Wow! Letak Astronomis Indonesia Banyak Manfaatnya Lho!

Carakus – Letak Astronomis Indonesia. Indonesia memang termasuk negara yang sering digunjing oleh sebagian negara karena ragam budayanya, kesenian karya para pendahulunya, serta di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Semua itu tidak terbuang dari faktor letak geografis Indonesia.

Sebenarnya kita yang telah tinggal di Indonesia ini sangat beruntung karena memiliki negara sebijak dan memiliki tempat yang strategis pula. Bisa kita lihat di peta dunia bahwa letak negara Indonesia berada di antara benua Asia dan Benua Australia, juga diapit oleh 2 samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Hal itu menerangkan bahwa..

SsTtt…! Biar lebih jelas, mari kita tuntaskan lewat tahapan berikut:

Pengertian Letak Astronomis Indonesia

Pernah gak kamu ketahui apa itu letak astronomi? Letak astronomi merupakan sebuah letak suatu tempat yang dilihat serta digambarkan secara garis lintang dan garis bujur.

Pasti mengingat-ingat materi pada zaman SD yang membahas tentang Garis Lintang dan Garis Bujur.

Garis Lintang

Letak Astronomis Indonesia

Garis Lintang adalah garis khayal yang ada di setiap peta atau globe yang melurus/melintang dengan arah katulistiwa yakni dari ujung selatan hingga utara. Lengkapnya Garis Lintang sangat berguna bagi manusia seperti, penunjuk arah yang benar, Dan lain sebagainya.

Sedangkan Indonesia sendiri memiliki letak garis lintang 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan), maka dari itu Indonesia memiliki beberapa musim seperti:

  • Musim Hujan

Letak Astronomis Indonesia

Musim hujan sudah sering kali terjadi di Indonesia. Terutama di daerah-daerah pegunungan seperti Bogor yang memiliki ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan air laut. Bogor memiliki udara yang sangat sejuk dengan suhu rata-rata 26o Celcius.

Kelembaban alami yang dimiliki Bogor mencapai ±70%, sehingga mudah saja kota ini mengalami penghujanan yang paling besar dari pada wilayah lain di Indonesia. Banyak orang yang menyebutnya kota hujan karena bisa saja di Bogor mengalami hujan dalam 1 hari tanpa henti.

  • Musim Salju

Letak Astronomis Indonesia

Eh, masak iya! Negara yang terletak di wilayah tropis seperti Indonesia mengalami musim salju?

Jawabannya “iya” hal itu terjadi hanya di Grasberg, Papua. Di puncak pegunungan Grasberg, biasa mengalami musim salju karena faktor geografis yang letaknya memiliki ketinggian 4.285 mdpl sehingga suhu di daerah itu bisa mencapai 2o Celcius, sehingga terkadang terjadi peristiwa turun hujan.

  • Musim Panas

Letak Astronomis Indonesia

Jika musim panas, tidak usah di tanya berada di wilayah mana! Karena kebanyakan wilayah yang ada di Indonesia mengalami hal tersebut. Tidak usah heran karena itu memang resiko dan sebuah nikmat yang dimiliki oleh wilayah tropis.

Tapi ada juga keunikan dari tuhan yang sengaja di berikan kepada Indonesia, yakni berupa Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Gurun ini sama persis dengan gurun Timur tengah dan juga gurun yang ada di negara Afrika. Nah, di Yogyakarta memiliki tingkat panas yang berlebih sama halnya berada di tengah gurun,.

  • Musim Gugur

Letak Astronomis Indonesia

Musim gugur juga menjadi sebuah musim yang kerap sekali terjadi sebelum musim kemarau, Biasanya musim gugur terjadi di pohon jati daerah Jawa Timur. Pohon jati akan mengeringkan daunnya sendiri ketika hendak terjadinya musim kemarau.

Maka pohon jati hanya tersisa batang, ranting daun-daunnya pada kering dan banyak tergeletak di tanah, Sehingga bila kita melihat hutan pohon jati layaknya hutan yang kering dan tidak lama akan mati.

Garis Bujur

Letak Astronomis Indonesia

Garis Bujur merupakan garis khayal yang juga ada di setiap peta maupun globe yang terbentang dari kutub utara hingga kutub selatan. Garis bujur tentu juga berpengaruh pada kehidupan dunia dan bermanfaat untuk pembagian waktu.

Ada pula pembagian waktu menurut tata letak yang ada di Indonesia dan sudah ditetapkan berdasarkan garis busur 0o indonesia berada di Greenwich, yakni letak garis bujur 95o BT – 141o BT (Bujut Timur), terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Letak Astronomis Indonesia

  • WIB (Waktu Indonesia Barat)

Wilayah yang dicakup oleh WIB meliputi wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Hingga dan Sumatera. Bagian wilayah tersebut memiliki selisih waktu +7 terhadap GTM (Greenwich Mean Time). Adapun Aceh juga termasuk cakupan WIB hanya saja selang waktunya yang lumayan berselisih.

  • WITA (Waktu Indonesia Bagian Tengah)

 

Wilayah-wilayah yang termasuk pada bagian WITA antara lain Bali, NTT, NTB, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi dan Pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Bagian wilayah ini memiliki jarak waktu +8 terhadap GTM (Greenwich Mean Time).

  • WIT (Waktu Bagian Timur)

Wilayah yang dicakup dalam golongan WIT tidak lain Kepulauan Papua, Maluku, Ambon beserta pulau sekitarnya. Pada bagian timur ini selisih waktunya hanya +9 terhadap GTM (Greenwich Mean Time).

Letak Astronomis Indonesia Sangat Strategis

Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis indonesia menyebabkan banyak faktor positif yang didapat oleh Indonesia. Selain itu keuntungan lain juga didapatkan oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Menurut garisnya, Indonesia terletak di 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur). Nah, RG Squad pasti mau tahu apa saja sih keuntungan yang Indonesia miliki dengan posisi strategis tersebut?

  • Curah hujan tinggi, yang mencapai ±200mm pertahun.
  • Terdapat hutan hujan tropis yang luas.
  • Sinar matahari sepanjang tahun.
  • Temperatur tinggi antara 260° C hingga 280° C.
  • Keanekaragaman hayati yang sangat banyak dibandingkan negara lain.
  • Kelembaban udara yang tinggi.

Letak Astronomis Indonesia Terhadap Pembentukan Kebudayaan

Letak pulau-pulau yang ada di Indonesia sangat banyak sehingga melahirkan berbagai macam ciri khas tidak lain seperti jenis keragaman, kebudayaan, kesenian dari berbagai daerah. Dan juga ribuan pulau milik Indonesia juga melahirkan banyak bahasa, suku, agama serta banyak lagi ciri khas dari wilayah dari daerah masing-masing.

Dengan kekayaan ciri khas ini dapat memicu keuntungan bagi masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat luar, menimbulkan sumber daya manusia yang memicu perekonomian dalam industri pariwisata.

Letak Astronomis Indonesia

Keadaan geografis yang seperti ini memang dapat diandalkan oleh Indonesia. Namun, tidak terkecuali juga, akan bermunculan faktor kerugian bagi Indonesia sendiri jika terjadi sebuah kesalahan dalam menjaga tanah airnya. Kesalahan fatal tersebut tidak lain sebagai berikut:

  1. Karena banyaknya negara lain yang menginginkan dan iri atas hasil Indonesia, mereka ingin memiliki Indonesia.
  2. Dalam bidang geografis juga tidak akan luput dengan sumber daya alam, Indonesia yang melimpah akan harta karun didalam maupun diatas bumi, juga memicu negara asing untuk mengambil keuntungan yang banyak atas ini.
  3. Indonesia sangat kaya atas sejarah, karena masyarakat yang tidak terlalu peduli dengan hal kuno, maka kehilangan dan musnah sudah sejarah yang dihasilkan oleh para leluhur kita.

Oleh karena itu faktor geografis sangat berpengaruh bagi sumber daya yang dihasilkan Indonesia, hanya saja kita yang harus menjaga keuntungan ini dengan mengelola agar kekayaan Indonesia kita tetap terlestarikan dan terus membantu masyarakat Indonesia.

Yups! Begitulah kiranya yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas kunjungannya semoga dengan artikel ini menambah wawasan kita dan menjadikan kita terus berusaha menjaga kelestarian Indonesia. Jika terdapat kesalahan mohon kritik dan sarannya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.