Simple Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red Lengkap

Carakus – Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red. Hello para juragan! Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya! Ikan Arwana adalah jenis ikan hias yang memiliki harga jual tinggi, makanya hingga saat ini saya masih kefikiran terus dengan ikan ini. Seperti penjelasan kemarin, bahwa jenis ikan arwana cukup banyak, dan beda jenis juga berbeda dalam urusan harga pasarnya.

Meski kalian memiliki salah satu jenis ikan arwana berharga mahal, tak jadi apa-apa jika kalian tidak memperhatikan dalam urusan cara merawatnya, pemberian pakan, dan kondisi yang cocok dengan si ikan. Maka dari itu mari kita lanjut saja ke bawah.

Ikan Arwana Golden Red

Arwana Golden berasal dari Asia (Scelerepages Formosus), tepatnya di Riau atau Pekan Baru, Sumatera, Indonesia. Yups, ikan kita indonesia mahal-mahal ya,, Ikan arwana yang satu ini lebih dikenal dengan julukan Arwana “Red Tail Golden” sekaligus merupakan jenis ikan arwana pribumi yang berarti (Arwana Emas).

Ikan pribumi kita Arwana Red Tail Golden Ada pula, kemiripan dengan ikan arwana dari negara tetangga Malaysia, yang biasanya kita sebut dengan Crossback Golden. Crossback Golden biasa ditemukan di wilayah Trengganu, Perak, Johor, dan di Danau Bukit merah.

Antara ikan Arwana Red Tail Golden (Arwana Golden Red) dari Indonesia, dengan Ikan Arwana Crossback Golden dari Malaysia sama persis mirip. Tapi tak bisa dipungkiri tentunya perbedaan dari keduanya pasti ada. Lantas berikut perbedaannya.

Perbedaan Arwana Golden Red Dengan Crossback Golden

Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red

Perbedaan yang mencolok tak dapat ditemukan pada ciri-ciri ikan saat ukurannya masih 10-12 cm. Maka kita membutuhkan waktu untuk bisa membedakan arwana Malaysia atau arwana Indonesia hingga ukuran ikan sekitar 20 cm.

Nah, setelah menemukan titik ukuran sekitar 20 cm baru kita bisa ketahui perbedaannya. Untuk ikan Red Tail Golden pada bagian punggungnya tidak akan ada warna emas melainkan ditutupi dengan warna kelabu. Adapun Ikan Crossback Golden akan terlihat warna emas pada seluruh tubuh dan menutupi pada bagian punggungnya.

Sifat dari ikan Red Tail Golden lebih agresif dan ukurannya lebih besar dari pada Crossback Golden. Warna emas ikan indonesia lebih sedikit, itu bisa dilihat dari warna sisik yang hanya mencapai empat baris hingga lima baris.

Note: Cara menghitung baris sisik harus dimulai dari sisik bagian bawah perut.

Ikan Arwana Golden (Malaysia)

Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red

Ikan tetangga ini tidak banyak ditemukan di daerahnya, oleh karena itu ikan Crossback Golden menjadi lebih mahal dari pada jenis kembarnya. Ikan ini hanya bisa ditemui pada peternakan besar yang telah lama diproduksi di negaranya sendiri juga di negara Singapura.

Jenis Arwana Golden Malaysia banyak juga memiliki warna yang bervarian, yaitu berwarna dasar seperti:

  • Gold Based. Warna utama ikan berwarna emas.
  • Purple Based. Warna dasar yaitu ungu.
  • Silver Based. Warna dasar pada ikan arwana adalah Silver atau perak.
  • Blue Based. Dan varian terakhir adalah Warna biru yang menjadi warna dasar ikan.

Arwana Crossback Golden dari malaysia ini banyak memiliki julukan yang dijuluki oleh pecinta arwana lainnya karena sesuai dengan habitat asli arwana sendiri, tidak lain nama-nama tersebut. Seperti Bukit Merah Blue, Malayan Bonytongue, Taiping Golden, Golden Pahang, Malaysia Gold.,

Namun lebih terkenal dengan julukan Crossback Golden, dan tentunya karena diambil dengan ciri khas dari punggungnya yang berwarna emas.

Ikan Arwana Golden Red (Indonesia)

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ikan hias berharga tinggi dari Pekan Baru, Riau, Indonesia. Yups, Di Indonesia sendiri populasi ikan arwana ini masih di temukan di alam bebas, tapi tak sembarangan orang bisa menangkap dan menjual seenaknya, karena ikan ini masuk pada daftar hewan yang dilindungi oleh Cites.

Ikan ini dapat kita temukan di sungai air tawar yang airnya bersifat asam dengan pH< 6 yaitu memiliki sifat air yang lebih hitam pekat & kemerah-merahan, Air itu terjadi karena adanya kandungan tanin yang ikut larut dalam air dengan jumlah tinggi, serta dari dedaunan, pepohonan yang terendam air lalu membusuk.

Variasi ikan Arwana juga memiliki warna persis seperti golden dari Malaysia yang terdiri dari berbagai varian warna antara lain.

  • Gold Based. Warna utama ikan berwarna emas.
  • Purple Based. Warna dasar yaitu ungu.
  • Green Based. Warna utama hijau.
  • Silver Based. Warna dasar pada ikan arwana adalah Silver atau perak.
  • Blue Based. Dan varian terakhir adalah Warna biru yang menjadi warna dasar ikan.

Selain itu kemiripan dari kedua ikan ini pada bagian bentuk bibir, sirip, serta ekor yang membentang. Hanya saja ikan arwana Red Tail Golden yang muda maupun yang masih usia remaja warnanya lebih kusam, tak seperti arwana dari malaysia walupun masih muda warna emasnya sudah penuh menyelimuti punggungnya.

Cara Merawat Ikan Golden Red

Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red

Cara Merawat ikan arwana ini bentuk sederhananya adalah ikan ini sangat mudah dipelihara. Tentu yang pertama kali kita rencanakan yaitu ukuran akuarium atau kandangnya, karena ukuran rata-rata arwana golden red ini 90 cm, jadi ukuran kandang yang tepat menurut kalian bisa diperkirakan saja.

Tidak boleh sempit! jika bisa lebih, monggo…!

Untuk untuk suhu airnya 27 c, sedangkan pH air dalam merawat ikan arwana Red Tail Golden idealnya di kisaran 7. Demi kenyamanan ikan hias, sebaiknya dihiasi dengan lampu-lampu yang terang, serta untuk melihat kecantikan si ikan dan mempercantik ruangan tamu anda.

Oh, ya! Jangan lupa untuk mengganti air akuairumnya tiap minggu minimal 1/4 ya..!

Pemberian Pakan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana Golden Red

Arwana juga makhluk hidup jadi juga membutuhkan asupan gizi dan nutrisi setiap harinya. Yups, sama seperti manusia, ikan juga harus terpenuhi jenis asupan dalam kesehariannya. Lalu, kapan jam makan ikan.

Sarapan

Bisa diberikan jangkrik atau kabelalang, setidaknya maksimal 3-4 dengan membuang kaki atau duri kaki yang bisa melukai mulut ikan. Untuk waktu yang dianjurkan, bisa sekitar jam 07:00 s/d 08:00.

Makan Siang

Pakan yang cocok untuk makan siang arwana bisa kita kasih asupan berupa katak 1 ekor saja untuk satu arwana, tergantung ukuran ikan dan pakan. Dan waktu yang sangat disarankan, bisa kita aplikasikan sekitar jam 11:00 s/d setelah dhuhur.

Dinner

Dinner (makan malam) santapan untuk arwana ini biasanya kita kasih sama persis seperti makan siang yaitu katak. dan waktu yang tepat adalah pukul 17:00 s/d abis maghrib.

Agar tidak terlalu bosan, Selingan pakan arwana juga butuh lho.. Minimal dalam sehari atau dua hari pakan harus berseling-seling, ikan arwana ini lumayan manja bukan?

Untuk lebih jelas jenis makanan apa saja yang bisa dijadikan pakan arwana, silahkan baca artikel berikut “Jenis Makanan Ikan Arwana & Vitaminnya“.

Mungkin hanya itu yang bisa kita bahas dalam kali ini semoga bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi selalu situs terpercaya kita, semakin kalian sering berkunjung semakin bertambah juga ilmu pengetahuan kita.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.