurut laras irama, atau nada yang telah ditetapkan.

Mungkin nampak seperti angklung bila dilihat hanya sekilas.

Ceng Alat Musik Tradional Bali

Alat Musik Tradisional

Ceng ialah alat musik dari Bali. Ceng cukup terkenal hingga keluar negeri, itu juga terdapat faktor pendatang dan para wisatawan dari mancanegara juga banyak. Sehingga berimbas, mereka tertarik untuk mengenalkan keindahan alat musik Indonesia ke negaranya sendiri.

Biasanya Ceng terbuat dari kayu nangka dan tembaga. Tentu cara bermainnya sangat mudah, kita hanya butuh membenturkan bagian atasnya antara yang satu dengan pasangannya.

Doll Alat Musik Tradisional Bengkulu

Alat Musik Tradisional

Doll berasal dari Provinsi Bengkulu. Biasanya doll terbuat dari batang pohon cempeda, pohon rambutan atau menggunakan bongkol tempat akar kelapa, lalu dilubangi tengahnya, setelah itu bagian atasnya ditutupi dengan kulit sapi atau kulit kambing dan diikat menggunakan rotan dengan jalur keatas dan kesamping (horizontal & Vertikal).

Cara memainkan alat musik ini hanya dengan cara memukul dengan alat pukul seperti kayu yang sudah di lapisi kain atau tali. Pada Zaman Dahulu Doll didigunakan sebagai sarana alat komunikasi untuk mengumpulkan warga karena ada informasi, atau digunakan pada upacara-upacara tertentu.

FU Alat Musik Maluku Utara

Alat Musik Tradisional

Fu adalah alat musik khas Maluku Utara. Dan cara memainkan alat ini yaitu dengan cara ditiup. Alat ini dulu menjadi pelengkap nada yang mengiringi tarian suku Asmat.

Kini Fu sudah tidak terdengar lagi seiring bergantinya tahun, pemerintah masih menjaga ciri khas ini sebagai pajangan museum atau demi menghormati para leluhur. Tapi terdengar gosip bahwa masih ada beberapa desa yang masih melestarikan alat musik Fu, seperti desa Amalatu, Sirisori dan Desa Hutumuri.

Gambus Alat Musik Dari Riau

Alat Musik Tradisional

Gambus merupakan alat musik dari Riau yang hingga saat ini masih banyak dimainkan dan diminati oleh semua kalangan. Gambus juga salah satu alat musik petik dengan jari yang meyerupai gitar.

Bunyi yang dihasilkan oleh Gambus berjenis kordofun. Konon pada zaman dahulu alat musik ini dijadikan sarana dakwah islami, hingga saat ini Gambus masuk pada alat musik Indonesia yang masih aktif.

Gambangan Dari Bangka Belitung

Alat Musik Tradisional

Jika dilihat dengan sepintas alat musik ini hanya sejejer kayu yang dipukul. Yups memang seperti itu, Gambangan merupakan alat musik yang tak banyak orang menggemarinya, tapi masih ada sebagian masyarakat tetap memainkannya, walaupun tidak lagi dipegang oleh para pemuda.

Gambangan memang terbuat dari 7 potongan kayu yang berbeda ukuran. Dan cara memainkannya dengan dipukul.

Ganda Alat Musik Sulawesi Tengah

Merupakan alat musik yang sama seperti Gendang Jawa, yaitu dimainkan dengan cara dipukul pada bagian ujung kayunya. Ganda ini tidak memiliki sebuah irama jadi bebas sekali bagi mereka yang ingin memainkan aalat musik ini.

Gendang Melayu

Alat Musik Tradisional

Siapa sih yang tidak tahu dengan benda ini, dimana-mana pasti terdapat alat ini. Yups! Alat musik ini sangat terkenal sebagai pengiring irama dangdut. Cara memainkan alat ini digunakan dengan menggunakan telapak tangan atau jari jemari.

Gendang Panjang Alat Musik Riau

Alat Musik Tradisional

Tidak asing juga dengan alat musik ini, biasanya banyak digunakan hingga sekarang pada acara-acara hiburan. Jika sekilas Gendang Riau agak sama persis dengan Gendang Jawa.

Gendang panjang memiliki bentuk panjang lalu dapat digunakan dari kedua sisinya. Biasanya juga Gendang panjang tidak lepas dengan gendang berukuran kecil. Dan juga terdapat tali di pinggir Gendang, hal itu bertugas agar memudahkan pemain agar tidak kecapean.

Gendang Oku Atau Burdah Dari SumSel

Sangat mirip dengan Rabana tapi yang ini memiliki ciri khas lain, penggunaan alat musik ini sama seperti burdah yakni dengan cara di pukul menggunakan tangan.

Genggong Alat Musik Tradisional SumSel

Alat Musik Tradisional

Salah satu alat musik tradisional tiup, untuk dapat memainkannya bisa menggunakan cara yakni memegangnya dengan tangan kiri, lalu dari sisi lainnya ditempelkan ke bibir lalu tiup.

Guoto Alat Musik Tradisional Papua

Alat Musik Tradisional

Guoto berasal dari Papua Barat yang merupakan alat musik petik. Permainan Guoto meski sampai saat ini masih digemari oleh masyarakat sana, serta bagi pendatang atau para touris juga sangat terhibur saat diadakan sebuah pentas Guoto.

Alat musik petik ini terbuat dari kayu dan senar serta kulit binatang seperti Lembu, kerbau, sapi, dan lain sejenisnya.

Japen Alat Musik Tradisional Kalteng

Alat Musik Tradisional

Japen adalah alat musik khas Kalimantan Tengah. Termasuk pada kategori alat musik petik yang hingga kini Japen juga termasuk alat musik paling populer di kalangan masyarakat. Nada yang dihasilkan oleh Japen sangat unik, agak menyerupai kecapi dan bernada dekat dengan kebudayaan Tionghoa.

Bentuk Japen sendiri menyerupai gitar dengan ukiran unik pada japen membuktikan bahwa alat musik petik ini adalah khas Kalimantan.

Kecapi Alat Tradisional Sulawesi

Alat Musik Tradisional

Kecapi merupakan alat tradisional dari Sulawesi Barat. Tentu sangat kenal betul dengan alat musik ini, karena “Dimana itu ada nada mellow merdu pasti di situ ada kecapi” Begitulah istilah dalam memuji merdunya kecapi.

Diantara alat musik tradisional diatas, kecapi adalah alat musik paling populer dan profesional untuk urusan unggul. Tapi sayangnya banyak yang mengira bahwa kecapi adalah alat musik berkelahiran china.

Kethuk dan Kempul

Alat Musik Tradisional

Kethuk dan kempul adalah jelmaan dari gong yang berasal dari Jawa tengah. Alat musik Kempul biasanya digunakan sebagai pengiring sebuah gamelan, walaupun hanya berstatus pengiring gamelan kethuk kempul malah menjadi perasa dari gamelan.

Intinya gamelan tanpa kethuk dan kempul maka akan hampar sma halnya dangdut tanpa gendang.

Kenong Basemah Alat Musik Tradisional SumSel

Alat Musik Tradisional

Kenong Basemah adalah alat musik dari suku Basemah yang ada di provinsi Sumatera Selatan. Alat musik memiliki bentuk sama seperti gong, pembuatan dan bahannya pun sama-sama terbuat dari logam, tapi kenong sedikit lebih kecil.

Kenong sendiri juga termasuk salah satu alat musik gamelan yang memiliki peran sebagai alat musik melodis.

Kulanter Alat Musik Jawa Barat

Alat Musik Tradisional

Kulanter merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat, biasanya kulanter di mainkan bersama kendang karena statusnya sebagai pengiring atau pelengkap kendang.

Cara memainkannya juga sangat teliti karena disetiap pukulan yang dipukul harus teratur dan harus konsisten kecuali terdapat perubahan pada nada atau lagu. Pemukulan Kulanter bisa digunakan dengan 2 tangan dari arah yang berbeda.

Kolintang Alat Musik Tradisional Sulawesi

Alat Musik Tradisional

Kolintang memiliki asal daerah sulawesi Utara. Dan dimainkan dengan cara dipukul serta dalam dunia gamelan Kolintang berstatus sebagai pengiring Gong.

Bahan yang dibuat untuk dijadikan Kolintang adalah kayu, tapi tidak semua kayu dapat dijadikan alat musik ini melainkan terdapat jenis kayu khusus seperti kayu Telur (Alstonia sp),kayu Wenuang (Octomeles Sumatrana Miq), kayu Cempaka (Elmerrillia Tsiampaca), kayu Waru (Hibiscus Tiliaceus), dan sejenisnya yang mempunyai konstruksi serat paralel

Kompang Alat Musik Dari Lampung

Alat Musik Tradisional

Kompang adalah alat musik khas Lampung. Banyak yang menyebut kompang adalah anak dari rabana, karena bentuknya yang sama tapi memiliki ukuran lebih kecil dari rabana.

Cara bermainnya pun sama dipukul, tapi asiknya dari Kompang yaitu pemain harus konsentrasi penuh karena disetiap pukulan diperlukan jawaban serta timer yang pas dari pemukul. Kompang terbuat dari kulit kambing dan kulit sapi.

Ladolado Alat Musik Dari Sulawesi

Alat Musik Tradisional

Ladolado adalah alat musik yang terbuat dari kayu yang dimiliki oleh provinsi Sulawesi Tenggara, permainan ladolado dengan cara di gesek lalu bunyi yang dihasilkan akan berbunyi dari tabung yang berbentuk melengkung.

Nafiri Alat Musik Dari Riau

Alat Musik Tradisional

Nafiri merupakan alat musik yang dimiliki oleh provinsi Riau, Sumatera. Biasanya Nafiri digunakan untuk pementasan kesenian Makyong dan disana nafiri mempunyai tugas didalamnya.

Pada zaman dahulu Alat musik tradisional nafiri digunakan sebagai sarana komunikasi masyarakat seperti adanya informasi akan ada bencana, berita kematian seseorang dan berita penting lainnya.

Pupuik Alat Musik Tradisional Minangkabau

Alat Musik Tradisional

Pupuik merupakan khas dari Minangkabau. Memiliki bunyi yang melengking, selain suaranya yang merdu khas terompet terdapat sebuah keajaiban dari karya minang ini, yaitu bisa menghasilkan suara dengan jarak 2km.

Jadi pantas saja orang pada jaman itu memanfaatkan alat ini menjadi sarana komunikasi. Papuik juga terdapat 2 jenis, Papuik yang terbuat dari tanduk, dan yang kedua terbuat dari batang padi.

Rebab Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional

 

Peran dari Rebab adalah dimana ada sebuah gamelan setidaknya ada alat musik bernama Rebab, biasanya Rebab melancarkan aksinya ketika Bunyi gong sudah di lontarkan, maka rebab akan menghiasi pada bagian ansambel.

Kehebatan dari Rebab yaitu dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit jika para dokter umum tidak mampu mengintruksi pasiennya, hal ini terjadi di negara Malaysia.

Saluang Alat Musik Tradisional Minang

Alat Musik Tradisional

Saluang merupakan suling yang asli khas miliki Minangkabau. Lebih cantiknya lagi saluang adalah seruling yang terbuat dari bambu. Salah satu alat musik yang dimainkan dengan ditiup.

Untuk memainkan Saluang para pemain harus pandai memainkan tarik nafas serta menahan nafas. Terdapat teknik sendiri dalam pemahaman tersebut, jadi belajarlah kepada yang ahli.

Sasando Alat Musik Dari NTT

Alat Musik Tradisional

Sasando adalah alat musik yang cantik khas milik pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Dari bentuk yang unik Sansando dapat menarik para penonton. Jadi, dengan begitu orang-orang juga tertarik untuk melestarikannya.

Salah satu alat musik tradisional petik, bentuk sasando berbentuk tabung panjang dari bambu, Dan bagian tengahnya melingkar dari atas kebawah diberi sebuah ganjalan agar senar-senar yang ada, bisa merentang sedemikian rupa. Untuk cover Sasando terbuat dari anyaman atau daun lontar yang dibuat unik membentuk seperti kipas.

Saron Alat Musik Tradisional Jawa

Alat Musik Tradisional

Saron dimiliki oleh dua provinsi antara Jawa dan Bali, tapi itu tidak menjadi perbincangan besar karena didalam 1 gamelan saja terdapat 4 Saron yang berbeda-beda.

Saron biasanya terbuat dari campuran aluminium dan seng, lalu cara bentuk pemukulannya juga harus dengan kayu yang keras agar mendapatkan bunyi yang menarik pula. Saron juga termasuk kedalam kategori alat musik yang hingga saat ini terus populer.

Serune Kalee Alat Musik Tradisional Aceh

Alat Musik Tradisional

Serune kale berasal dari Merauke Aceh Darussalam. Sebuah alat musik tiup yang juga cepat dalam penyebarannya, dikatakan penyebarannya dikarnakan memang banyak diseluruh rata-rata provinsi.

Dipakainya serune biasanya ketika terdapat sebuah tradisi atau acara tertentu, seperti karapan sapi, kuda lumping, adu domba jawa barat dan lain sebagainya.

Serangko Alat Musik Tradisional Jambi

Alat Musik Tradisional

Serangko adalah alat musik khas jambi, yang menyerupai Papuik Tanduk dari Minangkabau. Serangko digunakan oleh orang terdahulunya untuk memberithukan akan terjadinya bahaya, telah terjadi musibah, atau seputar info-info penting yang harus diumumkan.

Serunai Alat Musik Dari NTB

Alat Musik Tradisional

Serunai adalah alat musik khas Nusa Tenggara Barat. Banyak orang bilang bahwa serunai adalah seruling, tapi memang mirip seruling sih. Cara mainnya juga menggunakan mulut untuk ditiup, serta mengatur nadanya menggunakan jari dengan tekanan nafas.

Tehyan Alat Musik Tradisional DKI Jakarta

Alat Musik Tradisional

Sebuah alat musik dari betawi asli Jakarta. Sebuah alat musik yang mainnya digesek pada bagian senarnya, pada dasarnya alat musik ini dimainkan sama seperti biola hanya saja beda bentuk, dan beda pada bagian senarnya.

Tifa Alat Musik Tradisional Papua

Alat Musik Tradisional

Dari bahasanya sudah jelas bahwa alat musik ini berasal khas dari Papua. Cara memainkan Tifa dibentuk seperti gendang tapi berbentuk lebih kecil, permainan tifa dengan cara dipukul pada letak tumbuhnya, hanya saja harus dengan keahlian khusus pula.

Tifa hingga saat ini masih menjadi trend di Papua, walaupun hanya digunakan hanya sekedar jika terdapat acara-acara adat atau pesta suku.

Begitulah kiranya yang bisa saya sampaikan dari artikel ini, semoga dengan adanya tulisan ini menambahkan wawasan tentang salah satu karya dari berbagai daerah Indonesia, serta meningkatkan rasa kepedulian kita kepada negara ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.