Tak Banyak Tahu Ciri Ayam Bangkok Juara Mahal

Carakus – Ciri Ayam Bangkok Juara. Hello Semuanya! Gimana kabar hari ini? Semoga selalu baik-baik saja ya. Dalam pembahasan kemarin kita telah membahas tentang jenis ayam dari ayam broiler, ayam ternak, ayam petelur. Dan apa yang terlintas dalam pikiran kalian jika saya menyebut nama “Ayam Bangkok?”

Jika masih asing maka kalian bukanlah orang Indonesia hehe. Yups! Ayam bangkok adalah jenis ayam yang paling popular di negara Indonesia. Maka dari itu banyak sekali yang ingin memelihara ayam ini. Entah itu dari bentuk ayam yang sangat bagus atau dari keterampilan ayamnya sendiri.

Bentuk dari ayam ini memang menjadi acuan utama bagi peminat ayam, benar atau tidak tapi banyak bukti dari hal tersebut, bahwa unggas ini berkualitas hanya dengan melihat ciri-ciri fisiknya saja.

Ciri Ayam Bangkok Berkualitas

Ayam Bangkok Juara

Seperti yang tadi saya katakan bahwa ayam juara bisa dilihat dari ciri fisik saja sudah memiliki harga yang spesial. Banyak jenis ayam aduan yang berasal dari daerah indonesia tapi kenapa kok saya tertarik dengan ayam dari Bangkok?

Yups, memang banyak ayam jago yang memang asli dari Indonesia seperti ayam kenantan dari Sumatera dan ayam Wareng asli dari pulau Madura. Tapi untuk menandingi ayam pendatang dari Bangkok, para jauhara kita masih kewalahan dan belum sanggup untuk menandinginya.

Kepala Ayam Bangkok

ayam bangkok

Lebih kecil kepala ayam maka akan lebih bagus dari pada ayam yang memiliki berukuran besar. Disamping kepala yang kecil terdapat tanda awal bahwa ayam tersebut lebih gesit dalam urusan bertanding, lagi pula kepala kecil lebih sedikit memberikan lahan pukul bagi lawannya.

Tidak hanya ukuran kepalanya kecil, tapi juga harus memiliki kepala batu (keras). Sangat banyak resiko jika ayam aduan memiliki kepala kecil dan cepat bolong dan tentunya hal ini jarang terjadi sih.

Tanda lain dari kepala yang keras adalah jika kita kita tekan kepala ayam tersebut akan ikut naik, layaknya berontak untuk tidak ingin direndahkan. Nah, ciri ayam ini akan sangat nyaman dalam bermain diatas dan lebih berkuasa dalam permainan atas.

Kulit Muka

Ada lagi yang perlu di catat dari kepala, yaitu dengan kulit kepala yang tebal. Biasanya ayam yang berkulit tebal memiliki pribadi yang kalem, juga terkesan tahan dalam terkena pukulan. Ciri ayam berkulit tebal biasanya tidak adanya bulu yang tumbuh di area muka karena pori-pori kulit tebal yang menyempit.

Lain dari ayam yang berkulit tipis biasanya banyak ditumbuhi bulu disekitar wajah ayam tersebut, tapi keunggulan dari ayam ini dapat gesit untuk urusan menghindari pukulan, namun rentan roboh dalam sekali menerima pukulan besar.

Jengger

Jengger ayam manapun dalam gaya bertarung lebih unggul adalah ayam yang memiliki jengger ukuran lebih kecil, diartikan ayam ini adalah ayam petarung yang gesit.

Adapun ayam yang memiliki jengger berukuran besar ditandai dengan gaya bertarung yang lebih kalem/santai.

Cucuk/Paruh

 

Cucuk ayam yang besar bisa membuat musuh gemetar melihatnya, dengan memiliki cucuk yang besar dan kokoh adalah sebuah senjata dalam dunia perayaman.

Cucuk ayam yang super besar dan panjang layaknya cucuk burung elang akan membuat luka fatal pada lawan walau hanya sekali tebas, dan akan menjadi kesulitan tersendiri bagi musuh untuk terlepas dalam sebuah kuncian tersebut.

Mata Ayam Bangkok

Mata sehat adalah mata yang bersih, begitu juga dengan ayam yang berkualitas. Berikut ini adalah keterangan dari ciri fisik ayam yang memiliki jati diri juara.

  • Tidak terdapat bercak pada mata, memiliki retina mata bulat serta selalu bersih disekitarnya.
  • Dari ciri fisik lain terlihat dari mata yang jernih. Tidak mengeluarkan air dari mata (air mata) dan tidak bening pada retina matanya.
  • Seekor ayam jantan diakui memiliki mental bagus bisa dilihat dari mata ayam yang memiliki warna mata yang tembus atau retina ayam menyerupai warna dari paruh serta kakinya sendiri.
  • Ciri mata lain Kualitas dari ayam juara adalah memiliki ukuran retina yang kecil, dapat diartikan bahwa ayam tersebut tidak memiliki rasa takut meski terdapat musuh macam apa saja, tentu dari retina mata yang kecil berarti ayam memiliki ketajaman dalam melihat dan memperhatikan musuh.

“Mata adalah cermin dunia”

Leher

Perhatikan dari leher sang juara pasti akan berbeda! Karena leher ayam yang spesial berukuran lebih kecil, menandakan bahwa ayam tersebut memiliki kelincahan dan penguncian lawan yang efektif, sebab dari pergerakan lawan yang lebih leluwasa.

Beda dengan ayam yang memiliki leher berbobot besar karena sudah ditandakan dengan gaya bertarung yang sangat monoton, tapi kelebihan lain dari ayam leher besar adalah lebih memiliki power bit.

Body Ayam Bangkok

Pernah kita melihat badan ayam berbentuk seperti jantung pisang? Berbentuk seperti botol?

Yups, dalam segi bagian body alangkah baiknya jika ayam memiliki postur tubuh bulat  seperti botol karena badan ayam yang pasti lentur, dan tulang besar (tebal) akan membantu pertahanan serta memiliki keunggulan pukul power.

Sayap

Sayap adalah sebuah perisai bersenjata bagi ayam. Jadi sudah tidak diragukan lagi jika ada ayam yang mempunyai bulu lidi rapat, lebat serta tebal.

Tanda sayap yang tebal dapat diketahui tanpa melihat dengan dekat, hanya tanda ayam berbulu tebal yang bisa berbunyi saat dikepakan, keunggulan sayap membantu pukulan kaki bagi ayam.

Kaki Ayam Bangkok

ayam bangkok
Sisik kaki sangat jelek tapi memiliki point karena keras dan tebal.

Kebanyakan botoh ayam profesional banyak memilih ayam yang berkaki bulat dan jari tengahnya lebih panjang. Ada pula pendapat dari tukang ayam bangkok dari tetangga yang lumayan profesional juga sih, kalau urusan ayam, yaitu:

  1. Kakinya bulat dan memiliki jari tengah lebih panjang dari pada biasanya.
  2. Keras dan kering walaupun itu ayam muda.
  3. Untuk sisik pada kaki mending cari yang rapi dan benar-benar rapi dari kaki kanan atau kaki kiri.
  4. Adapun sisik kaki yang berantakan mending dua-duanya berantakan, dan benar-benar kacau kayak kaki buaya. Dalam garis besar kering tidak lembek atau cepat mengelupas.
  5. Dan satu lagi sangat dicari oleh botoh adalah sisik yang tumbuh pada bagian jalu.

Warna Kaki

Urusan warna sama seperti penjelasan bagian mata diatas, sama juga dengan kaki. Ciri kaki ayam aduan berupa persamaan warna antara kaki, dengan retina mata.

Ekor Ayam Bangkok

Ekor ayam juara sangat berpengaruh terhadap kepribadian seekor ayam. Contoh mutlak saja, apabila ayam dirumah kalian memiliki ekor panjang (sampai menyentuh tanah), sudah dipastikan hal itu menandakan bahwa ayam tersebut memiliki gaya tarung yang sedikit kalem.

Lain lagi dengan ayam yang memiliki ekor pendek menandakan bahwa ayam tersebut memiliki gaya tarung gesit dalam dirinya.

Memang ayam berekor panjang memiliki keanggunan dalam urusan postur tubuh, tapi untuk urusan bertarung, ekor panjang ayam ini menjadi hambatan gerak si ayam (lambat).

“Gimana? Kalian pilih ayam berekor apa?”

Begitulah kiranya yang bisa saya sampaikan dari artikel Ciri Ayam Bangkok Aduan semoga menjadikan kita sebuah inspirasi, dan tinggalkan komentar jika ada kata yang salah atau kekurangan dari tulisan ini, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.