Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasan Bumi Menurut Teori

CarakusPenjelasan Lapisan Bumi. Bumi adalah sebuah planet yang terletak di dalam tata surya, tahukah kamu, nama lain dari bumi? Yups, bumi kita ini kadang disebut dengan dunia atau planet biru karena jika dilihat dari luar angkasa, bumi berwarna biru hal itu sebab dari keseluruhan permukaan yang ada pada bumi merupakan air.

Dari penelitian tahunan dari para ahli geografis mengemukakan bahwa bumi tersusun dari 3 lapisan, apa lapisannya?

3 Lapisan Bumi

Mungkin yang tampak di mata kita bumi hanyalah sebuah tanah yang mengambang di urutan ke 3 dari tata surya dan di atasnya hanya terdapat makhluk hidup, bebatuan, tumbuhan, serta kebanyakan besarnya adalah air.

Lalu, pernahkah kita memikirkan apa saja yang ada didalam bumi yang kita pijak saat ini?

Banyak yang mengemukakan “bagian dalam struktur bumi sama seperti telur. Yakni ada kerak atau kulit telur, putih telur dan kuning telur”.

Bisa masuk akal, hanya saja bumi tidak lembek seperti telur ya,,

Meski dari sebagian besar struktur bumi adalah air dan benda cair, tetapi Seluruh lapisan inilah yang bergabung menjadi satu dan memberi bentuk bagi bumi.

1. Kerak Bumi

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya

Kerak bumi ialah lapisan bumi bagian luar dan menjadi tempat tinggal para makhluk hidup. Di kerak bumi terdapat 2 macam permukaan bumi yaitu daratan dan perairan.

Perairan yang ada diatas bumi seperti laut, sungai, danau atau “kali, comberan, empang” mungkin saja masuk karena jenis perairan juga kan?

Adapun dengan daratan yang ada di lapisan paling atas bumi seperti gunung yang menjadi daratan utama paling tinggi di kerak bumi, daratan rendah misalnya pemukiman warga.

Menurut peneliti geografi, Kerak bumi adalah lapisan yang selalu bergerak. Pada zaman dahulu kala merupakan sebuah dartan bebas, sehingga para hewan dapat bebas berkeliaran kemana pun yang mereka mau tanpa ada pemisah air laut.

Seiring berjalannya zaman, daratan yang luas itu terpecah dan pecahan-pecahannya mengapung membentuk lembaran-lembaran yang disebut lempeng, pecahnya bumi tersebutlah yang biasa kita juluki dengan lempeng.

Lalu apa yang terjadi selanjutnya?

Lempeng itu terpecah besar menjadi 16 potongan besar dan beberapa potongan kecilnya menjadi sebuah bentuk yang sekarang kita sebut dengan benua dan samudra. Dari penelitian tahunan lempeng yang kita pijak paling aktif dalam pergerakan, paling sedikitnya 10 cm/tahun. Hal itu disebabkan gempa, gunung meletus atau ereksi bumi lainnya.

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya

 

2. Selimut atau Selubung (mantel)

Selimut bumi adalah lapisan yang terletak pada lapisan kerak bumi dengan tebal selimut bumi mencapai 2900 Km. Didalam sana suhu bumi mencapai 3.000° C. Di dalam runag lingkup Selubung bumi ini terdapat 3 lapisan lain yaitu:

  • Litosfer merupakan lapisan bagian luar dari struktur selubung bumi, ketebalan lapisan ini, mencapai 50 hingga 100 Km. Lapisan tersebut berupa bebatuan dan bahan-bahan padat lainnya. Menariknya lagi lapisan Litosfer juga mempunyai 2 lapisan yaitu lapisan sima (silisium dan magnesium) serta lapisan sial (silisium dan aluminium).
  • Astenosfer adalah Lapisan berikutnya yakni berada di bawah lapisan litosfer. Sedangkan ketebalan dari lapisan Astenosfer ini mencapai 100 hingga 400 Km, pakar ilmiah berpendapat bahwa terbentuknya magma gunung berformasi di dalam lapisan ini.
  • Mesosfer ialah lapisan selimut bumi paling bawah sehingga sebagian besar dari susunan lapisan ini adalah campuran besi dan bebatuan cair. Sedangkan ketebalan lapisan ini mencapai 2.400 sampai 2.700 Km, letaknya tepat berada di bawah lapisan Astenosfer.

3. Inti Bumi

Dari bahasa inti, sudah jelas sekali bahwa bagian dalam bumi adalah intinya. Yups, disebut dengan kata “inti bumi” karena memiliki kedalaman sekitar 2900 Km dari dasar permukaan bumi.

Di dalam inti bumi, terdiri dari beberapa benda seperti material cair, juga di prediksi terdapat banyak logam besi sebanyak 90%, serta nikel 8%, dan benda-benda tak terkenal dalam se pengetahuan kita di kedalaman 2900-5200 Km.

Asal Terciptanya Bumi

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya

Pakar geografi: Sekitar tahun 4,6 milyar tahun yang lalu, dengan jarak antara bumi dan matahari yang berselisih sekitar 174% dan Helium -24%. Lalu yang tersisa hanya Oksigen, Nitrogen dan Karbon.

Didalam kabut tersebutlah terjadi gaya tarik menarik dan putaran gravitasi yang sangat cepat. Proses putaran itu terjadilah sebuah bagian yang terlempar memisah dan memadat karena suhu yang begitu dingin bahkan bisa dibilang dibawah ukuran celcius. setelah itu jadilah sebuah planet-planet yang ada didalam ruang lingkup tata surya.

Lalu pada 250 juta tahun yang lalu daratan bumi masih tidak ada penghalang karena masih dalam keadaan bulat dan daratan tidak terpisah, lalu sebab bumi yang mengalami berbagai acara seperti meletusnya gunung dan gempa. Sehingga kerak bumi semakin tahun berpencar, dan jadilah sebuah beberapa bagian seperti benua.

Bumi memiliki 2 macam lapisan yaitu lapisan dalam (internal) dan lapisan luar (eksternal).

Nama Lapisan-Lapisan Bumi

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya

Penjelasannya telah kita jelaskan di atas, adapun rangkuman lapisan-lapisan bumi ada 7, yaitu:

  1.  0- 40 km – Crust (kerak bumi)
  2.  40- 400 km – Upper mantle (mantel atas)
  3.  400- 650 km – Transition region (zona transisi)
  4.  650-2700 km – Lower mantle (mantel bawah)
  5.  2700-2890 km – D” layer (lapisan D”)
  6.  2890-5150 km – Outer core (inti luar)
  7.  5150-6378 km – Inner core (inti dalam)

Begitulah kiranya penjelasan dari lapisan bumi dan asal mula terciptanya bumi menurut pakar geografi, adapun pengertian bagian luar seperti Pengertian Lapisan Atmosfer telah kita bahas pada halaman sebelumnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.