Cara Merawat Ikan Arwana Lengkap Jenis & Harganya

Carakus – Cara Merawat Ikan Arwana. Hello Gan’s! Gimana punya kabar? Semoga baik-baik saja ya. Tentu tak asing di telinga kita untuk seekor “ikan arwana” bukan? Yups, apa lagi bagi kalian yang sering nonton TV pasti sudah biasa dengan nama Arwana kan? “Itu tukul Arwana kang!”

Tapi Bagi sebagian orang menganggap bahwa arwana merupakan sebuah keajaiban atau keuntungan besar dalam hidupnya. Tapi juga dari sebagian besar banyak sekali para manusia yang tidak tahu, maka dari itu mari kita telusuri tentang ikan yang bernama “Arwana!”

Saya juga masih penasaran dengan ikan ini, “kenapa kok banyak sekali peminat dari arwana, ya?”

Ciri-Ciri Fisik Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana 

Oh ya, ciri fisik dari hewan perairan tawar ini memiliki tubuh panjang, dan sirip yang terletak kebelakang dekat duburnya, sirip itu juga lebih panjang dari pada sirip punggungnya. Alat pernapasan arwana menggunakan insang, hanya saja insang ikan ini terdapat keistimewaan lain yaitu dilengkapi dengan penutup insang.

Kalau di liat-liat bentuk dari arwana, mereka memiliki tubuhnya yang ramping serta memanjang layaknya pisau, tubuhnya pipih dengan punggung datar dan tidak lupa pula mereka memiliki kepala yang agak padat.

“Oh! Ternyata Arwana juga memiliki kepala?!”

Keindahan ikan ini juga didukung dengan sisik yang besar, sehingga saat berada di aquarium arwana dapat mempercantik suasana. Panjang ukuran ikan ini bisa mencapai 20 cm hingga 80 cm usia dewasa.

Ciri khas yang tak asing lagi adalah mulut dari arwana mengarah keatas yang dilengkapi dengan sungut tepat di bawah bibirnya, tak lain tugas sungut tersebut adalah untuk mendeteksi adanya mangsa. Bentuk mulutnya lebar dan rahang sang ikan sangat kuat, terdapat 15 sampai 17 gigi di dalamnya.

Pantas saja arwana disebut ikan naga yang memiliki makna keperkasaan serta menjadi simbol keberuntungan. Ternyata memang agak mirip sih! Kalau dilihat dari sisiknya hanya saja dia hidup di dalam air.

Jenis-Jenis Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ikan arwana adalah ikan bertulang, mereka hidup di perairan tawar dan banyak di temukan mereka berasal dari asia tenggara tepatnya di negara kita ini. Yups, Arwana Asia adalah spesies tulen yang dimiliki oleh negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, & Burma.

Seperti yang di langsir dari penelitian perairan bahwa corak warna arwana memiliki khas tersendiri dari asal muasal mereka, yaitu:

  • Arwana warna merah berasal dari Indonesia.
  • Ditemukan Arwana warna emas dari Malaysia.
  • Asal Arwana warna emas berekor merah asli dari Indonesia.
  • Arwana warna Hijau di temukan di negara Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Burma.

Itu diatas hanya asal dan penelitian dari arwana asia saja, spesifikasi lengkap dari jenis arwana serta harganya mari kita simak lebih dalam lagi, di bawah ini:

Harga Ikan Arwana

Tentunya dari berbagai kalangan pencinta ikan tidak lengkap rasanya, jika tidak terdapat ikan hias yang satu ini di dalam aquarium rumahnya. Biar tak hanya penasaran mari langsung dipilih untuk para juragan! Ikan cantik dibawah ini beserta harganya.

Arwana Silver (Brazil)

Cara Merawat Ikan Arwana 

Merupakan Arwana yang paling sering di temukan oleh kebanyakan orang, atau pecinta arwana di semua kalangan. Karena dilihat dari harganya juga sangat relatif murah dan terjangkau. Tidak banyak berbeda dengan arwana pada umumnya, ikan ini sangat indah bila telah berusia dewasa yang sudah memiliki ukuran sekitar 50 cm hingga 60 cm.

Meski namanya adalah arwana Brazil tapi awal mula ikan ini ditemukan pertama kali bukan dari negara Brazil lho, melainkan dari negara Amerika Selatan.

Untuk kalian yang ingin menambah keindahan aquarium atau kolam dirumah, tidak usah repot-repot mencari penjual yang ada di Amerika Selatan, karena di negara kita Indonesia sudah banyak dikembangbiakan.

Bahkan beredar kabar kalau ikan jenis Silver Brasil sudah ada dengan warna Platinum Silver alias warna yang sangat menyerupai warna Platinum hingga seluruh tubuhnya.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 75.000/ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 2.000.000/ekor.

Arwana Irian (Jardini)

Cara Merawat Ikan Arwana 
Cara Merawat Ikan Arwana

Termasuk ikan pribumi paling unik yang memiliki ciri khas Indonesia, yaitu ikan ini memiliki warna dasar hitam agak kecoklatan dan memiliki bintik emas disetiap tengah sisiknya, pada bagian ekor, sirip, dan pipi terdapat sangat jelas bahwa itu merupakan sebuah batik.

Asal pertama dari ikan Jardini berasal dari negara Australia, tapi entah apa yang terjadi arwana yang satu ini sangat banyak di Indonesia. Jenis arwana ini dapat ditemukan di Kepulauan Riau, atau tepatnya pada sekitar sungai Merauke.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 125.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 2.500.000/ekor, semakin silver da terlihat jelas pola warna bintiknya, maka semakin mahal pula harga pasar ikan.

Arwana Black (Brazil)

Cara Merawat Ikan Arwana 
Cara Merawat Ikan Arwana

Jenis arwana Black Brazil ini bukan hanya dari negara Brazil saja yang terdapat ikan ini, melainkan juga terdapat di negara Amerika Selatan, mungkin karena di Brazil lebih banyak jumlahnya maka di namakan Arwana Black (Brazil).

Ciri khas dari ikan ini sendiri, adalah kepalanya yang lebih besar atau sama rata dengan tubuhnya lalu memiliki warna dasar silver kehitaman dengan tubuh yang panjang.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 150.000 per ekor sedangkan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 3.000.000/ekor. Arwana black Brazil ini masih tergolong murah dan ramah di kantong dari pada arwana lainnya.

Arwana Pino

Cara Merawat Ikan Arwana 

“Ini nih! Ikan kesukaan saya”

Ciri dari arwana yang paling cantik ini adalah warna kelabu kehijau-hijauan dengan pola garis berwarna gelap pada celah ekornya begitu fantastic. Tidak lupa pula dengan bentuk mulutnya yang lebih besar dan bulat jika dibandingkan dengan arwana jenis lainnya.

Keunikan lain dari arwana Pino tidak terdapat “Ring” yang tak begitu seberapa, karena sudah di tebus dengan warna cantik hijaunya bagai dipoles dengan perak cerah.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 250.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 5.500.000/ekornya.

“Enak dilihat sedap dalam pandangan” begitulah katanya

Ikan Arwana Red Banjar

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ciri khas dari primadona indonesia ini memang sangat mirip dengan arwana jenis “Super Red” itu memang benar! Jika arwana Red Banjar dilihat secara sekilas memang seperti Arwana Super Red, bahkan seluruh dari bagian sirip atas maupun sirip bawah semuanya sangat mirip dengan arwana super red.

Tapi ciri dari Arwana Red Banjar yang benar adalah warna sisik lebih condong ke perak dan kehijauan. Tapi ketika ukuran ikan ini sudah sampai 18 cm baru kita akan melihat perubahan sisik dari Red Banjar menjadi warna semu merah muda.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 650.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 8.000.000/ekornya.

Arwana Cross Back Golden

Cara Merawat Ikan Arwana 

Sesuai dengan namanya yaitu Cross Back Golden yang memiliki ciri khas dari ikan ini yaitu sisik ikan berwarna emas dan pada ujung ekor berwarna merah kecoklatan. Tapi saat dewasa akan muncul ring yang melingkar hingga melewati punggung sehingga diberi nama Arwana Cross Back.

Jenis Arwana ini bisa kita jumpai di negara Malaysia tepatnya di daerah Perak, Danau Bukit Merah, Johor, dan Trengganu. Banyak julukan dari ikan ini seperti julukan Golden PahangBukit Merah Blue, dan Malaysia Gold.

Ditemukan 4 jenis berdasarkan warna sisiknya seperti (Gold Based) dengan warna dasar emas, (Blue Based) warna dasar biru, (Silver Based) warna dasar perak, (Purple Based) warna dasar ungu.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 1.500.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 10.000.000/ekornya. Semakin bagus warna emas dan keunikan lainnya bertambah mahal lagi harga ikan tersebut.

Arwana Golden Red

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ciri arwana Golden Red adalah perpaduan warna dasar emas dengan warna merah cerah menjadi berkualitas. Ikan ini juga termasuk arwana pribumi dan banyak ditemukan di Kabupaten Pekan Baru, Riau, Pulau Sumatra bagian timur.

Harga:

Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 3.000.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 20.000.000/ekornya. Woow.! Mikir dua kali kalau ingin membeli ikan ini ya? Coba saja bayangkan ikan ini digoreng sama Emmak! Bakalan berabe nih!

Arwana Super Red

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ciri dari Arwana ini memiliki warna merah darah atau merah cabe pada sirip, ekor, sungut, dan dayung arwana dengan bertaburan warna merah. Biasanya arwana yang menginjak usia 3 sampai 4 tahun akan sudah bisa mengeluarkan warna merah tersebut.

Setelah itu akan tampak pula sebuah cincin yang pada kepala ikan saat ukuran panjangnya mencapai 25 cm. Cincin tersebut tidak akan mencolok dengan warna merah, hanya saja akan memberikan kilauan dari ikan tersebut.

Ikan Arwana Super Red ini termasuk ikan pribumi yang berasal dari Indonesia, sangat mudah ditemukan jenis arwana ini di daerah Kalimantan Barat letaknya di sungai Kapuas dan Sentrum.

Harga:

Adapun dengan Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 3.500.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 20.500.000/ekornya.

Arwana Super Platinum

Cara Merawat Ikan Arwana 

Ciri dari arwana ini tidak asing lagi bagi pecinta ikan karena sangat berbeda dengan yang lain. Yups, Ikan ini terbentuk oleh mutasi genetic dan hanya ada 1 dari 100 arwana platinum di Dunia, karena itulah ikan ini menjadi sangat mahal.

Harga:

Adapun dengan Bandrolan harga untuk bibit masih Rp. 10.000.000 per ekor dan untuk harga dewasa sudah mencapai Rp. 200.000.000/ekornya. Tapi banyak lho! Para pecinta ikan hias yang mencari super platinum ini.

Jenis Ikan ArwanaAnakanDewasa
Ikan Arwana SilverRp 75.000Rp 2.000.000
Ikan Arwana IrianRp 125.000Rp 2.500.000
Ikan Arwana Black (Brazil)Rp 150.00Rp 3.000.000
Ikan Arwana PinoRp 250.000Rp 5.500.000
 Ikan Arwana Red BanjarRp 650.000Rp 8.000.000
Ikan Arwana Cross Back HoldenRp 1.500.000Rp 10.000.000
Ikan Arwana Golden RedRp 3.000.000Rp 20.000.000
Ikan Arwana  Super RedRp 3.500.000Rp 25.000.000
Ikan Arwana Super PlatinumRp 10.000.000Rp 200.000.000

Pakan Ikan Arwana

Makanan arwana juga harus diperhatikan agar tidak hanya harganya saja yang mahal, akan tetapi kualitas kecantikan ikan pun juga terjaga. Yups, dari keindahan warna arwana akan pudar jika sembarangan memberi pakan. Oleh dari itu mari kita ketahui juga pakan ikan mahal berikut:

Jenis Makanan Ikan Arwana, Vitamin Murah & Waktu Memberi Makan bisa kunjungi artikel sebelumnya..

Jenis PakanKeteranganJenis Ikan
Cacing Darah Beku

Cara Merawat Ikan Arwana 

 

Gizi dari cacing untuk dijadikan pakan ikan sangatlah baik, apalagi cacing ini mudah kita temui di pedagang atau penjual ikan hias. Kurang dari 8 cm
Udang

Cara Merawat Ikan Arwana 

Dapat meningkatkan warna pada sisik ikan, dapat diberikan pada ikan saat masih segar ataupun sudah beku. Dan perlu diingat “bersihkan terlebih dahulu sungut udang, karena bisa melukai ikan.Lebih dari 8 cm
Katak

Cara Merawat Ikan Arwana 

Jadikan seperti asupan, vitamin atau gizi bagi arwana, agar mempercepat pertumbuhan serta memberikan kandungan protein dan lemak yang tinggi. Jangan terlalu over, cukup berikan arwana 1 katak perhari.Lebih dari 8 cm, sesuaikan dengan ukuran mangsa.
Jangkrik

Cara Merawat Ikan Arwana 

Memberikan efek pada warna sisik ikan, serta membuat ikan menjadi lebih aktif. Jangan lupa untuk memotong kaki jangkrik agar tidak melukai arwana.Lebih dari 10 cm, sesuaikan dengan ukuran jangkrik.
Kelabang

Cara Merawat Ikan Arwana 

Memberikan efek pada warna sisik ikan, serta membuat ikan menjadi lebih aktif. Jangan lupa untuk membuang taring atau yang bisa menyebabkan arwana terluka.Lebih dari 10 cm, sesuaikan dengan ukuran jangkrik.
Ikan Kecil

Cara Merawat Ikan Arwana 

kandungan lemak dan kalori pada ikan kecil sangat efektif menjadi pakan arwana. Berilah ikan kecil dengan menempatkannya langsung ke aquarium agar arwana lebih percaya diri terhadap mangsanya.

Berilah seminggu sekali karena dipercaya ikan kecil mengandung bibit penyakit.

 Ukuran lebih dari 10 cm
Pelet

Cara Merawat Ikan Arwana 

Makanan buatan ini mengandung banyak sekali keuntungan bagi ikan, perlu di perhatikan kondisi ikan.Tidak semua arwana dapat menyerap atau mengkonsumsi kandungan pelet

Nah, seperti itulah kiranya yang bisa saya sampaikan tentang Review Ikan Arwana Lengkap Harganya. Sekian dari saya terimakasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.