Jenis Lapisan Atmosfer Beserta Pengertian dan Fungsinya

Carakus Jenis Lapisan Atmosfer. Gas yang menyelimuti luar bumi dimanakan atmosfer dan letaknya berada di permukaan bumi dengan ketinggian 800 KM diatasnya. Dari hasil penelitian dan study para antariksawan mengumumkan bahwa Lapisan Atmosfer ini seiring berjalannya waktu semakin menjauh dari permukaan bumi, karena terjadi transisi yang menipis antara lapisan 1 ke lapisan selanjutnya.

Atmosfer yang hanya terdiri dari urutan gas semakin berkurang hal itu karena banyak pengaruh globalisasi dan kejadian alam tersebut tidak lain karena pengaruh para manusia sendiri seperti proses ionisasi, banyaknya muatan listrik yang meraja lela, serta kaca pada rumah dan menyebabkan efek rumah berkaca.

Pengertian Atmosfer

lapisan atmosfer

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa atmosfer hanyalah sekumpulan gas yang berlapis-lapis dengan jenis yang berbeda pula. Pendapat terkemuka menyatakan bahwa atmosfer merupakan sebuah pelindung dari planet bumi.

Apakah Bumi Diserang oleh Planet Lain?

Yup’s jawabannya tidak! Karena manusia tidak memiliki musuh antar planet. Adapun mitos tentang adanya alien sampai sekarang masih menjadi misteri karena meski ada yang namanya alien. Toh, mereka tidak pernah menyerang bumi, jadi kesimpulannya bumi tidak terserang oleh alien.

Lalu Siapakah yang Menyerang Bumi?

Disebut sebagai pelindung bumi karena diluar angkasa tidak terdapat gravitasi seperti bumi yang kita pijak ini. Sedangkan diluar sana, banyak sekali benda-benda langit yang beterbangan tak tentu arah seperti meteor, planet, satelit, bintang, nebula, galaksi, asteroid, meteoroid, Sistem keplanetan, Komet, Debu antariksa, Gugus galaksi, Lubang hitam, Supergugus, dll.

Sehingga bisa saja para benda yang tidak punya fikiran itu menabrak bumi. Lalu yang kita maksud menjadi atmosfer pelindung ialah untuk menjaga bumi dari benturan benda-benda jahat tersebut.

Fungsi Lapisan Atmosfer

Fungsi dari atmosfer sendiri sangat berguna bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi terutama bagi bumi itu sendiri. Nah! Pertanyaannya, apakah kalian masih percaya dengan adanya alien?

Fungsi yang telah kita bahas di atas merupakan salah satu fungsi dari atmosfer, sekarang kita bahas fungsi lain dari gas tersebut. Gas yang disebut dengan atmosfer itu berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu, cuaca, serta tekanan udara yang ada di ruang lingkup bumi.

Manusia yang tidak pernah memikirkan masa depan, tidak tahu menahu tentang rusaknya atmosfer kali ini, sehingga terjadilah pemanasan global di era mendatang nanti. Mungkin tidak usah menunggu nanti karena kita sekarang sudah sedikit merasakan panasnya keadaan bumi kali ini jika dibandingkan dengan 15 tahun silam.

Para peneliti lingkungan hidup menyampaikan kejanggalan yang mengejutkan bahwa lapisan ozon kini sudah berlubang sebesar benua Amerika. Hal itu terjadi karena pencemaran udara, sehingga banyaknya gas CFC (chioro-fluoro-carbon) yang berada di udara. Gas CFC tersebut mengepung dalam jumlah besar dia atas atmosfir dan didukung dengan pantulan cahaya yang disebabkan oleh pantulan rumah kaca.

Jenis-Jenis Lapisan Atmosfer

lapisan atmosfer

Gas yang berlapis-lapis tersebut mengumpul dan menjadi sebuah nama atmosfer, adapun macam-macam gas tersebut adalah sebagai berikut:

Lapisan Troposfer

Kita mulai dari lapiasan atmosfer terdekat dengan bumi yaitu lapisan Troposfer yang memiliki jarak 0 hingga 12 Km dari permukaan bumi. Lapisan atmosfer paling rendah ini yang paling menjaga saat Indonesia mengalami ke tidak stabilan.

Seperti contohnya: Terjadi fenomena Alam yang ada, seperti angin badai, hujan halilintar,  kabut awan tebal, dan interaksi manusia sendiri juga berurusan Lapisan atmosfer ini, seperti aktivitas pesawat terbang.

  • Sub Lapisan Troposfer:
  1. Lapisan planet air yang berada di jarak 0 sampai 1 kilo meter dengan permukaan bumi
  2. Lapisan konveksi yang berada di jarak 1 sampai 8 kilo meter dengan permukaan bumi
  3. Lapisan tropopause yang berada pada ketinggian 8 sampai 12 kilo meter dari permukaan bumi.

Lapisan Stratosfer

Lapisan ini berada di atas lapisan troposfer dengan ketinggian 12 hingga 60 Km dari permukaan bumi. Pada bagian inilah lapisan ozon terletak, lapisan ozon yang beredar bolong itu terjadi karena terdapat beberapa struktur seperti Pencemaran udara yang didukung dengan efek rumah kaca serta bahaya radiasi sinar ultraviolet

  • Sub Lapisan Stratosfer:
  1. Lapisan isotherm
  2. Lapisan panas
  3. Lapisan campuran teratas

Lapisan Mesosfer

Lapisan di atasnya yaitu lapisan Mesosfer, letak lapisan mesosfer berada di ketinggian 60 sampai 80 Km dari permukaan bumi. Dengan ketinggian yang begitu tinggi tentunya sudah memiliki cuaca yang beda juga dari permukaan bumi yakni antara -5o° C sampai dengan 7o° C. Wouw! Sangat dingin bukan?

Fungsi dari lapisan atmosfer berguna untuk menyelamatkan bumi dari serangan para meteor tidak berakal tersebut. Cara kerjanya yaitu dengan membakar hangus para meteor yang datang sampai menjadi abu sebelum mendarat ke permukaan bumi.

Lapisan Termosfer

lapisan atmosfer

Lapisan atmosfer berikutnya Lebih jauh lagi dari permukaan bumi, dengan nama lapisan termosfer. Letaknya sekitar 80 Km sampai 100 Km.

Apakah kamu pernah melihat Aurora? Kalau aku sih yes! Sudah pernah melihatnya!

Aurora yang indah tersebut letaknya berada disini jadi, kamu yang ingin melihatnya langsung saja datang ke lapisan Termosfer. Atau kalian bisa langsung melihatnya dari kutub utara dan juga bisa melihatnya dari kutub selatan.

Proses terjadinya aurora berbagai reaksi yang menyebabkan penambahan dan pengurangan jumlah elektron lalu menghasilkan cahaya berwarna warni di angkasa. Bisa juga dibilang agak sama dengan proses terjadinya pelangi.

Suhu dan tekanan temperature pada lapisan Termosfer berada di atas 40⁰ C sampai dengan 1.232⁰ C. Sangat dingin sekali saat berada disana sehingga cocok untuk dijadikan tujuan berbulan madu dengan pasangan barumu.

Lapisan Ionosfer

lapisan atmosfer

Lapisan ionosfer ialah salah satu macam lapisan atmosfer yang memiliki ketinggian 100 Km hingga 800 Km dari permukaan bumi. Lapisan ini terkenal dengan lapisan yang banyak sekali ionisasi.

Pada lapisan inilah semua atom dan molrkul udara yang ada mengalami proses ionissasi. Itulah mengapa lapisan ini di sebut dengan lapisan ionosfer. Dari sebab aktivitas lapisan ini muncullah bermuatan listrik akibat adanya proses ionisasi.

  • Sub bagian Lapisan Ionosfer :
  1. Lapisan Kennelly Heavyside atau di kenal dengan lapisan E itu, letaknya pada ketinggian 100 kilo meter hingga 200 kilo meter dari permukaan bumi.
  2. Lapisan Appleton atau biasa di kenal dengan lapisan F yang berada pada jarak 200 kilo meter sampai dengan 400 kilo meter dari permukaan bumi
  3. Lapisan Atom yang berada pada jarak antara 400 Km sampai dengan 800 Km.

Lapisan Eksosfer

Lapisan atmosfer yang terakhir ialah lapisan eksosfer, pelindung ini adalah lapisan pelindung bumi yang paling jauh karena memang yang terakhir. Jaraknya yaitu 800 Km sampai dengan 3.260 Km. Karena letaknya yang sudah melebihi jarak tempuh bumi, disini gaya gravitasi masih ada meskipun sedikit dan juga sudah agak menghilang.

Dalam lapisan Eksosfer banyak terjadi interaksi antara gas-gas asing dari luar bumi, dengan begitu terjadilah sedikit demi sedikit pembentukan atmosfer bumi yang baru.

Yup’s! Begitulah penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang Lapisan atmosfer, semoga menambah wawasan pengalaman kita, dan tentu tidak lupa untuk mensyukuri nikmat tuhan yang maha ESA atas pertemuan kita dalam tulisan ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.