Kumpulan Niat Puasa Wajib & Sunnah Beserta Fadilahnya

Carakus  Kumpulan Niat Puasa Senin Kamis. Berpuasa bagi umat Islam merupakan sebuah kewajiban dan kenikmatan yang sangat istimewa, bukti nyata saja banyak orang yang senang melakukannya. Puasa banyak berbagai macam tergantung dengan waktunya sama halnya niat puasa senin kamis dan puasa lainnya.

Nah, dalam kali ini kita akan membahas lengkap bermacam niat puasa dari niat puasa senin kamis, puasa ramadhan, puasa rajab, puasa arafah, Idul adha, serta berbagai macam niat puasa lainnya. Dengan tambahan cara pembacaan dalam bahasa arab, latin, akan saya sajikan lengkap dengan artinya.

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: “Setiap amal tergantung pada niat. Seseorang hanya mendapat apa yang ia niatkan”(HR. Bukhari)

Niat Puasa Senin Kamis

Puasa yang bisa diamalkan dalam kehidupan kita sebagai yang juga di amalkan oleh para nabi dan rosul yakni niat puasa senin kamis. Tentu dari cerminan tersebut sangat banyak khasiat serta manfaatnya dari puasa tersebut. Lalu bagaimana niatnya?

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA”

Artinya: “Saya berniat puasa hari senin, sunnah karena Allah Ta’ala”

Serta niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA”

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunnah karena Allah Ta’ala”

Seperti itulah niat puasa senin kamis, adapun trik mudah menghafal bagi pemula ialah dengan cara  membacanya berulang-ulang serta jika terlalu sulit bisa menulisnya terlebih dahulu.

Niat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim, hal itu tertera di Rukun Islam yang 5 yakni, Berpuasa dan mengendalikan hawa nafsu disaat bulan puasa (Ramadhan).

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN ADAA-I FARDHISY SYAHRI ROMADHOONA HADZIHIS SANATI LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: “Saya niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Tapi dalam madzhab Imam Hambali berfatwa “Barang siapa yang terbesit dalam hatinya bahwa besok akan berpuasa, maka hal itu sudah dianggap sebagai rukun niat puasa ramadhan.

Niat Puasa Qadha

Setiap manusia pasti terdapat kesalahan dan tidak luput dengan kekhilafan. Sama halnya dengan berpuasa, pasti setiap tahunnya masih ada saja masih dari kita yang enggan melaksanakan puasa. Tentunya dengan alasan yang bijak pula, seperti mengalami kecelakaan yang harus menggugurkan keutamaan berpuasa, wanita haid, dan lain sebagainya.

Adapun niat yang bisa di kerjakan untuk mengganti puasa seperti berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA”

Artinya: “Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala”

Mengganti puasa itu hukumnya wajib lho! Maka tunaikan kewajiban tersebut. Dan salah satunya syarat menunaikan puasa Ramadhan adalah mengganti sebelum bulan puasa selanjutnya tiba.

Adapun dengan orang yang tidak menunaikannya dengan sengaja maka mereka sudah melanggar perintah ALLAH dan hukuman yang setimpal ialah api neraka baginya.

Niat Puasa Bulan Rajab

Kumpulan Niat Puasa Wajib & Sunnah Beserta Fadilahnya

Terdapat bulan yang memiliki keistimewaan dari baginda Nabi Muhammad S.A.W. yang salah satunya adalah bulan Rajab juga memiliki julukan Bulan Haram karena di bulan ini larangan-larangan atau pekerjaan yang batil di haramkan bagi ALLAH S.W.T.

Bulan Rajab sebuah bulan yang mulia Nabi Muhammad pun menganjurkan dan mengutamakan kita untuk berpuasa di bulan ini. Adapun Niatnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA”

 Artinya: “Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Idul Adha/Dzdulhijjah

Seperti yang kita ketahui bahwa disunnahkan untuk puasa pada saat tanggal 1 hingga tanggal 10 yakni di bulan Dzulhijjah. Tapi biasanya waktu pelaksanaannya yang tepat dikerjakan pada tanggal 1 sampai tanggal 9 dzulhijjah.

Puasa pada awal bulan Dzulhijjah itu yang diutamakan dalam ajaran Islam ialah pada tanggal 8 yang disebut dengan Puasa Tarwiyah, lalu dilanjutkan keesokan harinya puasa Arafah pada tanggal 9 dzulhijjah. Adapun niatnya, seperti dibawah ini:

Niat Puasa Dzulhijjah (Tanggal 1 – 7)

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Tarwiyah (Tanggal 8)

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: “Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Arafah (Tanggal 9)

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”

 Artinya: “Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala”

Nabi Muhammad S.A.W sangat memuliakan puasa sunnah Tarwiyah dan Puasa Arofah tersebut, hal itu tidak lain berdasarkan hadist Rasulullah yang berbunyi:

“Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR. Bukhari)”

Niat Puasa Nazar

Kumpulan Niat Puasa Wajib & Sunnah Beserta Fadilahnya

Mungkin kita jarang mengetahui adanya kewajiban seseorang yang harus menepati janjinya kepada roobnya yakni “puasa Nazar”, kata Nazar sendiri menurut bahasa berarti “janji”. Puasa ini diperoleh seseorang yang berjanji karena harapan yang diminta oleh ALLAH SWT sudah dikabulkan.

Contoh: “Jika proposal saya diapprove sama dosen maka saya akan berpuasa 41 hari”. Maka saya yang telah berikrar seperti itu, haruslah menepati janji dengan berpuasa selama 41 hari. Adapun Niat berpuasa nazar.

نويت صوم النذرلله تعلى

Kalau susah baca silahkan anda baca puasa Nazar latinnya ini: “NAWAITU SHAUMA NADZRI LILLAHI TA’ALA”

Artinya: “Saya niat puasa nazar karena allah ta’aala”

Niat Puasa Daud

Puasa Daud sangat diimpikan oleh kebanyakan orang, itu karena banyak fadilah beserta keutamaan dari puasa ini. Hanya saja karena terdapat beberapa faktor yang bisa memutuskan istiqomah seseorang untuk mengerjakan puasa daud.

Tidak banyak berbeda dari puasa daud dengan puasa lainnya, namun terdapat perbedaan waktu khusus yang telah ditetapkan dalam mengerjakannya. Itu dijelaskan dalam hadist nabi beliau bersabda:

فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)

Para ulama berfatwa orang yang sedang mengerjakan puasa daud hendaknya meninggalkan puasa senin dan kamis, adapun jika bertepatan pada salah satu hari tersebut maka sunnah dan fadilah dari puasa hari senin/kamis juga didapatkannya.

Niat Puasa Putih

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.