Semua Jenis Ikan Koi Terbaik Lengkap Harganya

Carakus – Jenis Ikan Koi. Selamat pagi dunia! Semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH amin. Kembali lagi dengan situs yang membahas tentang ragam unik ikan hias, oke pada pertemuan sebelumnya saya telah membahas salah satu jenis ikan hias, berupa Macam-macam Ikan Arwana tapi sekarang sudah saatnya saya akan membahas tentang ikan Koi.

Mengapa saya selalu hadir dengan ikan?

Pertanyaan yang bagus! Yups, jawabannya adalah karena ikan memiliki daya tarik dan mampu merubah pola fikir seseorang.

Contoh yang mudah saja ketika kita saat dalam keadaan jenuh melihat kolam yang berisi jenis ikan akan membuat stress kita hilang, dari situ juga kita belajar sabar, memberi perhatian antar sesama makhluk ALLAH, serta banyak lagi manfaat dan keutaman dari memelihara ikan.

Ikan Koi adalah ikan asli jepang dengan nama julukan Ilmiah Cyprinus Carpio yang sudah lama menyebar keseluruh dunia, tapi lebih banyak ditemukan di negara ASIA. Termasuk juga negara Indonesia yang tergolong negara pembudidaya. Tentu, karena memang banyak dari juragan-juragan empang yang emilih untuk beternak dan membudidayakan ikan koi.

Jenis Ikan Koi

Tidak heran warga Indonesia memilih ikan jenis ini, karena ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias Air tawar yang tergolong sangat mudah dalam proses pemeliharaannya. Juga lumayan mahal dalam pasarannya.

Justru sangat penting bagi kita tuk mengetahui apa saja jenis ikan air koi berikut:

Kohaku

jenis ikan koi

kohaku adalah jenis ikan koi yang tertua jika dibandingkan dengan koi lainnya. Koi kohaku biasanya didasari dengan warna khasnya berupa warna putih dan corak warna merah sebagai penghias tubuhnya.

Taisho Sanke

jenis ikan koi

Mungkin jika kita lihat memang ikan koi Taisho Sanke, tidak jauh berbeda dari koi kohaku. Yups, karena memang Ikan ini sama-sama memiliki warna dasar putih juga, namun kecantikan ikan ini terletak dari kombinasi warna merah dan hitam diatas warna dasarnya.

Showa Sanshoku

jenis ikan koi

Merupakan jenis ikan koi yang serupa dengan koi Sanke diatas, namun perbedaan yang mencolok adalah ikan ini memiliki jenis warna hitam yang lebih melebar dari pada koi sanke.

Terdapat pendapat kesimpulan bahwa 3 ikan diatas merupakan ikan koi yang memang satu jenis tapi karena kecenderungan perbedaan pendapatlah yang membagi ikan-ikan tersebut.

Dari ikan koi Showa ini terdapat beberapa variasi diantaranya:

“Showa Maruten”

“Showa Gin Rin”

“Showa Doitsu”

“Showa Tancho”

“Showa Kin”

Note Gak Usah Dibaca:

Jika kita memiliki iman yang kuat tentunya tidak usahlah kita ribut atau berantem gara-gara masalah ikan tersebut. Oke!

Koi Asagi

jenis ikan koi

Salah satu ikan koi yang memiliki keindahan corak & warna lain di bagian tubuhnya, pada dasarnya warna yang sering kita temui diantara warna oranye yang berkombinasi dengan warna merah, serta di bagian siripnya biasanya juga mengikuti kombinasi warnanya.

Untuk spesies ikan koi Asagi terbaik adalah ikan yang memiliki pola merah diaatas garis leteral, namun pola tersebut juga tidak boleh panjang.

Ikan Koi Shusui

jenis ikan koi

Spesies kali ini mungkin yang muncul dalam fikiran kalian adalah jenis ikan koi yang tentu buah dari keturunan Koi Ashagi dari sisik dorsal bagian atasnya dan dari ikan Kohaku untuk warna bagian merah-putihnya.

Namun koi Shusui lebih condong mirip dengan ikan Ashagi.

Bukan juga disebut ikan Ashagi karena Sangat mencolok sekali perbedaannya, yaitu terletak pada warna sisik punggung (dorsal) warna jaring biru pada koi Ashagi.

Ikan Koi Utsuri

jenis ikan koi

Ciri khas warna pada ikan ini tidak sulit dibedakan, Warna tubuh berdasar hitam dan ditambah dengan corak putih yang menjadi pelengkap penghias tubuh ikan ini.

Termasuk kategari ikan koi termahal karena popularitas ikan jenis ini sangat sedikit. Karena popularitasnya yang sedikit, ikan ini juga jarang ditemukan.

Ikan Koi Matsuba

jenis ikan koi

Pada umumnya ikan koi matsuba adalah ikan koi yang memiliki bermacam-macam warna pada tubuhnya, tapi ragam dari ikan yang satu ini juga banyak.

Koi Matsuba tidak hanya berwarna logam dan dilengkapi dengan berpola jaring hitam saja, tapi banyak jenisnya. Dari warna putih (gin matsuba), lalu yang berwarna merah (aka matsuba), warna kuning (ki matsuba).

Ikan Koi Platinum

jenis ikan koi

Selain dari nama platinum ikan ini juga seringa disebut dengan julukan Orgon Purachina. karena hanya ikan koi ini yang memiliki warna putih polos.

Variasi dari koi platinum ada Orgon Platinum, dan Orgon Platinum Doitsu. Kualitas ikan ini ditentukan dari kepala yang sangat jernih.

Ogon Yamabuki

jenis ikan koi

Bentuk dari keturunan Ogon yang berarti hanya memiliki satu warna saja, ikan ini memiliki bentuk yang sama dari Koi platinum. Tapi, unik tersendiri dari ikan ini memiliki warna kuning polos. Kualitas serupa dengan ikan Platinum yakni warna yang bersih pada bagian kepala, berarti ikan tersebut terbilang berkualitas.

Soragoi

jenis ikan koi

Terdapat pola khusus berupa jaring halus pada bagian punggungnya dan berwarna putih bercorak pola jaring seperti perak.

Persis sama dengan ikan koi jenis Chagoi, dan hal yang membedakan dari keduanya yaitu warnanya. Jika Soragoi memiliki warna abu-abu (perak), namun untuk chagoi memiliki pola jaring coklat (perunggu).

Jenis Ikan Koi Chagoi

jenis ikan koi

Mungkin agak sama juga dengan Orgon Yamabuki tapi ikan ini memiliki perbedaan pada bagian pola sisiknya yang berupa jaring berwarna emas/perunggu. Pola tersebut masih terlihat jelas karena polanya timbul.

Ikan Koi Kumonryu

jenis ikan koi

Salah satu ikan favorit saya, karena dilihat dari corak warna yang dimiliki ikan ini yaitu warna hitam dan putih sangat menarik apalagi udah ngambang di permukaan kolam minimalis yang ada dirumah.

Variasi koi ini juga bervariasi lho, kadang berwarna putih-hitam atau abu abu-hitam.

Ikan Koi Kikokuryu

jenis ikan koi

Versi metalik dari ikan Kumonryu, karena kemiripan dari warna sisiknya, hanya saja ikan kikokuryu lebih unik yaitu kombinasi antara warna putih dengan warna hitamnya didalam satu baris.

Ikan Koi Kin Kikokuryu

jenis ikan koi

Kombinasi terbaru dari ikan koi jenis Kikokuryu, yakni dengan dukungan warna oranye atau kuning. Tanpa membuang warna khas hitam putihnya.

Shigure Ochiba

jenis ikan koi

Bila kita teliti lebih dekat ikan ini mempunyai kemiripan dengan ikan koi Saragoi pada bagian dasarnya, hanya saja terdapat penutup berupa warna oranye di sebagian tubuhnya.

Nama tersebut diambil dari kemiripan dari jelas namanya, yang berarti Daun musim gugur jatuh di atas air.

Ikan Koi Kujaku

jenis ikan koi

Pola dasar koi kujaku berupawarna putih namun terdapat tambahan variasi berupa jaring yang berwarna hitam, lalu dihiaskan dengan warna merah, kuning, atau oranye yang menutup diatasnya.

Ikan Koi Harikawe

jenis ikan koi

Warna dasar pada Harikawe berupa warna putih polos, warna putih tersebut lebih cerah dan sangat berbeda dengan jenis ikan koi lainnya. Selain itu, perbedaan dari Harikawe berupa warna merah atau oranye diatas warna dasar putih.

Tancho Kikusui

jenis ikan koi

Dalam secara jelas ikan ini mirip dengan jenis Harikawe tapi kenapa masih di bedakan ya?

Yups, ikan koi yang ini sama tapi merupakan jenis variasi dari ikan Kikusui yaitu Tancho Kikusui.

Nah, bagaimana cukup lengkap bukan? Silahkan tentukan ikan pilihan anda lalu jangan lupa sebelum itu tentukan juga seperti apa bentuk desain kolam ikan yang akan kalian gunakan.

Kami telah menyajikan kolam ikan minimalis yang mampu menyamankan pandangan mata, juga tidak merepotlan bagi pemilik silahkan Artikel sebelumnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.