Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis

CarakusMemelihara Hewan Peliharaan. Hello guys, gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam lindungan ALLAH ya.. Dirumahmu ada makhluk ciptaan ALLAH? Itu lho,, yang lucu atau yang bikin gemes dengan tingkah lakunya? Jenis hewan apapun itu kita harus memberinya kasih sayang ya, yaps! Layaknya keluarga kita sendiri!

Sangat umum bila kita lihat dari kebanyakan orang suka memelihara hewan yang jinak seperti kucing, ikan, burung, musang dan hewan lucu lainnya. Maupun yang agak angker seperti chetan, harimau, beruang dan bebek.

Baca juga:

Jenis Ikan Arwana Termahal

Kebanyakan dari kita memilih binatang peliharaan itu karena uniknya dari hewan tersebut lucu, jinak (suka ngikut pemiliknya), pintar (dengan apa yang dimaksud para pengikutnya), karena harganya yang mahal dan ada lagi memelihara binatang karena peliharaan itu memiliki unsur mitos gaib (melancarkan rejeki).

Oke tidak usah bertele-tele, mari kita lanjut ke pembahasan yang sesungguhnya!

Cara Merawat Hewan Peliharaan

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis

Etika saat kita memiliki hewan dirumah maka kita lakukan dengan sebaik mungkin, sama halnya mereka adalah keluarga baru kita maka bersikaplah adil pada mereka. Kita dituntut untuk mempunyaui tanggung jawab atas keberadaan mereka.

Jangan biarkan hewan-hewan itu terlantar dan tak terurus! Hanya berstatus hewan yang ada sekedar numpang hidup dirumah kita. Dampak lain jika mereka terjangkit penyakit maka akan merugikan kita sendiri, dari efek penyebaran penyakit antara hewan dan manusia.

Berikut beberapa hal sederhana yang harus kita jaga seperti pakan, kandang, perilaku kita terhadap mereka, dan mengecek kesehatan dan lain sebagainya.

Kenali Hewan Peliharaan

Carilah hewan yang akan kita pelihara sekiranya mereka itu cocok dengan kita, maka dari itu riset sangat penting dilakukan sebelum memilih atau menilai hewan yang kita pelihara. Berikut ini kebutuhan hewan beserta apa yang harus diperhatikan:

Jenis Binatang PeliharaanKeterangan
Kucing

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay
Merupakan hewan pintar yang banyak diperlihara karena selain hewan ini memiliki keunikan, atau sangat lucu. Kucing juga tak memerlukan banyak pengawasan tapi kucing juga memerlukan perhatian dari sang pemilik.
Burung

 

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay
adalah hewan yang biasa berisik harga dari burung juga mahal biasanya dipelihara oleh juragan atau orang besar karena hewan ini juga dipercaya dapat melancarkan rahmat.
Ikan

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay
Perlu perhatian lebih dan saya sarankan agar tidak terlalu dalam kasih sayang belaian tangan, biaya untuk memelihara ikan juga tergolong mahal dari pakan, kandang (aquarium), & vitamin khusus.
Tikus, Hamster, Tupai.

 

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay
“Dibilang jorok iya, dibilang gemesin iya”. Yups, seperti itulah mereka. Maka dari itu sangat dibutuhkan perhatian lebih. Sangat disayangkan jika kita tidak mengurus hewan imut ini.
Kura-kura

 

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay
hewan pemalas tapi disenangi oleh banyak orang. Perawatan dari binatang ini sangat di unggulkan terutama bagian kandang.
 Iguana

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri jika kita memelihara binatang ini, tidak lain iguana sangat berkesan seperti hewan purba dengan kulitnya yang eksotis. Hewan ini banayak ditemukan di Wilayah fAmerika.

Sebelum itu mari renungkan sebelum memelihara hewan tersebut, apakah kita akan terbiasa dengan hewan tersebut? Maka dari itu jangan samakan antara ikan dengan kambing

Rumah Kita Rumah Hewan Peliharaan

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay

Perlu membiasakan diri para binatang tersebut hidup disekitar kita, juga dengan kita sendiri wajib mengerti dengan tingkah para hewan.

Contoh yang sering kali terjadi adalah para pecinta binatang suka sekali menyalahkan binatang peliharaan mereka, karena suatu hal yang sepele dari membuang kotoran, makanan tidak dihabiskan, atau tumpahnya makanan yang kita kasih.

Untuk mengatasi itu semua hanya bagaimana kita membuat para hewan betah di dalam rumah, atau mereka masih belum terbiasa dengan kandang yang mereka tempati sekarang.

Jadi kita hanya bisa bersabar dan terus berusaha membiasakan mereka dengan kondisi yang saat ini. Mungkin kita akan meresakan seperti orang tua mereka, jika hewan yang kita pelihara masih berstatus bayi.

Namun jika mereka masih liar, maka jinakkan mereka terlebih dahulu, hewan juga punya hati jadi seiring berjalannya waktu binatang juga akan nurut dengan majikannya. Tidak bisa kita meminta instan dari pendekatan dengan hewan liar.

Pakan & Minum

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay

Kewajiban dari kita sendiri untuk memberi makan para binatang, memberi makan tidaklah membuat mereka puas, kita kasih secukupnya saja asal rutin bakalan aman dari kata cepat kumuh dan hewan juga penyakitan. Perhatikan gizi dan vitamin yang terkandung dalam makanan.

Mengenai kandungan makanan hewan tidak sembarangan memberikannya karena kita harus memperhatikan kondisi hewan tersebut.

Memberi makanan tidak boleh kurang karena menyebabkan hewan stress dan akan meminta kepada tetangga, Sebaliknya tidak terlalu banyak karena menghindari makanan yang terbuang juga akan membuat banyak limbah pada kandang (kumuh).

“Oh ya, beda hewan beda pakan ya!”

Kandang Hewan Peliharaan Bersih

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis

Sangat berkaitan erat dengan pembahasan diatas yaitu menjaga kebersihan kandang mereka, itu wajib!

Dari beberapa study kasus ada dari beberapa hewan seperti ikan, burung, dan binatang liar lainnya. Tidak boleh terlalu sering untuk membersihkan kandang, karena otomatis kita akan memegangnya nah, dari sentuhan tangan manusia hewan tersebut bakal rentan sakit, juga akan mengurangi gerak aktif mereka.

Maka luangkanlah waktu untuk membersihkan kandang hewan khusus tersebut 1 minggu sekali meski memang membosankan juga sih. Dan untuk hewan aktif seperti kucing, monyet dan lainnya, bisa dong! Kita luangkan waktu minimal 2 kali dalam 1 minggu.

Kasih Sayang

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay

Tentunya kita juga merasakan tentang binatang yang meminta belaian kasih sayang dari kita, walaupun bukan dari majikannya sendiri. Sifat ini tidak lain jika kita lihat dari tingkah kucing yang berekasi ketika di elus-elus (belai). Dan juga saat kita memberi makan anjing maka mereka akan mengibaskan ekornya sebagai tanda terima kasih.

Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis

Bermain dengan hewan yang kita pelihara juga termasuk cara pendekatan kita terhadap mereka, jangan hanya membiarkan mereka terkurung dengan sangkar besi dan membuat binatang terpenjara tanpa hiburan!

“Coba saja kalian bayangkan jika kita dipenjara dan tidak ada hiburan sungguh menyiksa batin bukan?”

Jadi ajaklah mereka dengan berjalan-jalan keluar rumah atau setidaknya buatlah agar mereka tidak merasa stress karena bosan dengan keadaan kandang terus.

Note: Pertama kali untuk cara pendekatan dengan hewan bisa menggunakan makanan, serta mengelus-elusnya.

Hal ini tidak berlaku pada binatang ular, ikan, atau hewan yang merugikan keselamatan antara keduanya”.

Hewan Juga Butuh Pasangan

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis
pixabay

Hal ini juga fakta bagi kebanyakan pecinta peliharaan! Mereka hanya melihat cara aksi para binatang saja & tidak memikirkan apa yang sebenarnya terjadi. Dari tingkah burung misalnya, padahal burung ketika berbunyi mereka menggunakan kode agar si pemilik membawakan lawan jenis yang bisa mereka jadikan pasangan.

“Tidak hanya pemiliknya saja yang ingin menikah tapi binatang pun ingin menikah “eh, kawin” dan memiliki keturunan.

Peduli pada hewan itu juga selalu memperhatikan semua yang dibutuhkan mereka jika tidak bisa memenuhi maka binatang akan  jomblo dan galau setiap harinya!

 “Mengerikan sekali bukan?”

Gimana? Masih minat dengan hewan peliharaan di rumah?

Okelah! Cukup  dulu dari artikel Cara Memelihara Hewan Peliharaan Semua Jenis, semoga berguna dan bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada kekurangan dalam artikel ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.