Masih Ada! Jenis Hewan Langka Di Indonesia Dari Berbagai Daerah

Carakus. Hewan Langka di Indonesia – Kekayaan negara ini memang tidak dapat dipungkiri, teramat kaya dengan kesenian, budaya, sastra, termasuk juga dengan ragam flora dan fauna yang benar-benar asli dari Indonesia. Tapi semua berubah dengan seiring bergantinya zaman, Negara kita mengalami banyak kehilangan dari mereka.

Hal itu terjadi karena rasa tamak manusia, juga kurang kesadaran diri bahwa apa yang dilakukan oleh mereka akan merugikan lingkungan sekitar terutama diri sendiri. Atau bisa juga disebabkan oleh negara tetangga yang merasuki pola pikir masyarakat Indonesia.

Terbukti kerusakan alam Indonesia terjadi karena berkurangnya hewan-hewan yang sering diburu serta dijadikan barang penjualan ilegal. Memang hasil dari penjualan itu menguntungkan banyak rupiah, tapi mudhorot dari pekerjaan tersebut tidak bisa di tebus dengan banyak jumlah rupiah yang didapat.

Terdapat sekitar 300 jenis flora dan fauna di Indonesia yang termasuk dalam daftar spesies yang wajib dilindungi dan hampir punah.

Hewan Langka Di Indonesia

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Mulai dari kritisnya pengurangan flora dan fauna yang ada di Indonesia dibuatlah peraturan baru nomor 27 tahun 1999. Yang berarti mencakup tentang tumbuhan serta binatang yang dilindungi. Berikut beberapa hewan langka yang harus dilindungi karena terancam punah.

Hewan Langka Komodo Dari NTT

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Salah satu jenis hewan reptil yang sudah terkenal banyak mengalami penurunan, spesiesnya sangat menurun besar karena salah satu ulah manusia sendiri. Mereka menjadikan komodo sebuah bisnis ilegal untuk dijual ke luar negeri.

Komodo adalah reptil pemakan daging serta hewan karnivora yang saat ini sudah di lestarikan. Biawak besar ini mendapat perlindungan yang salah satunya adalah Taman Nasional Komodo.

Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di pulau Komodo Rinca Flores Gili Motang & Gili Dasami adalah Tempat Asli Biawa raksasa ini berasal. Lalu penyebaran terkenal melewati pembukuan yang pertama kali diringkas oleh orang Eropa pada tahun 1910. Seketika itu, tepatnya pada tahun 1912 langsung saja Komodo terkenal di seluruh dunia.

Bergantinya tahun dengan seling adanya bukti foto dan kulit reptil, langsung saja oleh Organisasi Internasional Union The Conservation Nature and Natural Resources diresmikan bahwa komodo termasuk pada hewan langka dan harus dilestarikan.

Hewan Langka Pesut Mahakam Dari Kalimantan

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Hewan yang dinyatakan langka selanjutnya adalah ikan Pesut Mahakam, karena populisnya pada tahun 2007 hanya tersisa 50 ekor saja. Menurut bahasa dalam bahasa latin Pesut Mahakam dikenal dengan nama Orsela Brevirostis yang berarti lumba-lumba air tawar.

Pesut mahakam adalah ikan mamalia yang sangat lucu dari bentuk tubuhnya tapi sayangnya hewan ini juga diakui hampir punah, dan pesut mahakam termasuk pada urutan tertinggi jenis hewan yang terancam punah.

Terdeteksi pengaruh yang terjadi akibat penurunan populasi pesut mahakam terpengaruhi jumlah pasokan makanan dihabitatnya, pengaruh zat beracun oleh nelayan, juga lalang kapal ponton yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Burung Cendrawasih Dari Papua

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Burung cantik asal Papua, Indonesia bagian timur, jelas termasuk jenis hewan langka. Sebab burung ini memiliki keindahan bulu yang menarik para pemburu untuk diambil bulu ekornya.

Karena Burung Cendrawasih sangat jarang ditemukan, maka burung ini sudah termasuk catatan kategori hewan hampir punah.

Keindahan burung ini sudah tidak bisa dibohongi, sampai-sampai banyak orang yang menyebutnya “Burung dari Syurga”. Bulu ekornya memang menjadi penarik bagi semua orang. Termasuk saya! hehe.

Burung Jalak Dari Bali

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Pertama kali ditemukan burung Jalak Bali oleh Walter Rostchild Yang merupakan seorang peneliti dari negara Inggris, pada tahun 1910. Lalu dia mengumumkan penemuannya tersebut kepada dunia pada tahun 1912.

Dan burung ini hanya bisa ditemukan di pulau Dewata Bali saja, sehingga juga Bali pernah menyatukan diri dengan Burung Jalak Bali, melalui lambang atau icon fauna khas provinsi Bali.

Syukur alhamdulillah hingga sekarang hewan ini meski jarang ditemukan di alam bebas, tapi kebanyakan kebun binatang  besar di dunia melestarikan program pelestarian Burung jalak Bali.

Orang utan Dari Kalimantan & Sulawesi

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Jenis Primata Indonesia ini menjadi punah karena mungkin dari bulu-bulu yang mereka punya, atau dari lucunya hewan ini.

Populasi orang utan sangat menurun akibat faktor perburuan serta faktor perluasan kebun akibat manusia. Sehingga hewan primata ini bernasib langka dan jarang ditemukan.

Badak Dari Jawa & Sumatera

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Badak juga termasuk hewan punah yang saat ini di lindungi oleh menteri kehutanan Indonesia. Dikarenakan populasi setiap tahunnya semakin berkurang. Pengurangan populasi badak dikarenakan tindak perburuan dari manusia sendiri.

Selain dari kulitnya yang tebal, cula badak dapat dijadikan ramuan tradisional china, sehingga badak juga termasuk pada catatan hewan hampir punah & harus diletarikan.

Baca Juga: Cara Memelihara Hewan Peliharaan

Harimau Dari Sumatera

Kucing sumatera ini lain dari pada kucing pada umumnya, salah satu jenis kucing raksasa terkuat dari kalangan serupanya.

Biasanya standar kucing hutan semuanya memiliki sifat agresif tapi tidak dengan Harimau sumatera, dia lebih gagah dan wibawa dari pada kucing hutan lainnya. Namun sayang kini harimau sumatera sudah termasuk dalam kategori Hewan Langka Di Indonesia.

Hal itu terjadi karena tidak lain dari sifat rakus tamaknya manusia, sehingga mereka menjual dan memperdagangkan hewan Indonesia ini secara ilegal. Incaran bagi pemburu terutama adalah kulit, dan taring dari harimau tersebut.

Hewan Langka Kuskus Dari Sulawesi

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Hewan langka di negara ini juga ada kuskus, kuskus merupakan mamalia yang agak mirip beruang china, panda, tapi ukurannya lebih besar dari pada musang.

Terdapat 2 jenis Kuskus, yakni kuskus kerdil dan kuskus beruang.

  • Kaskus Beruang: Bobotnya lebih besar dan warna bulunya kebanyakan abu-abu.
  • Kaskus Kerdil: Dari namanya ukurannya sudah jelas lebih kecil, untuk warna bulunnya berwana pirang atau kemerah-merahan layaknya garangan (musang).

Dan kedua kuskus tersebut sama-sama memiliki keterancaman punah di negara Indonesia.

Monyet Hitam Dari Sulawesi

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Monyet ini memiliki ciri khas yaitu jambul diatas kepalanya sehingga banyak orang memberi julukan dengan nama monyet jambul yang diartikan dari bahasa ilmiah Macaca Nigra. Monyet hitam ini berasal dari Sulawesi tepatnya di Sulawesi Utara.

Seiring bergantinya tahun, monyet berjambul ini semakin mengalami kelangkaan. Sehingga, Tim perlindungan hewan satwa Internasional The Conservation Nature and Natural Resources menggolongkan monyet berjambul kedalam daftar merah hewan yang harus dilestarikan.

Julukan dari monyet hitam ini lumayan banyak lho! seperti Celebes crested macaque, Gorontalo macaque, Sulawesi macaque, atau Celebes black ape. Adapun warga Sulawesi sendiri sering menyebutnya dengan nama Yaki, Dihe dan Bolai.

Hewan Langka Anoa Dari Sulawesi

 Jenis-Hewan-Langka-Di-Indonesia-anoa.jpg 11 April 2018 93 KB 1280 × 720 Edit Gambar Hapus secara permanen URL https://i0.wp.com/carakus.com/wp-content/uploads/2018/04/Jenis-Hewan-Langka-Di-Indonesia-anoa.jpg?resize=750%2C422&ssl=1 Judul Jenis Hewan Langka Di Indonesia anoa Keterangan Teks Alt

Masih dalam lingkungan Sulawesi yaitu Anoa, hewan ini bukan dari Sulawesi Utara, melainkan satwa liar yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Anoa sudah lama berada di garis kepunahan sejak tahun 1960, tapi atas rahmat tuhan yang maha ESA sampai sekarang hewan ini masih saja bisa kita jumpai di perlindungan satwa seperti kebun binatang, atau penangkaran.

Binatang ini adalah hewan peralihan Asistis dan Australis. Terdapat dua spesies anoa yaitu anoa daratan rendah dan anoa pegunungan.

Dalam tahun-tahun sebelumnya populasi Anoa sangat mengalami penurunan yang sangat rendah. Telah diperkirakan jumlah anoa di alam liar hanya kurang dari 5000 ekor.

Kepunahan ini tentu tidak lain karena dari manusia yang tidak sadar, telah memburunya hanya untuk diambil tanduk, kulit dan juga daging.

Hewan Langka Owa Dari Jawa

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Owa adalah seekor primata asli Jawa yang kini juga termasuk pada kategori hewan hampir punah, hal itu disebabkan oleh perburuan liar masyarakat lokal, untuk dijadikan bisnis perdagangan ilegal.

Karena hewan ini adalah binatang yang setia banyak orang memburu Owa, tapi kebanyakan dari pemburu yang tidak bertanggung jawab itu mengincar bayi OWa.

Kanguru Wondiwoi Dari Papua

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Setelah sadar ternyata di Indonesia mempunyai kanguru juga ya! Yups, kanguru ini disebutnya dengan kanguru wondiwoi, hewan ini biasanya hidup dipepohonan asal dari pulau Papua.

Ciri-ciri kanguru pohon wondiwoi

  • Beratnya hanya sekitar kurang lebih 9 kg.
  • Warna bulu bagian luarnya berwarna hitam.
  • Sedangkan bulu bagian dalamnya berwarna kuning.
  • Pada bagian pantatnya berwarna kemerahan.
  • Dan pada ekornya berwarna putih.
  • Sering bertengger di atas pohon.

Sangat miris sekali berdasarkan penelitian perlindungan hewan satwa, IUCN, mengeluarkan kertas bahwa kanguru Indonesia ini hanya ada, dengan berjumlah kurang lebih 50 ekor saja.

Bekantan Dari Kalimantan

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Termasuk sebagai golongan primata yang berasal dari Pulau Kalimantan. Jika bertemu atau setidaknya melihat hewan ini, kalian akan menganggap bahwa hewan ini memiliki kelebihan fisik.

Yups, bentuk hidung yang besar melonjong agak kebawah (layaknya squidward) serta warna tubuhnya menjadi ciri khas dari Bekantan. Meskipun termasuk dari primata, tapi bekantan sangat berbeda dengan primata-primata lainnya.

Karena keunikan yang dimiliki oleh Bekantan, menjadikan pemburu hewan semakin ingin menangkapnya sebagai bahan proyek perdagangan ilegal.

Sebab seringnya bekantan diburu, mengakibatkan hewan ini menjadi Hewan Langka Di Indonesia dan termasuk pada golongan hewan hampir punah.

Tupai Terbang dari Kalimantan

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Pasti kita juga pernah mendengar nama tupai terbang, tapi perlu kita ketahui bahwa tupai terbang kinio telah menjadi punah akibat rusaknya ekosistem.

Dari perluasan lahan pembangunan serta perburuan masyarakat pribumi atau masyarakat asing yang menjadikan hewan imut ini menjadi salah satu Jenis Hewan Langka Di Indonesia.

Burung Trulek Dari Jawa

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Mungkin dari kita tidak pernah menemukan dimana burung ini berada, itu karena memang sangat sudah langka.

Dulu habitat burung trulek Jawa masih banyak ditemukan di pesisir pantai, seling bergantinya tahun dugaan habitatnya yang rusak burung ini semakin lama semakin berkurang dan banyak yang menduga bahwa burung trulek sudah punah.

Hewan Langka Kukang Dari Kalimantan

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Jenis Hewan Langka Di Indonesia berikutnya adalah kukang, primata ini terlihat sangat imut karena memiliki mata yang bundar. Tapi masih tega saja manusia menjadikan kukang sebagai hewan buruan.

Tujuan dari mereka menjadikan kukang sebagai bisnis penjualan ilegal, tapi ada lagi yang lebih menyeramkan yaitu terdapat beberapa orang yang mempercayai bahwa primata ini mampu sebagai pembawa berkah dengan cara menjadikan kukang sebagai tumbal proyek.

Sehingga hewan lambat ini tergolong menjadi binatang langka yang harus dilestarikan. Bahkan banyak yang bilang bahwa primata lemah ini sudah berada di garis terancam punah.

Banteng Dari Jawa

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Hewan Langka Di Indonesia selanjutnya adalah Banteng Jawa dan populasinya sangat memprihatinkan.

Hanya terdapat 28 ekor saja, hal itu juga adanya bantuan kerja keras pecinta satwa dengan melakukan cara pengembangbiakan dengan baik teknik alami. Sebelum itu jumlah Banteng Jawa hanya terdiri dengan jumlah 26 ekor saja.

Mari kita sama-sama menjaga dan menghargai usaha dari pecinta satwa, dengan saling mencintai makhluk ciptaan ALLAH SWT.

Burung Maleo Dari Sulawesi

Jenis Hewan Langka Di Indonesia
Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Hewan langka yang kini masuk dalam perlindungan satwa di Indonesia adalah burung maleo. Keunikan burung ini selain terdapat tanduk yang ada di atas kepalanya, burung ini juga memiliki keunikan dalam masa pengembang biakannya. Yaitu setelah telur menetas anak burung maleo bisa langsung terbang.

Karena keunikan tersebutlah banyak orang yang memburu telur-telurnya. Sehingga burung maleo kini menjadi terancam punah.

Macan Tultul dari Jawa

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Pada tahun sebelumnya terdapat kabar bahwa macan tultul jawa telah punah, tapi berita terbarunya adanya sebuah rekaman tersembunyi yang sempat viral. Didalam rekaman tersebut sangat tampak terdapat 4 ekor Macan Tultul Jawa yang masih berkeliaran di dalam hutan.

Meski demikian, masih belum dipastikan berapa jumlah keseluruhan Macan Tultul Jawa yang masih ada. Tapi Jelasnya Macan Tultul Jawa sudah lama masuk pada daftar hewan terancam punah.

Hewan Langka Gajah Dari Sumatera

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Gajah sumatera ini juga disebut dengan julukan Elephas maximus sumatrensis. Hewan besar ini termasuk hewan punah di Alam liarnya, tapi untung saja masih ada penanggulangan dari badan pelestarian satwa liar yang mengadakan pelestarian di Aceh, sehingga di sana bisa ditemukannya gajah dengan jumlah kurang lebih 500 ekor.

Oknum yang tidak merasa bersalah telah menyebabkan gajah ini menjadi langka, faktor gajah Sumatera menjadi langka yaitu banyaknya pemburu yang mengincar gading gajah, dengan alasan pembuatan obat tradisional.

Babi Rusa Dari Sulawesi

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Jenis Hewan Langka Di Indonesia selanjutnya ialah babi rusa, mamalia yang satu ini merupakan hewan yang berhabitat di daerah hutan tropis. Kebiasaan babi rusa ini memakan buah-buahan dan tumbuhan tapi tidak beraturan (tanpa pikir panjang).

Emang babi masih mikir?

Karena kebiasaan buruknya tersebut babi dianggap hama oleh masyarakat, sehingga babi rusa banyak diburu untuk dibasmi oleh masyarakat setempat.

Aktivitas babi rusa suka mencari makanan di waktu alam semesta menjadi gelap, karena mereka adalah binatang pemalu, namun ketika para babi diganggu mereka akan menjadi buas.

Babi rusa juga banyak kemiripan dengan babi hutan tapi terdapat ciri khas tersendiri dari mereka.

Hewan Langka Elang Jawa

Jenis Hewan Langka Di Indonesia

Elang dibilang sebagai hewan predator terbuas dalam jenis hewan angkatan udara. Sehingga elang juga banyak disebutkan menjadi Burung Garuda. Meski terkenal kuat, gagah, kekar, kuat dan besar. Namun sayangnya jenis elang jawa menjadi langka dan sangat tercatat ancaman punah.

Elang jawa memiliki hubungan erat dengan gunung Bromo maka dari itu mereka saat ini menjatuhi rekor hewan terancam punah. Data pengamatan berbicara bahwa elang Jawa sekarang sudah ada penambahan yang dulunya hanya 3 ekor saja namun sekarang sudah bertambah 4 menjadi 7 ekor.

Semoga saja bertambahnya tahun, populasi hewan-hewan diatas semakin bertambah Agar Indonesia kembali sadar dengan kekayaan yang dimilikinya.

Jenis Hewan Langka Di Indonesia
“Jadi masihkah kita akan berperilaku tidak sesnonoh kepada satwa yang ada di Indonesia?”

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang pembahasan Hewan Langka Di Indonesia. Semoga kita diberikan kesadaran atas kelakuan kita terhadap alam lingkungan kita. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.