Jenis Jenis Makanan Burung Kicau Terbaik Disekitar Anda

Kembali kita ulas mengenai seputar unggas khususnya burung yang mana tak semua burung membutuhkan protein dan asupan gizi yang setara, maka dari itu mari kita kenali berbagai jenis makanan burung dari herbivora (pemakan buah/tanaman), karnifora (pemakan daging), dan juga omnivora (pemakan segalanya).

Pada dasarnya makanan burung telah sedikit terlihat dari bentuk dan ciri fisik pada burung tersebut. Contoh sederhananya saja adalah burung elang merupakan burung pemakan daging, jika kita perhatikan dari ciri fisik tubuhnya elang memiliki persiapan matang untuk menghadapi mangsanya yakni memiliki tubuh gagah, paruh kuat, sayap lebar, kaki berotot dan cakar yang memiliki cengkraman paling tajam dari jenis burung apapun.

Nah, lalu bagaimana dengan pakan burung kicau? Burung kicau itu sangat tergantung pada perawatan yang kita sediakan, artinya burung tersebut akan memiliki suara yang indah sesuai dengan apa yang ia makan. Maka tak jarang pecinta burung sangat memperhatikan pola makan burung mereka dari pada pola hidup mereka hehe..

Burung pemakan bijian memiliki ciri fisik paruh lebih pendek, kuat, lalu pada ujung paruh biasanya agak bengkok, paruh bagian atas agak sedikit lebih panjang dari pada paruh bagian bawah. Tapi juga banyak bentuk paruh yang memiliki panjang paruh sama yakni berbentuk kerucut, sesuai kegunaan untuk mematuk dan mengupas buah, kulit biji dan kegunaan lainnya.

Menurut para ilmuan dari hasil riset mereka mengungkapkan bahwa burung kicau hanya memakan dari 2 jenis kategori, yaitu jenis makanan hewani dan makanan dari nabati.

Makanan Burung dari Nabati

Jenis Makanan Burung

Buah dan sayur sangat penting diberikan pada manusia dan burungnya, maka pilihlah buah, sayur sekaligus bijinya, untuk dijadikan santapan nutrisi agar burung kita makin gacor. Nah, berikut makanan burung alami yang perlu dikonsumsi.

Buah-Buahan

Jenis Makanan Burung

Buah-buahan adalah salah satu makanan pokok manusia, dari penelitian mengutarakan “sebaiknya buah yang diberikan pada burung berkicau adalah buah yang matang dengan sendirinya bukan buah yang matang karena ulah karbit”. Biasanya buah yang sering digunakan dan memiliki banyak asupan gizi adalah buah pepaya dan Pisang Kepok.

Tapi jenis buah-buahan lain juga dapat dimanfaatkan seperti buah kersen, salam, buah palem, beringin dan juga buah burni.

Biji-Bijian

Biji yang dimaksud adalah sebagai pakan burung, *bukan burung yang memiliki biji -_-.. Nah, biji-bijian yang dibuat pakan burung adalah biji yang berasal dari tanaman. makanan burung dari biji ini terbagi 2, yaitu:

  • Biji Kasar dari Jagung kering, gabah, kacang hijau, beras merah, burung kicau yang memakan ini seperti Burung puter, Burung tekukur, dan juga Ayam hutan, *lho.. ayam hutan emang burung kicau?
  • Biji Halus yang digunakan adalah milet, jewarut, kenari biji, beras ketan hitam. Biasanya burung yang dikasih biji tersebut adalah burung perkutut dan juga lovebird.

Sayuran

Pada dasarnya burung juga butuh pakan sayur juga, selain itu sayur sangat banyak mengandung air dan sekaligus memenuhi protein yang dibutuhkan, sayuran sendiri juga banyak peminat makanan ini, seperti kakak tua, dan juga burung kenari.

Sayur yang digunakan seperti wortel, sawi putih, oyong, toge, dan kangkung.

Makanan Burung dari Hewani

Makanan hewani adalah pakan burung kicau yang terdiri dari hewan kecil atau serangga yang menurut penelitian lebih kecil dari pada burungnya. Lalu berikut ini telah kita rangkum makanan dari hewani yang bagus dikonsumsi oleh burung kicau gacor.

Ulat Hongkong, Ulkat Kandang, Ulat Bambu

Sebagai ulat yang dari Hongkong, ulat hongkong adalah santapan yang pas buat burung kicau, karena banyak peneliti yang menjadikan ulat hongkong sebagai pakan burung kicau dalam perlombaan. Ulat hongkong dibagi menjadi 3 sebutan nama yakni ulat Hongkong, ulat kandang, dan juga ada yang menyebutnya ulat jerman. *Entah dari mana ulat-ulat itu berasal tapi banyak yang bilang ulat itu dari kandang, dan juga ada yang bilang kalau ulat itu adalah Ulat Kandang, Wouw Amazing bukan?!

Jangkrik Pakan Ternak

Jangkrik sampai saat ini menjadi unggulan kicau mania, karena didalam kandungan jangkrik membuat burung kicau semakin terbahak-bahak setelah memakannya. Jenis jangkrik apapun semua sama-sama menguntungkan para pemakan dan membuat nada suara burung lebih lantang serta merdu.

Kunjungi : Jual Jangkrik Pakan Ternak 083852991948

Kroto

Kroto merupakan sebuah larva yang disukai dan berperan penting bagi burung kicau seperti burung beo, burung jalak, burung kutilang, dan burung memakan serangga lainnya.

Pada zaman kakek saya hingga sekarang kroto menempati posisi terbaik menjadi pakan burung kicau, tapi sayangnya kroto sudah semakin sedikit ditemukan dialam liar karena faktor penebangan dan perbaikan jalan atau semacamnya.

Tapi tenang! Untuk pembelian bibit kroto dan krotonya sekarang syudah banyak yang membudidayakan hanya didalam rumah. Cepat hubungi Penjual bibit kroto 087826532855 bisa kirim keseluruh Indonesia.

Oke kembali ke materi! Namun kroto juga terdiri dari berbagai jenis yakni sebagai berikut:

Kroto Basah

Kroto basah adalah larva atau bibit kroto yang masih terbungkus dalam konsep telur dan biasanya berwarna putih. Kroto jenis ini banyak sekali mengandung protein dan juga zat air, karena telur kroto ini memiliki kandungan banyak sekali air, maka cepat sekali mudah membusuk, maksimal jika diawetkan kroto basah hanya bisa bertahan hingga 3 hari (tergantung packing). Kroto basah merupakan jenis kroto yang paling disukai oleh burung kicau manapun.

Kroto bisa anda akali dengan cara dibungkus dengan kertas kasar lalu dimasukan kedalam pendingin tapi dengan suhu tertentu, cara ini lumayan ampunh namun hanya bisa bertahan 3 hari.

Kroto Kering

Kroto kering adalah larva semut rang rang yang sengaja dipanen untuk dikeringkan caranya ialah

  • Cara memisahkan kroto dengan semut yang masih tersisa dengan cara menaruhnya pada handuk kering.
  • Kemudian setelah semutnya terpisah, sekarang tuangkan ke koran kering.
  • Dan jangan lupa untuk mentaburi voer ayam yang telah dihaluskan agar tidak lengket.
  • Setelah itu atur tumpukan dengan ketebalan max 1 cm
  • Kroto sudah siap ditaruh didalam kulkas (bagian chiller) tanpa penutup diatasnya.

Kroto Kacang

Kroto kacang adalah sebuah sebutan kicau mania yakni dengan cara meracik sendiri.

Bahan pembuatan Kroto Kacang:

  • Kroto indukan semut dan semut jantan.
  • Semut pekerja yang berukuran standart seperti yang kita temui di pohon-pohon.
  • Kroto/Larva yang masih berbentuk telur atau calon bayi rang rang.
  • Biji-bijian bisa berupa kacang, jagung, beras klaten.

Cara pembuatan yakni mencampurkan keempat bahan tersebut kedalam 1 wadah dan langsung diberikan pada burung kicau. Tapi untuk resep ini adalah resep yang memiliki lemak lumayan tinggi sekitar 17,07% cocok bagi ayam bangkok ya…

Cacing

Jenis Makanan Burung

Cacing biasanya digunakan sebagai pakan ternak ikan atau bebek, tapi setelah perkembangan zaman cacing sekarang juga dibajak menjadi pakan burung. Itu karena banyak yang bilang cacing memiliki protein 72% dengan kategori protein murni. Dan juga bagus untuk dikasih pada burung kicau. Burung yang suka pada cacing adalah burung anis merah (AM) dan Anis Kembang (AK).

  • Cacing kristal atau cacing merah (lumbricus labbelus)
  • Cacing bayam (eisenia sp)
  • Cacing tanah (lumbricus terestris)
  • Cacing fosfor (lumbricus sp)

Nah, pada dasarnya kita harus memilih jenis yang cocok dan terbaik untuk burung kesayangan kita, adapun pakan yang harganya lebih mahal hingga jutaan rupiah, kalau burung tidak suka dan membuat ambisi berlebihan maka itu tidak baik.

Pilihlah makan yang bergizi, berprotein, 5 sehat sempurna, serta mengandung zat besi walaupun tidak ada besinya. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa sholat 5 waktu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.