Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Carakus – Beternak Ayam Broiler. Sangat banyak peluang usaha yang bisa kita jadikan sebagai penghasilan tetap untuk masa depan. Tapi pasti kita kebingungan, dan selalu terlontar dari benak kita berbagai pertanyaan.

“Dari mana harus memulai usaha tersebut?”
“Usaha apa?
“Bagaimana? & (5W + 1H)”

Dalam kali ini usaha yang akan kita pandu berupa Cara Ternak Ayam Broiler, Mungkin ada yang tidak tahu dengan ayam broiler?

Ayam broiler adalah ayam pedaging yang banyak kita temui di pasar, supermarket, Mall, ataupun di warung tetangga ane aja ada tuh. Biasanya ayam broiler ini bisa disebut dengan ayam potong.

Yups, salah satu asupan gizi yang juga diperlukan manusia adalah daging ayam. Lalu terkenalnya juga yang sering kali dibudidayakan oleh pengusaha ayam sukses adalah ayam daging.

Emmmzz,, okelah langsung kebawah ini:

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Lancarnya perdagangan ayam broiler sangat unggul jika dibandingkan dengan ayam manapun. Dari kalangan konsumen rata-rata memilih ayam broiler untuk dijadikan hidangan pertama mereka.

Ayam ini selain diminati banyak orang juga cara beternak ayam broiler juga lumayan gampang dan tak memakan waktu lama untuk panen.

Lihat saja pedagang, toko, warteg, maupun pedagang kaki lima yang menjual makanan berjenis ayam. Rata-rata mereka menggunakan ayam broiler, itu karena harganya yang relatif murah dan daging yang didapat juga sangat jumbo.

Nah, gimana? Udah tergiur dengan usaha ayam broiler? Masih penasaran? Langsung saja kita mulai usahanya.

Kandang Ayam Broiler

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Pilihan pertama yang harus dirancang pengusaha biginer ayam broiler adalah menentukan lokasi serta bentuk kandang (desain), agar ayam-ayam ternak bisa hidup dengan nyaman dan tidak mudah stress. Terdapat 2 macam desain yaitu:

1. Panggung

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Tipe kandang ini sangat nyaman bagi pemilik usaha juga bagi perawat ayam, kami sangat menganjurkan trik ini, banyak manfaat dari kandang ayam type panggung.

  • Keuntungan dari kandang desain panggung, kita dapat dengan mudah membersihkan kotoran ayam, bisa dengan menyemprotkan air dengan selang, mungkin juga dengan ember ataupun semacamnya.
  • Karena memiliki desain seperti panggung maka lubangi saja kolong kandang tersebut, lalu kita jadikan kolam lele. Hal tersebut dibuat, sekaligus agar limbah para ayam tidak mencemari lingkungan, dan tidak menghasilkan bau yang tak sedap. “Gimana? Sudah dapet dua bisnis nih”.
  • Dapat dengan mudah mengontrol kesehatan ayam.

Kekurangan dari kandang panggung adalah kandang ini harus menggunakan modal atau tenaga yang ekstra.

2. Portal / Lesehan

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Adapula dengan kandang portal, ini yang banyak digunakan oleh pengusaha ayam broiler karena memang tidak banyak mengeluarkan biaya. Kandang ini pula yang cocok kita gunakan! Karena biaya keperluan untuk membudidayakan ayam broiler tidak hanya untuk membuat kandang.

Kekurangan kandang lesehan ini juga lumayan banyak menanggung resiko. Tentu saja kekurangan itu dari kotoran ayam potong sendiri, untuk mengurus kotoran ayam harus rutin karena jika tidak, kotoran tersebut akan membuat bau tak sedap bagi lingkungan, juga kotoran akan sangat nyaman di singgahi wabah penyakit.

Jadi, jika berniat untuk memilih kandang mode ini, rutin saja untuk membersihkan kandang. Ayam pun akan sangat sering mengalami sakit dan kematian. Apalagi ayam pedaging sangat rentan sakit. Fatal bukan?

Bibit Ayam Broiler

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Biasanya bibit ayam broiler dari kebanyakan orang disingkat dengan DOC (Day Old Chiken). Nah, untuk pemilihan DOC bisa kita cek dari kesehatannya. Ayam yang aktif dan tidak sering galau (diem) adalah ayam yang sehat adapula sebaliknya, jika ayam itu sedang galau juga tidak suka makan, tidak begitu layak dipilih menjadi calon penghasil rupiah.

Bibit ayam yang akan kita pelihara dengan jumlah banyak, haruslah benar-benar diperhatikan karena tidak lain untuk melancarkan bisnis ayam pedaging ini dengan masa yang panjang.

Memilih bibit ayam ini tidak hanya berlaku hanya untuk di bisnis budidaya ayam pedaging saja. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Baca juga:

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil

Waspada Ancaman

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Keuntungan yang diraup dari ayam potong memang sangat banyak, tapi jika sebuah hal yang terjadi pada ayam peliharaan kita. Nah, dalam setiap minggunya pasti ada-ada saja kejadian matinya ayam di kandang, hal itu karena terjadi beberapa faktor, yaitu:

a. Hama Hewan Lain

Apakah ayam akan terserang hama juga?

Yups, itu benar! Tidak usah terlalu jauh untuk mengambil contoh, karena saya sendiri adalah seorang anak petani tentu donk.. juga banyak hewan ternak bapak saya. Sering terjadi sebuah tragedi di dalam kandang saya. Dan ketika diselidiki ternyata ayam yang mati itu terjadi karena digigit hama tikus. Memang tikus hidupnya rakus ya!

Tidak hanya tikus saja yang menjadi pemangsa ayam, namun juga banyak hewan yang menanti sang penjaga terlelap. Diantanya yang sering menyerang ayam pedaging adalah ular, elang, kucing liar, musang, garangan dan juga biawak.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ayam sangat mudah merasakan ancaman, api ayam manapun tidak terlalu berani teriak atau memberi kode, jika si pemangsa tidak mengganggu ayam maka mereka sebut itu aman-aman saja! Tapi nyatanya semua pemangsa untuk mengintai mangsanya harus mengendap-ngendap dan berusaha untuk menenangkan korban.

Solusi:

Jika dihari pertama sih mungkin hanya satu ayam atau maksimalnya dua ayam yang menjadi korban. Nah dari korban tersebut bisa kita prediksi kapan kejadiannya, serta hama apa yang menyerang ayam kita. Jadi, Waspadalah!!!

b. Kutu (Tungau)

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Hal ini yang sering kali penjaga ayam tidak ketahui, bahwa ayam-ayam mereka memiliki kutu yang amat banyak.

“Lagian si ayam tidak ngomong!!”

Yups, karena ayam-ayam dikandang teramat banyak jadi gk keurus tuh kutu! Tapi tenang ada yang harus diperhatikan dalam mengatasi hal ini.

Ayam yang terserang hama (tungau) bisa kita lihat dari cara ayam beraktifitas. Diantanya ayam tersebut sering murung terdiam diri, tidak suka makan, memucat & kering, juga sering mengibas-ngibaskan bulu efek gatal, juga sering mematuk-matuk tubuh sendiri.

Solusi:

  • Ayam yang sakit silahkan kita pisah dengan yang sehat agar penyakit tidak menular, karena ayam sangat rentan terserang penyakit apa saja.
  • Jika itu terjadi kami menganjurkan untuk menggunakan karbonat servin dengan konsentrat sevin 0,15% lalu encerkan dengan air dan kocok, Setelah itu semprotkan kepada pasien (ayam sakit).
  • Fumigasi atau dengan cara Pengasapan pada kandang ayam sakit, menggunakan insektisida yang mudah menguap (asap mengepul) seperti Nocotine sulfat atau Black leaf 40.

Penyakit Ayam Pedaging

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

Sebenarnya penjelasan ini diluar topik judul, tapi sepertinya hal ini sangat menyangkut dengan pembahasan diatas ya sudah kita lanjut saja!

Penyakit yang sering menyerang ayam pedaging (broiler):

1. Coccidiosis

Penyakit Coccidios adalah penyakit yang menyebabkan ayam mencret, nafsu makan berkurang, sayap terkulai, bulu kusam, ayam cenderung menggigil. Jelasnya Ayam yang terkena penyakit Coccidiosis bisa mengeluarkan tinja berdarah.

“Wah, Hebat ya!”

Solusinya:

  • Berikan pertolongan dengan memberikan obat melalui mulut ayam seperti Capsule Tertra Chloine, Noxal, sulfaqui moxaline, amprolium, cxaldayocox, Trisula Zuco yang dilarutkan dalam air memakai sendok (jadikan sirup).

2. Tetelo/NCD (New Castel Diseae)

Ayam yang terkena penyakit ini sudah di kalkulasikan., tidak akan lama lagi ayam tersebut akan mati. Allahua’lam..

Tetelo

Tapi sebelum itu coba kita ketahui bersama efek dari penyakit tersebut, ayam akan mengalami batuk-batuk, sulit bernafas (berbunyi ngorok), tinja berwarna hijau encer. Adanya gejala tortikolis yaitu kepala ayam memutar, layaknya orang gundul yang sedang muter-muter kempelengan, pusing tak menentu dan lumpuh.

Yups, sudah panjang lebat saya telah menulikan artikel di atas semoga bermanfaat, dan jangan lupa ajak tetangga serta familimu untuk memelihara ayam broiler hehe… Sekian dari artikel dari Cara Cepat Beternak Ayam Broiler dan Terimakasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.