Kolam Ikan Minimalis Untuk Ikan Arwana Dan Ikan Air Tawar

Carakus.comDesain Kolam Ikan Minimalis. Hello Gan! Gimana kabarnya? Semoga kita baik-baik saja ya. Terbayang gak! Jika kita memiliki kolam ikan di rumah sendiri dengan desain minimalis tentu sangat menarik bukan? Lalu membuat semua orang terkagum melihat keindahannya. Wouw!

Terlebih bagi kita yang suka memelihara binatang jenis ikan, contoh saja bagi kita yang ingin memiliki Jenis Ikan koi, tentu yang kita fikirkan adalah dimana kita akan meletakannya. Jika jawabannya adalah akuarium maka, apakah tidak ingin tampil beda dengan memelihara ikan tanpa akuarium?

Dalam artian tidak hanya ingin memiliki akuarium saja toh! Masak gak ada niatan untuk membuat kolam ikan sendiri, didalam rumah atau sekitar emperan rumah gitu!

Jujur, saya sendiri sudah dari kecil sangat senang membayangkan apabila di rumah terdapat kolam meskipun itu tak sebesar kolam yang ada di sebelah (empang)!

Oke! Untuk memulai pembuatan kolam minimalis mari kita ketahui mana yang cocok dengan ruangan rumah kita yang akan di alokasikan serta dijadikan kolam ikan.

Tak harus memerlukan banyak tempat tuk dijadikan kolam, karena tempat yang begitu sempit pun akan sangat memanjakan mata kita. Mari kita pilah lalu pilih berikut contoh desain kolam ikan minimalis yang bikin baper ingin memilikinya di rumah kita.

Ruangan Tengah Lukber

Kolam ikan minimalis

Bagi anda yang sering betah di ruang tamu, dan selalu ingin dekat lagi dengan ikan-ikan anda, maka sangat cocok untuk memiliki desain kolam yang seperti ini.

Yups, kolam ini di bangun tepat di tengah ruang tamu atau ruang utama para keluarga, serta didesain dengan kaca tembus pandang, agar orang yang ada di dalam ruangan itu bisa melihat pemandangan tersebut.

Tak di elakan lagi kolam ini sangat mengundang banyak tamu yang selalu ingin berkunjung ke rumah anda atau lebih tepatnya sangat betah untuk selalu menetap di ruangan tamu anda, hihihi.

Kolam Ikan Minimalis Teras Belakang

Kolam ikan minimalis

Kolam ini tidak begitu mewah. Namun kelebihannya terdapat pada kesederhanaannya. Tanpa polesan atau sangat natural, yang menariknya kolam ini terdapat barisan kayu rapi yang berjejer di pinggir kolam.

Penempatan di belakang rumah atau bisa di dekat jemuran di lantai atas maupun di teras belakang rumah sama saja.

Tapi terdapat nilai tambahan jika kita buat di lantai atas lalu dialasi kaca, sehingga pemandangan dari bawah akan sangat menarik sekali. Hanya saja perawwatan kolam seperti ini cepat kotor dan sangat melelahkan tukang pembersihkan kolam.

Kolam Ikan Minimalis Dimana Saja

Kolam ikan minimalis

Ini nih, yang saya ajukan bagi kita yang tidak memiliki banyak ruang! Karena bisa dipraktekan sendiri di dalam rumah maupun di sekitar rumah sendiri.

Meski kelihatannya sangat mudah dikerjakan hal ini agak sulit lho, untuk dipraktekkan serta cara pembuatannya tapi untungnya kolam ini tidak terlalu memakan banyak biaya.

Cukup sediakan lahan 2×1 meter saja sudah bisa kita jadikan semaksimal mungkin! Oh ya, tambahan dari kaca itu bisa dikira-kira sendiri agar tidak terlalu banyak memakan biaya, juga sebagaimana ikan-ikan kalian betah.

Note:

Tidak butuh kedalaman yang serius dalam pembuatan kolam, karena terdapat ikan yang suka di dalam air dan tidak ingin menampakkan diri. Jadi tidak usah menggali lokasi yang akan di jadikan kolam!

Kolam Lekuk Minimalis

Kolam ikan Minimalis

Kolam yang satu ini adalah kolam yang sama juga kreatif. Desainnya agak sama dengan yang di atas hanya saja kolam ini lebih memiliki kreatif yang lebih unggul dari pada kolam no.2 diatas.

Besar ruang juga ikut berpengaruh dalam proses pembuatan kolam, jadi lebih baik di buatkan di belakang rumah juga, hehe.

Saya usulkan agar kolam ini tidak dibuat didekat atau sekitar depan pintu utama, karena jika ada tamu yang membawa anak-anak mereka, dikhawatirkan terjadi hal yang tak diharapkan. Buatlah agak jauh dari pintu dan dibatasi pagar untuk antisipasi.

Desain Kolam Minimalis Batu Pualam

Kolam Ikan Minimalis

Selalu menjadi trending konsep saat kolam batu alam ini dikenal. Kolam yang di desain dengan memadukan gaya minimalis namun sangat menarik ketika desain kotaknya terlihat hitam berkilau jelas.

Terlebih lagi dengan lampu warna di dalam air, tapi berhati-hatilah karena listrik dan air akan sangat sensitif. Serta varian penempatan kolam ini biasanya diletakkan pada pojok ruangan atau bisa juga ditempatkan pada tengah ruangan.

Note:

Pembersihan Kolam juga harus rutin ya, bayangkan saja rumah yang kita tempati kotor dan berlumut mungkin itu yang dirasakan oleh para ikan yang lingkungan hidupnya tergenang limbah.

Pembersihan kolam itu terdapat juga karena berbagai faktor yang salah satunya adalah makanan para ikan, Mau tau? Bagaimana cara memilih pakan Ikan yang benar silahkan kunjungi artikel sebelumnya.

Kolam Ikan Ruangan Tengah

Kolam ikan Minimalis

Ini nih kolam ikan idaman saya, dari segi bentuk dan tata letaknya yang bikin orang tertarik memilikinya. Serta pepohonan yang terawat juga tidak akan memberi kebosanan untuk pemiliki, jadi pilihlah pohon yang sekiranya tidak cepat rusuh! Dalam artian tidak cepat menyampah, dan membuat kolam mungil di ruangan itu seperti rimba.

Untuk air mancur yang ada di tengah kolam itu bisa di variasikan sendiri ya! Hal itu tidak wajib karena ada atau tidak adanya pancoran tersebut, kolam akan masih sangat mapan. Asal air terjun yang ada di pojok kolam masih tertata seperti itu.

“Tidak harus sama! Berkreasilah dengan imajinasi yang kalian miliki”

Kolam Ikan Desain Kotak

Kolam ikan Minimalis

Sangat, Sangat simple dan kreatif! Desain yang begitu sempurna bila terdapat tempat longgar di rumah kalian yang memang dikhususkan untuk membuat kolam ikan. Tidak butuh tempat luas tuk mendapatkan kolam ini, hanya dibutuhkan kotak yang kolam mini, dan bisa menampung ikan di dalamnya.

Nah, untuk kendi serta meja kendi ditengah kolam itu sangat mudah didapatkan, bisa kalian membelinya ditempat penjual bunga, sekaligus dengan tambahan batu, dan tanaman minimalis untuk menciptakan keharmonisan dalam pandangan keluarga.

Kolam Ikan Minimalis Desain Natural

Kolam ikan Minimalis

Khusus kolam mini berikutnya saya tidak terlalu tertarik dalam perawatannya.

Namun dengan desain naturalnya bisa saja saya berubah pikiran untuk membangun di depan rumah saya, atau apabila di sekitar rumah kita terdapat taman di belakang maupun di depan. Kolam buatan ini cocok diletakkan disana.

Kolam Ikan Minimalis Struktural

Kolam ikan Minimalis

Mengikuti prosedur yang ada kolam ini terletak di samping rumah. Tapi bisa saja tidak seperti itu, karena kreatif itu hak pemilik hati. Yups, bagian mana yang paling kalian ingin di tempati sebagai kolam ikan disitulah tepat terbangunnya istana ikan kesukaan anda.

Dilihat-lihat kolam ini agak membutuhkan beberapa meter tempat ya kang! Jadi sesuai dengan keinginan kita akan berbentuk seperti apa desain yang cocok, tapi yang pasti rutin perawatannya demi menjaga keindahan rumah kita sendiri.

Kolam Minimalis Dekat Kamar Mandi

Kolam ikan Minimalis

Ukuran kolam ikan ini bisa kita padukan di sekitar kamar mandi belakang rumah, karena kolam minimalis ini tidak begitu memakan banyak tempat seperti kolam yang di atas.

Pada gambar diatas kola ini berletakan dekat dengan tangga, jika hal tersebut ditirukan oleh kalian, maka bersiaplah untuk rutin membersihkan air yang terciprat oleh liarnya ikan kesayangan anda.

Waspada itu penting bro..!

Kolam Ikan Minimalis Setengah Meter

Kolam ikan Minimalis

Sepertinya anda akan berminat kolam yang satu ini karena selain kolam ini sangat simpel dan sederhana, kolam minimalis sangat instan. Nah, rumah ikan yang satu ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin memikir begitu keras. Cukup tentukan saja tempat yang cocok untuk di jadikan hiasan percantik rumah anda.

Kolam Ikan Ala Korea

Kolam ikan Minimalis

Sebenarnya bentuk dari kolam sangat sederhana, tapi yang membuat berbeda adalah suasana kolam yang sunyi dan klasik membuat terasa seperti berada di penginapan Korea. Tidak usah jauh-jauh kesana karena kita bisa membuatnya sendiri di area rumah kita.

Yups, suasana seperti ini merupakan sebuah tempat romantis untuk di jadikan tempat keluarga, terutama saat makan malam, atau tempat kencan bagi yang punya pasangan hehe.

Jika yang kalian pikirkan adalah bagaimana memiliki kolam yang persis sama seperti gambar, maka yang terjadi adalah kolam tersebut akan banyak memakan biaya, tapi bila memikirkan bagaimana cara meniru agar kolam tampak seperti diatas mungkin biayanya tidak akan terlalu.

“Modal pohon aja kok masih mikir-mikir”

Kolam Ikan Minimalis Di Ruang Khusus

Kolam ikan Minimalis

Dinamakan kolam minimalis di Ruang Khusus karena memang kolam ini memerlukan ruangan khusus, tapi juga bisa berubah dengan iringan pemikiran bagaimna kita menyesuaikan dengan tempat yang disediakan oleh pemilik rumah.

Oh ya, satu lagi, yaitu untuk batu pemisahnya bisa dengan membuat secara terpisah saja ya. Dengan cara step by step and one by one.

Kolam Ikan Minimalis Modern

Kolam ikan Minimalis

Dari penataan batu kramiknya sih, oke oke saja! Tapi yang membuat merinding adalah batu yang menjadi pijakan atau jemabatannya karena tidak selalu batu itu kuat jadi, untuk jembatan bisa kita mengunakan benda lain seperti kayu, bambu atau jembatan dari besi.

Kolam ini tidak cocok untuk di depan rumah ya, meski sangat menarik tapi mudhorot dari kolam ini juga sangat banyak lho,, yaitu kepleset! Dan nyemplung di kolam ikan.

Yups, begitulah kiranya yang bisa saya sampaikan semoga menjadi inspirasi bagi kita semua.

Note:

Saran dari saya sendiri adalah dimohon untuk kolam diatas tidak usah ditambahkan patung atau benda-benda yang kiranya membuat kerugian dalam rohani.

“Rumah yang terdapat patung didalamnya tidak didatangi Malaikat Rahmat, tapi Malaikat Maut masih bisa”

Bila hati kita senang maka ikut kebahagiaan pun selalu ada di keseharian kita, maksudnya tidak adanya keterpaksaan dalam hidup ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.