Ciri Fisik Ikan Arwana Super Red Mahal

CarakusCiri Fisik Ikan Arwana Super Red. Hai sahabat! Gimana kabarnya? Semoga sehat seperti yang kita harapkan ya! Oke, pada pertemuan sebelumnya saya telah membahas tentang Jenis Ikan arwana, harga ikan arwana lengkap dengan cara bagaimana cara merawat ikan arwana dengan baik.

Masih dengan pembahasan Ikan arwana hanya saja yang masih menjanggal adalah jenis arwana Super Red. Yups, ikan ini asli dari Indonesia lho! Ikan pribumi ini titik asalnya berasal dari Pulau Kalimantan Barat, dan dulu banyak ditemui di Sungai Kapuas dan Sentrum.

Oh ya, Ikan arwana super red itu beda lho, dengan arwana golden red. Meski sama2 arwana dan juga dari Indonesia tapi ciri fisik dan harganya pun juga different. 

Nah, demi memperoleh kualitas terbaik kita juga harus memperhatikan bagaimana cara memelihara dengan baik, rutin memberi makan dan vitamin, air, aquarium, kondisi sekitar, serta banyak lagi yang perlu diperhatikan. Dan pertama yang paling di perhatikan adalah mengetahui ciri fisik dari ikan itu sendiri apakah berkualitas atau tidaknya bisa dilihat juga mulai dari anakan yang akan kita beli.

Ciri Fisik Ikan Arwana Super Red

ikan arwana super red

Ikan Arwana merupakan salah ssatu jenis ikan yang memiliki harga mahal, dengan bandrolan harga bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ikan pribumi kita Ini juga termasuk pada golongan ikan hias yang mempunyai harga pasar tinggi, tentu dengan catatan ikan ini memiliki kualitas tinggi pula.

Ciri dari Arwana ini memiliki warna merah darah atau merah cabe pada sirip, ekor, sungut, dan dayung arwana dengan bertaburan warna merah. Biasanya arwana yang menginjak usia 3 sampai 4 tahun akan sudah bisa mengeluarkan warna merah tersebut.

Setelah itu akan tampak pula sebuah cincin yang pada kepala ikan saat ukuran panjangnya mencapai 25 cm. Cincin tersebut tidak akan mencolok dengan warna merah, hanya saja akan memberikan kilauan dari ikan tersebut.

Kepala Arwana Super Red

ikan arwana super red

Ikan Arwana yang berkualitas itu bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Nah, dari pengalaman pribadi ikan arwana yang memiliki bentuk kepala seperti menyendok, itu adalah arwana yang termasuk harga mahal. Pada dasarnya ikan ini memiliki cekungan pada bagian atas kepala.

Meskipun dari selera lihat orang juga berbeda-beda, karena ada yang kurang suka dengan adanya cekungan di kepala arwana. Tapi keputusan dari pecinta arwana mengatakan arwana yang bagus dan terlahir mahal itu adalah Ikan Arwana Super Red yang memiliki cekungan pada bagian kepalanya.

Ciri Bibir

ikan arwana super red

Selain dari kepala Ikan Arwana bisa kita lihat dari bentuk bibir arwana. Arwana berkualitas tinggi memiliki bentuk mulut istimewa yaitu, antara bibir atas dengan bibir bawahnya tertutup rapat.

Selain itu ciri fisik juga ditentukan dengan warna bibir, bibir ikan arwana ini yang berkualitas tampak berwarna merah. Adapun dengan warna bibir anakan, tampak terlihat memiliki warna merah muda (pink) dan tidak pucat.

Warna Ikan Arwana Super Red

ikan arwana super red

Pada ukuran arwana yang masih kecil, jika dilihat dari warna arwana sangat sulit bagi pemula untuk membedakan antara Arwana Super Red dengan jenis arwana lainnya.

Tapi untuk ciri fisik dari arwana yang sudah agak menginjak remaja sekitar 25-30 cm, pasti warna tubuh ikan arwana ini memiliki dominan merah, serta bagian ujung sisiknya agak keperak-perakan. Khusus anakan mempunyai warna dasar agak hijau dan seiringnya waktu warna hijau itu akan berubah menjadi merah setelah menginjak usia dewasa.

Mata Ikan Arwana Super Red

Dari segi mata sudah jelas! Jika dari atas semuanya berwarna merah, maka tidak dengan warna mata. Karena mata yang sehat dan berharga tinggi itu di tandai dengan mata berwarna hitam asli tanpa bercak, dan tidak terlalu besar.

Bentuk ekor

ikan arwana super red

Ikan manapun akan terlihat cantik saat berenang dengan bantuan kepakan ekornya. Tentu kurang bagus atau ikan itu berkualitas, juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Bentuk ekor yang baik adalah ekor yang tebal menguncup, dan mekar saat berenang. Ekor ini sudah dilihat dari usia ikan dari dini, jadi jika kamu seorang pembeli, pilihlah ikan arwana yang memiliki ekor mekar.

Begitu pun dengan ikan arwana yang memiliki ekor kurang mapan misalnya, bentuk ekor ikan arwana layu, tidak mekar. Sudah di tandai bahwa ikan itu tidak berkualitas dan mengurangi harga jualnya.

Sirip

Sirip merupakan alat bantu atau bisa juga disebut dayung dalam dunia ikan. Pada bagian ini sangat rentan rusak, tentu bisa juga mengurangi harga jual arwana.

Dari anakan yang akan kita beli jangan lupa agar memperhatikan bagian sirip, ciri ikan bagus adalah ikan yang memiliki sirip panjang, melengkung dengan rapi, tidak keriting.

Pakan

ikan arwana super red

Makanan kesukaan Arwana ini adalah ikan-ikan kecil jadi jangan salah sangka, bila ikan arwana di rumah kalian tidak suka ikan kecil. kemungkinan itu bukan arwana Super Red.

Kondisi

Arwana yang asli hanya suka dengan aquarium besar dan hidup dengan sesama jenis arwana tidak tercampur dengan ikan-ikan hias lain.

Baca Artikel terkait: Cara Merawat Ikan Arwana Lengkap Jenis & Harganya

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mohon keritiknya, jika ada kesalahan itu datangnya dari saya, adapun lebihnya datangnya dari ALLAH SWT. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.