Kenali Jenis Kenari dan Sejarahnya

Burung ocehan kecil nan indah kenari , tak mengurangi penggemar dari berbagai kalangan. Meski demikian, tahukan kamu sebagai penggemar burung cantik ini, ternyata banyak juga jenis kenari yang bercorak warna serta jenis kicauan merdunya.

Harga kenari juga lumayan meraup keuntungan, sehingga banyak peternak yang sukses membudidayakannya. Cara ternak kenari tak seribet dengan ternak burung lainnya, namun dengan kesabaran dan ketelitian dalam merawatnya maka tak jauh berda dengan meninfestasikan uang.

Bayangkan saja, harga jual kenari ditahun ini berkisar 100 – 200 rb, itu jenis lokal. Adapun yang import harga pasarnya bisa mencapai jutaan rupiah , serta tak kalah juga dengan kenari juara yang bisa mencapai harga beli mobil baru. Wouw..!!

Sejarah Burung Kenari

sejarah kenari

Tubuhnya yang indah tak hanya dari negeri ibu pertiwi kita ini, namun perlu ketahui bahwa jenis kenari dari mancanegara juga banyak hinggap di Indonesia, serta menjadikannya sebuah persilangan dari kenari YS x kenari lokal yang menjadikannya kenari F1.

Pada abad ke 15, tepatnya di kawasan pulau Canary bagian timur laut Afrika. Seorang pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout terpukau dengan keindahan burung kenari serta menyebar luaskannya ke beberapa benua seperti Amerika, Afrika luas,
Asia dan juga Australia.

Biar tidak menghilangkan sejarah, maka nama burung kenari diambil dari asalnya. Banyak juga yang berpendapat salah tentang burung kenari yang suka makan buah kenari, hehe.

Memang benar burung asal muasal hidupnya di alam bebas, mereka suka memakan biji-bijian, serangga, buah, daun, serat kayu dan sayur-sayuran. Namun dengan keberadaan hutan yang tak lagi ramah karena ulah keserakan manusia, burung-burung disangkarkan dengan baik. Serta tak heran banyak jenis kenari dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Macam Jenis Kenari dari Penjuru Dunia Lengkap

jenis kenari di Dunia

Burung Kenari atau Sanarinus Canaria juga termasuk dalam kelompok gelatik, karena suara kicauannya yang banyak digemari, tak heran bila kenari dijual keluar masuk Indonesia.

Burung ekspor kenari berdatangan dari berbagai daerah, seperti Belgia, Inggris, maupun Jerman. Tentunya kenari-kenari itu disilangkan dengan kenari liar yang ada dialam maupun ternak.

Nah, berikut ini kita sediakan beberapa jenis kenari dan sekaligus apa yang dihasilkan dengan menyilangkan dengan kenari lokal.

Kenari Yorkshire

Pecinta kenari pasti akan sangat terpukau dan dalam pandangan pertama akan klepek-klepek jatuh cinta. Dalam keseluruhan, kenari Yorkshire memiliki bentuk tubuh sempurna, dengan postur panjang 16 cm, juga memiliki kaki yang lumayan panjang dari pada kenari lokal. Selain itu, burung dengan sebutan kenari YS selalu berdiri tegak.

Dalam urusan harga kenari YS biasanya berkisar antara 2 juta sampai 6,5 juta rupiah. Dalam membudidayanya cukup mengerti dengan keadaan kenari, dibandingkan kenari lokal, burung ini cukup lincah.

Pakan yang paling disukai yakni biji-bijian tulang sotong, roti kering, tentunya buah dan sayuran yang banyak mengandung nutrisi dan Vitamin. Selain itu, dalam perawatannya perhatikan jugas dalam pemandian, penjemuran dan pemasterannya. Agar kenari Yorkshire kebal terhadap penyakit.

Kenari Norwich

 

Kenari Norwich memiliki ciri-ciri yang tak sama dengan kenari lainnya, keunggulkan utama dari kenari Inggris ini adalah fisik, lalu suara dan warna bulunya. Tak hanya terdapat kenari berjambul, namun ada juga jenis Norwich yang polos.

Ciri-Ciri kenari Norwich antara lain bentuk tubuhnya serba kebulatan, memiliki punggung lebar dan pendek, selain itu sayap, paruh, dan ekornya memiliki ukuran pendek. Warna kenari ini hanya ada 3 saja, putih, kuning, namun yang paling sering dijumpai adalah warna hijau, panjang tubuhnya tak lebih dari 16 cm.

Pakan yang paling digemari juga sama dengan kenari lainnya. Hanya saja, kenari ini sangat sulit di budidayakan dan juga rentan terkena penyakit. Meski memiliki bulu yang tebal, namun tak bisa bertahan dinginnya di Negara Indonesia. Untuk harga kenari Norwich berkisar antara 1 juta hingga 3 juta rupiah.

Kenari Border

Konon pada abad ke 17 kenari ini berevolusi di perbatasan Border yang teletak ditengah-tengah Negara Inggris dan Skotlandia. Lalu diresmikan dengan nama ilmiah Serinus Canaria Domesticus.

Kenari border memiliki bentuk tubuh unik dan khas, namun sepintas agak mirip dengan kenari lokal. Panjang kenari border cukup standar kurang lebih hanya 12 cm, dengan bentuk tubuh bulat. Warna kenari border tentunya banyak bervariasi putih, kuning, hijau, coklat akan tetapi banyak ditemukan berwarna kuning dengan variasi coklat di antara sayap dan ekornya.

Dalam pemeliharaan kenari border agar menjadi juara tak hanya cukup pakan, akan tetapi burung ini suka dikrodong juga dengan alunan masteran panjang agar bisa memikat hati juri saat lomba. Hrga jual kenari Border berkisar 600 rrb – 1 juta lebih.

Kenari Gloster

Kenari jambul selanjutnya merupakan kenari yang memiliki yang tak mudah sakit tapi, dengan tubuh kecil yang sekitar 11 cm sangat rentan stress. Dalam peternakan atau dalam budidaya, tak heran bila kenari Gloster memiliki tempat yang megah.

Ciri kenari gloster memiliki rambut yang lumayan lebat hingga menutupi wajahnya, mungkin sedikit mirip dengan kenari jambul Norwich. Dengan demikian, justru kita tahu bahwa asal muasalnya sama dengan Negara Inggris.

Kenari Roller

Kenari paling top dalam bernyanyi, memiliki nama julukan Harzers sesuai dengan nama asalnya yaitu Jerman. Lalu nama terbaru kenari Roller dijuluki dengan kegiatan sehari-harinya yakni pandai bernyanyi dan ngeroll panjang, tak asing bila kenari ini sering ikut dalam kontes kicau mania.

Dengan tubuh yang kecil, kenari Roller terdapat beberapa jenis dan ukuran namun rata-rata memiliki panjang 7,5 cm. Layaknya manusia yang memiliki suara bagus biasanya mempunyai tembolok besar, akan tetapi kenari roller terdapat bulu yang menyerupai jenggot di dagunya.

Kenari Crest

Burung kenari dengan jambul ini memiliki karakteristik pemalu, jadi tidak juga merepotkan jika pemilik mengurungnya dengan kandang sempit namun tak terlalu sempit juga sih. Asal muasal telah ditemukan penyebarannya pada tahun 1950 tepatnya di Scotlandia, lalu di sebarluaskan ke penjuru negeri dengan nama King Of The Fancy.

Jambul yang dimiliki sedikit berbeda burung kenari lainnya, jambul bulat merupakan mahkota terbaik yang dia miliki, jadi meski saat rontok tak akan mempengaruhi mahkota. Adapun karakteristik lainnya ialah badan yang gemuk dan bidang, untuk ukuran panjang tubuhnya kira-kira 12 cm.

Kenari Frill

Terkenalnya kenari Frill pada abad ke 18 yang disebarkan dari Negara Belanda, jadi tak asing lagi bagi penggemar kenari banyak yang mengagumi kenari unik ini. Terdapat 3 jenis dari variasi bulu kenari Frill, diantaranya ada Jabot, Fin, dan Mantel.

  • Ciri fisik kenari Jabot terdapat bulu bulat dibagian dadanya.
  • Lalu ciri Fin memiliki bulu lebih disekitar paha hingga sayap.
  • Adapun Kenari Kenari Frill Mantel terletak pada punggung memiliki bulu unik.

Kenari Belgia/Scotch Fancy Canary

Bentuk tubuh burung kenari Belgia seperti bulan sabit dan termasuk kenari paling panjang, kepalanya lonjong seperti ular dan sepintas awam menilainya dengan kenari cacat karena lututnya jarang sekali tertekuk,

Konon katanya pada perang kedua kenari Scotch Fancy dikabarkan hampir punah, namun isu tersebut dipatahkan oleh beberapa tahun kemudian yang saat ini sangat terkenal di Amerika, Inggris, Belgia, Belanda dan di penjuru dunia tak luput di tanah air Indonesia.

Maka tak heran jika kenari jenis ini memiliki harga jual sangat lumayan, berbandrol diatas 1 juta rupiah. Cara menemukan kenari Belgia lumayan mudah karena banyak juga peternak kenari yang membudidayakannya, coba saja cari informasi dalam Internet.

Kenari Afs, Kenari AF, Kenari f1, dan serinya

Kenari Af dan kenari-kenari yang banyak kita kenal diIndonesia adalah hasil persilangan dari kenari YS juga dengan kenari seri lainnya, contoh juga memiliki ukuran tubuh jumbo. Sehingga menjadikan keturunan super, lebih jelasnya bisa kamu temukan info digrub facebook atapun dari peternak langsung, pasti mereka sangat mahir dengan hal ini.

Yups, mari kita selamatkan alam dan lingkungan dengan cara menjaga ekosistem hutan atau membuat sebuah tempat seperti kandang Aviary yang menyerupai hutan lindung buatan sendiri.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.