Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil

CarakusBeternak Ayam PetelurBanyak yang bisa didapat oleh pengusaha ayam petelur, selain dia dapatkan dari hasil penjualan ayam potong, anak ayam, juga telur ayam. Tapi untuk kita yang baru ingin menjalani usaha ayam petelur.

Perlu kita memahami cara aturan beternak ayam, karena bagi pedagang tidak hanya kita mengetahui hasil keuntungan dari penjualan ayam, maupun telur ayam saja. Juga sangat banyak yang perlu diketahui jenis-jenis dari ayam, serta apa yang dibutuhkan oleh semua pengusaha ayam.

Mengapa kita sebut pengusaha ayam begitu sangat beruntung?

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Banyak khasiat di dalamnya

Jawabannya mudah saja. Karena selain telur ayam yang mengandung protein tinggi, telur ayam juga menjadi sebuah konsumsi atau bahan tambahan pokok setiap masakan.

Selain telur ayam juga praktis terutama bagi anak kos, anak asrama, anak pesantren, maupun anak rumahan. Pengolahan telur ayam sangat simple bisa langsung disajikan dengan cara digoreng (ceplos, dadar, mata sapi, sesuai selera), maupun bisa direbus saja sudah menjadi lauk sebuah makanan.

Tidak terelakan juga selain dijadikan sebagai pendamping makanan atau lauk, telur ayam juga sangat dibutuh dalam sebuah adonan, jadi telur sangat sering kali dibutuhka oleh semua orang.

“Heh.. Kadang orang ulang tahun juga pakek telur lho..!!”

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Fakta ulang tahun pakek telur

Trik Simple Betenak Ayam Petelur

Dengan begitu peluang bagi yang mau usaha ayam petelur sangat dianjurkan, itu karena dapat kita lihat dari kebutuhan konsumen yang setiap hari memerlukan pedagang telur.

“Sampai disini sudah faham mengapa kita sekarang membahas ayam petelur?”

1. Kandang Ayam Petelur

Pertama kali yang harus diperhatikan oleh pengusaha ayam petelur adalah kandang ayam, karena tanpa “kandang” pegusaha Ayam tidak akan bisa memulai proyeknya.

“Mengapa harus begitu rincinya mengurus kandang ayam?”

Jawabannya : Mungkin pernah sesekali di jalan raya disalip atau menyalip mobil muatan ayam potong, pasti kita merasakan bagaimana bau busuk yang ditinggalkan oleh mobil angkutan ayam tersebut.

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Mobil memiliki BAU khas

Lalu bagaimana baunya ketika kita membuat kandang ayam segitu besarnya untuk dijadikan sebuah bisnis ditengah-tengah kampung.

Tentu sangat menggangu warga bukan? Jika masih ngotot membuat kandang tersebut di perkampungan, maka bersiaplah untuk menerima protes dari para warga.

Ayam petelur tidak hanya meresahkan warga dari segi bau busuk yang dibuatnya, adapula kadang para ayam ditengah malam membuat keributan, jadi mending jauh-jauh sajalah membuat kandang diluar rumah warga.

  • Eh, ada yang ketinggalan nih!

Selain diatas, juga dengan ketenangan para ayam sangat dibutuhkan demi menghasilkan sebuah hasil yang berkualitas pula. Pada dasarnya memang ayam petelur wajib mendapatkan ketenangan dari keramaian para manusia, karena ayam petelur sangat sensitif dengan keributan.

Ayam petelur memiliki karakteristik yang sama, semua ayam petelur sangat mudah stress, demi mendapatkan produksi telur yang berkualitas, maka buatlah para ayam senyaman mungkin.

NB : Gak usah banyak basa basi lagi dah,,, intinya dari pembahasan ini kandang ayam tuh yang jauh dari pemukiman warga. Titik!!

Desain Kandang

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil

Desain kandang tidak perlu semewah apartemen, bisa kita rasakan sendiri. Perkiraan para ayam itu tidak kesempitan, juga tidak bikin ayam tersakiti. Bikin senyaman mungkin, agar ayam sehat dan menghasilkan telur ayam yang berkualitas.

Tidak lupa Juga dalam tempat pemberian pakan minum agar mudah membersihkan kandangnya.

Bagian Kandang

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Ilustrasi bagian kandang ayam

Juga terdapat pembagian kandang antara yang sudah siap diperindukan, juga kandang khusus untuk ayam yang mengerami. Biasanya kita bagi dalam 4 bagian:

  • Starter : Kandang untuk ayam baru menetas hingga berumur 8 minggu.
  • Grower : Kedua untuk pertumbuhan ayam yang sudah berumur (8-20 minggu).
  • Layer : Kandang tempat ayam bereproduksi.
  • Dan yang terakhir adalah tempat pengeraman.

Hal diatas harus wajib kita sediakan agar kesehatan ayam terjaga, dan tidak membuat ayam stress.

Baca juga:

Cara Cepat Beternak Ayam Broiler Dengan Modal Kecil

2. Bibit Ayam Petelur

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil

Setelah memilih lahan serta posisi kandang, juga desain yang tepat, maka tindakan selanjutnya memilih bibit ayam yang akan dibudidayakan. Tidak boleh sembarangan untuk memilih bibit ayam, karena akan berpengaruh besar pada penghasilan kedepannya, serta hal ini juga berpengaruh pada lanjut tidaknya bisnis ayam petelur ini.

Terdapat dua jenis ayam petelur yang biasa dibudidayakan oleh pengusaha bidang ini. Yaitu ayam medium dan ayam horn atau juga banyak disebut ayam Leghorn.

Perbedaan Yang Mencolok

Perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah ayam medium memiliki bulu yang agak kecoklatan, dengan memiliki tubuh yang lebih gemuk bahkan sangat gemuk. Akan tetapi untuk ayam horn adalah ayam petelur yang meiliki bulu lebih putih serta memiliki postur tubuh lebih kurus dari pada ayam medium.

“Lalu pertanyaannya mana yang lebih baik kita pelihara?”

Nah, Dari sini kita bandingkan kualitas telur. Jika dilihat dari segi kekebalan tubuh ayam, kami sangat mengunggulkan ayam medium serta dari jumlah telur, ayam medium dapat menghasilkan lebih banyak telur dari pada ayam horn. Itu dilihat dari postur badannya, serta ayam medium juga tidak gampang stress.

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil

Adapula ayam leghorn mereka sangat rentan stress, akibat suara keributan manusia atau jenis suara apapun, sehingga menyebabkan gangguan dalam kualitas serta proses bertelur. Namun untuk kualitas telur, kami sangat mengunggulkan telur ayam leghorn, yups karena memang telurnya lebih berkualitas dari pada ayam medium.

Tentunya tidak ada paksaan untuk memilih memelihara ayam, apapun pilihan ayamnya yang penting di rawat dan jangan biarkan ayam-ayam tersebut sakit. Biasanya juga pemilihan bibit ayam diambil dari:

  1. Berasal dari induk yang sehat.
  2.  Bulu ayam lebat dan sehat.
  3. Tidak adanya kecacatan.
  4. Nafsu makan bibit ayam sangat baik.
  5. Tidak selalu berdiam diri.
  6. Ukuran badan normal.
  7. Berat badan anatara 35-40 gr.
  8. Tidak ada letakan tinja di duburnya.

Note : Jika ada dari bibit ayam yang sakit sebaiknya dipisahkan dari yang lain, kadang penyakit ayam juga menular kepada ayam yang lain. Hal itu ditakutkan si ayam sakit karena kurang perhatian dari pemilik.

4. Pakan & Nutrisi

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Contoh pakan yang bergizi

Ayam juga butuh makan, sama seperti manusia. Jangan hanya suka ngambilin telurnya doang, tapi juga dikasih makan seperti:

  • Sentrat.
  • Jagung yang sudah digiling.
  • Tepung ikan.

Namun ayam juga butuh makanan campuran lain lho… Maka buatlah bervariasi untuk setiap hari atau minimal bisa diselingi 3x setiap minggunya, entah itu pun yang penting tidak berbahaya. Dan juga vitamin dan nutrisi mungkin ini juga sangat berpengaruh dalam penghasilan telur ayam.

“Kami tekankan sekali lagi, untuk memisahkan ayam yang sakit, demi kesehatan ayam lain”.

“Dan Juga bikin ayam tidak stress dan bikin setenang mungkin”

Langkah Awal Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil
Ilustrasi ayam yang sudah tenang

Demikianlah dari artikel Cara Beternak Ayam Petelur Dengan Modal Kecil di Lahan Minimalis, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa, jika ada kesalahan serta gurauan mohon untuk dimaafkan. Sekian dari tips dan trik pengusaha kali ini, Salam sukses para peternak hewan dan Terima kasih.

Jangan lupa kunjungi selalu website ini karena kamu akan menndapatkan tips dan trik yang luas, serta kamu dapat secara cuma-cuma alias gratis. itu hanya di Carakus.com situs yang menginspirasi seseorang untuk berkembang pesat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.