18+ Doa Minta Jodoh Sesuai Ayat Alquran Tentang Jodoh Pria & Wanita

Carakus – Doa Minta Jodoh. Jodoh merupakan sebuah hadiah yang masih menjadi misteri dalam hidup para pemuda dan pemudi yang belum menikah. Bukan hanya itu bahkan, orang sudah menikah saja masih saja mencari tambahan jodoh hhh.

Setiap insan yang ada di dunia ini sebelum mereka lahir, telah di tiupkan oleh malaikat berupa 3 perkara yaitu:

  • Berapa Rezekinya.
  • Siapa Jodohnya.
  • Serta Kapan dia kehabisan Umurnya.

Nah, sebagai hamba harusnya menyadari hal tersebut dengan cara berusaha atau ikhtiyar serta di dampingi dengan doa, mau tahu doa minta Jodoh? Simak terus kebawah!

Doa Minta Jodoh Dan Ikhtiyar

Doa Minta Jodoh Sesuai Ayat Alquran Tentang Jodoh Pria & Wanita

Berusaha adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat manusia sama karena dengan hal itulah kita menyadari dan merasakan nikmat terbaik yaitu berusaha atau menikmati sebuah pengalaman.

Jodoh merupakan sebuah qadrat ketetapan ALLAH yang tak bisa dirubah oleh manusia lemah seperti kita. Adapun ikhtiyar/usaha kita adalah takdir yang harus kita cari dan rubahlah dengan usaha kita, atas izin ALLAH SWT akan memberikan sebuah jalan atas kerja keras kita:

وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

Artinya:

“Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang pasangan pria dan wanita”. (QS An Najm : 45)

Do’a Minta Jodoh Bagi Laki-laki

Kebanyakan dari manusia pencari jodoh adalah para pria, tetapi sebelum itu yang mereka lakukan yaitu mencari dan berusaha setelah itu jangan lupa untuk berdoa,

Seperti ini do’anya:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJATAN THOYYIBAH AKHTUBUHAA WA ATAZAWWAJU BIHA WATAKUNU SHOOHIBATAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH.

Artinya

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”

Doa Minta Jodoh Bagi Perempuan

Tidak hanya bagi para pria, usaha itu juga wajib bagi para wanita, tentunya bukan dengan cara mengumbar-ngumbar apa yang dimilikinya di media sosial. Banyak wanita tidak menyadari hal ini yaitu dengan memposting fotonya dengan gaya yang tidak mereka sadar dapat menjadi mudhorot bagi dirinya kelak di akhirat.

Melainkan dengan usaha yang benar dan menurut ajaran Islam. Serta disertai dengan doa minta jodoh bagi wanita, seperti:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJAN THOYYIBAN  WAYAKUUNA SHOOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH

Artinya:

“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”

Kumpulan Doa Bagi yang Sudah Ta’arufan

Doa Minta Jodoh Sesuai Ayat Alquran Tentang Jodoh Pria & Wanita

Mungkin kita pernah merasakan pengalaman yang sama, yaitu seperti pertanyaan dari saudara kita yang sudah hijrah ini:

“Saya sudah berkenalan dengan seorang perempuan dan saya mengajaknya dengan cara ta’aruf singkatnya tidak usah pacaran. Akan tetapi yang menjadi kendala kami masih berstatus pelajar (mahasiswa), untuk melanjutkan status yang lebih serius masih 2 tahun lagi, lalu apa yang harus saya lakukan min?”

Jawabannya:

Dalam agama Islam dibolehkan bagi seseorang dengan cara ta’aruf baik itu laki-laki atau pun perempuan. Akan tetapi jika terdapat pertanyaan diatas timbullah pertanyaan juga! Apakah Ta’aruf akhi sama dengan yang diajurkan oleh ajaran Islam?

  • Orang tuanya kenal tidak dengan kamu?

Jawabannya: Ta’aruf yang benar ialah kamu mendatangi rumahnya dengan cara bersilaturahmi kepada orang tuanya dengan tujuan meminta restu. Adapun bagi saudaraku yang ini adalah salah!

Pendekatan dengan si wanita juga sangat penting, karena kita akan menikah dengan anaknya, bukan orang tuanya. Adapun doa yang dilakukan bagi kita yakni berdo’a seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhjammad SAW:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَوَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَوَالْعَمَلَ الَّذِى يُبَلِّغُنِى حُبَّكَاللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَأَحَبَّ إِلَىَّ مِنْ نَفْسِىوَأَهْلِى وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ

allahumma innii as aluka hub-baka wa hub-ba may-yuhib-buka wal’amalal-ladzii yuballighuniii hub-baka allahummaj ‘al hub-baka ahab-ba ilay-ya min nafsii wa ahlii wa minal maa-il baarid

Artinya:

Ya Allah, aku mohon pada-Mu cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu, amalan yang mengantarkanku menggapai cinta-Mu. Ya Allah, jadikan kecintaanku kepada-Mu lebih aku cintai daripada cintaku pada diriku sendiri, keluargaku dan air dingin. (HR. Ahmad 22109 & Turmudzi 3543)

Doa Agar Orang yang Kita Cintai Mencintai Kita

Sudah kita melakukan Ta’aruf ternyata wanita yang kita cintai tidak searah dengan tujuan kita. Maka yang sekarang dilakukan adalah meminta kepada Allah agar pujaan hati juga memiliki perasaan yang sama. Maka mintalah dengan do’a:

doa minta jodoh

Doa Agar Orang Yang Kita Cintai Kembali

Cintamu terjalin antar jarak dan waktu sehingga tidak tahu kondisi pasanganmu seperti apa disana, kebanyakan dari suatu hubungan yang jauh pasti ada celah yang akan membuat 1 dari 2 hati yang pernah menyatu menjadi tercerai.

“Apakah dia masih peduli denganmu?”

Nah, salah satu tips untuk itu mari amalkan do’a ini agar pasangan kamu kembali mencintaimu.

doa minta jodoh

Doa Agar Kekasih Rindu Setengah Mati

Mungkin dari sisi hubungan jarak jauh tersebut, kamu merasa rindu sangat rindu dengan pasangan yang telah kamu impikan. Akan tetapi, sebuah keanehan terjadi yaitu perasaan rindu + curiga menjadi satu sehingga menyebabkan pasangan menjadi risih.

Rahasia umum dari ALLAH untuk pasangan yang pasangan yang dulunya memiliki sifat sangat perindu, sekarang menjadi menjauh. Nah, agar tidak terjadi sedemikian, mari pinta lagi kepada ALLAH agar kekuatan hati itu tumbuh kembali dengan membaca doa di bawah ini:

doa minta jodoh

Ayat Al-Qur’an Tentang Jodoh

Semua Hal yang baik itu berasal dari ALLAH, maka dari itu jika kita yang ingin memperoleh kebaikan seharusnya mencoba memperbaiki diri dan tidak lupa pula dengan bersandar dan berdo’a meminta kepada ALLAH SWT. Sesuai dengan Firman_NYA di dalam Alquran surat (An Nur ayat 26):

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ

Artinya:

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Do’a Minta Jodoh Dari Al-Qur’an

وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

Artinya:

“Wahai Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik”. (Al Anbiya : 89)

Potongan ayat diatas merupakan penjelasan dari ALLAH SWT agar kita sebagai hamba wajib meminta sebuah pasangan hidup.

Yup’s! Demikianlah dari artikel kali ini yang mengulas tentang kewajiban seorang hamba yang wajib berdo’a untuk meminta jodohnya kepada Tuhannya. Sekian dari saya semoga dengan artikel ini menambahkan ketaqwaan kita.

Sebagai manusia biasa saya ingin mengucapkan mohon maaf jika terdapat kesalahan dari segi tulisan atau susunan bahasa yang kurang berkenan di hati anda, mohon dikritik pada komentar. Sekian dan Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.