50+ Macam Motif Batik Lengkap | Modern, Nusantara, Batik Bunga

Carakus – Macam-Macam Motif Batik. Semua negara yang ada di bumi mengakui bahwa batik adalah karya seni asli Indonesia. di Mancanegara, Kesenian Batik yang paling terkenalnya atas nama “Batik Jawa” tapi kenyataannya batik tersebut juga banyak yang berasal dari berbagai provinsi-provinsi di Indonesia mulai dari batik Modern, batik Nusantara, dan tapi kebanyakan motifnya bergambar batik bunga.

Di Indonesia sendiri, terdapat ajang peringatan Batik Nasional di setiap tanggal 2 Oktober, hal itu adalah salah satu cara bangsa ini  menjaga agar kesenian Indonesia lebih mencintai kesenian yang dibuat oleh para pendahulu-pendahulunya.

Tentu tak ketinggalan juga demi melestarikan seni tulis ini mari kita juga menambah pengetahuan beberapa jenis batik modern Indonesia.

Macam Macam Motif Batik

Dibawah ini telah saya rangkum beberapa jenis batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Apa saja jenis batik tersebut? Mari kita kupas tuntas di bawah ini:

Motif Batik Yogyakarta

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Keraton.

Yogyakarta memiliki nama baik dalam pariwisatanya tetapi tidak hanya itu, kesenian dari Yogyakarta juga sama-sama memiliki pertumbuhan yang baik salah satunya ialah, Jogja masuk kepada pengelola industri batik Indonesia yang berkualitas.

Provinsi Yogyakarta juga terkenal dengan adat yang selalu bernuansa keraton, begitupun dengan batik asli dari provinsi Jogja mempunyai nama Batik Keraton.

Ciri khas batik keraton sendiri lebih cenderung menggunakan warna putih coklat, dan hitam. Motif dari batik ini juga hampir selalu menerapkan karakter manusia, hewan yang memuat filosofi dengan ajaran moral yang tinggi.

Motif Batik Madura

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Gentongan.

Madura amat kerap dengan adat yang mengandung karakteristik jiwa bersosial sesama makhluknya entah itu sesama manusia, hewan, tumbuhan, hingga makhluk hidup lainnya. Dari pemahaman disitulah tergambarkan didalam seni lukis batik Gentongan asli Madura.

Ciri dari khas Madura terdapat pada warna dan motifnya, bisa dilihat dari warna batik yang dominan mencolok seperti warna kuning, merah, hijau, ungu dan lainnya. Serta dalam macam motif batik dari Madura cukup banyak, tetapi kebanyakan dari alam sekeliling misalnya tanaman, hewan dan perpaduan dengan ciri khas batik itu sendiri.

Motif Batik Pekalongan

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Tujuh Rupa.

Batik Pekalongan inilah yang kerap dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Karena Batik Tujuh Rupa ini sangat terkenal dari batik lainnya. Tapi bukan berarti motif batik yang lain itu rendahan, hanya saja Batik Pekalongan sangat cepat dalam mengenalkan keseniannya.

Ciri khas dari batik Tujuh Rupa sendiri diambil dari akulturasi lokal yang bercampur dengan etnis china. Secara umum batik Pekalongan sangat dekat dengan gambar lingkungan alam.

Motif batik Pekalongan banyak memiliki berbagai macam variasi salah diantaranya ialah batik Jlamprang, Batik Buketan, Batik Terang Bulan, Batik Semen, Batik Pisan Bali serta Batik Lung-Lungan.

Motif Batik Tasikmalaya

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Tasik.

Batik Tasik memiliki ciri khas yang berkaitan dengan alam, contohnya didalam batik itu sendiri pasti terdapat gambar rumput, hewan-hewan, serta semua hal yang berkaitan dengan alam.

Untuk warna dari batik sunda ini mempunyai karismatik kalem misalnya warna merah padam, coklat, serta warna utama kebanyakan menggunakan warna biru.

Motif Batik Malang

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Kucecwara.

Batik yang berasal dari Malang ini memiliki ciri khas berupa ilustrasi candi-candi yang diambil dari peninggalan-peninggalan agama hindu kerajaan Kanjuruhan pada abad ke-7 silam.

Motif tersebut memiliki kiasan berupa kebudayaan yang ada di Malang, seperti candi, mahkota kerajaan, Rumbai singa, Arca, Bunga Teratai,serta sulur-sulur berbentuk ketupat. Yang mana pada gambaran-gambaran tersebut menggambarkan filosofi Malang.

Motif Batik Solo

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Sogan.

Batik Solo merupakan hasil karya nenek moyang orang Jawa dari abad lalu. Ciri khas dari batik ini berupa warna yang selalu menggunakan warna coklat muda serta dari motifnya sendiri dekat dengan lingkungan tapi kebanyakan berupa lukisan bunga,dengan tambahan lengkungan serta titik-titik disekitarnya.

Pada jaman dahulu batik Sogan hanya boleh digunakan khusus keluarga kerajaan jawa seperti Kesultanan kerajaan Solo. Seiring dengan berkembangnya zaman, karena kerajaan sudah mulai terhapuskan pemerintah memutuskan agar batik Sogan bisa digunakan oleh khalayak ramai.

Motif Batik Cirebon

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Mega Mendung.

Salah satu karya seni Cirebon yang paling populer karena variasi batik yang dimiliki Cirebon tidak ditemukan didalam batik lainnya.

Dari namanya Bati Mega Mendung mendapat penjelasan dari ciri khas bati Cirebon. Warna yang digunakan tidak lain ialah Biru Tua, biru cerah, dan merah, dalam versi lain menggunakan warna putih, hitam, serta merah. Dan untuk macam motif batik khas Cirebon merupakan awan yang dipadukan menjadi khas batik.

Kesan yang ditampilakan dalam batik ini bisa digunakan oleh semua kalangan termasuk dari yang muda hingga yang tua maupun dari Gender pria maupun wanita.

Motif Batik Pulau Jawa

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Parang.

Motif Parang diambil dari kata pereng yang berarti “miring”. Sebagian pendapat mengatakan, bahwa kata Parang diambil dari sebuah pantai yaitu “Parang Teritis” karena motif dari batik ini terlihat seperti ombak. Hal itu terlihat jelas pada bagian motifnya yang berbentuk layaknya huruf “S” bak bergandengan berombak.

Pada dasarnya Macam Motif Batik Parang sendiri tersebar diseluruh Jawa dari Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Barat. Meski disetiap jawa mendapatkan bagiannya juga tak lepas dari kesenian khas masing-masing seperti:

  • Jogja: Memiliki Motif Parang Rusak, Parang Barong
  • Jawa Tengah: Mempunyai Motif Parang Slobog.
  • Dan Jawa Barat: Terdapat Batik bermotif Parang Klisik.

Note:

Batik motif Parang Rusak dipercaya dengan adanya mitos tidak layak dipakai saat acara pernikahan terutama kepada mempelai serta keluarganya. Hal itu mengandung mitos penyebab sialnya pernikahan.

Motif Batik Papua

Macam Macam Motif Batik

Nama: Cendrawasih.

Batik yang sangat erat dengan budaya Papua didalamnya tergambar jelas sebagaimana etnik suku Papua. Tujuan utama seni batik ini mencakup apa yang dimiliki oleh Pulau Papua seperti gambar hewan cicak, kadal, buaya, dan tentunya kebanyakan terlukis burung Cendrawasih.

Warna yang biasa digunakan berupa warna khas natural seperti warna daun kering, sehingga khas batik Papua semakin mempesona.

Motif Batik Rembang

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Lasem.

Batik Rembang pada dasarnya sudah berkaristik dari kebudayaan china yang masuk ke dalam seni rupa. Jelas saja dari warna yang digunakan merupakan warna merah darah. Tapi dengan berwarna merah itulah batik Lasem bisa menarik peminat batik.

Ciri khas dari batik Lasem tak lain mencakup kehidupan sederhana mulai dari membajak sawah, menunggang kerbau, dan berbagai nuansa perdesaan lainnya.

Motif Batik Tegal

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Tegalan

Tegal juga tidak ketinggalan unjuk gigi mempersembahkan sebuah batik yang indah. Corak seni rupa Tegal ini mencakup lingkungan alam berupa hewan, dan tumbuhan. Pada dasarnya batik Tegalan memiliki berbagai macam motif batik, diantaranya:

  • Motif Cempaka Putih.
  • Motif Cempaka Mulya.
  • Motif Semut Runtung.
  • Motif Kembang Kertas.
  • Motif Gedong Kosong.
  • Motif Kawung Melinjo.
  • Motif Manuk Surwiti.
  • Dan banyak lagi yang lainnya..

Motif Batik Lamongan

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Sendang.

Nama Sendang diambil dari sebuah desa Sendang yang merupakan batik Lamongan terlahir dari desa Sendang. Aura yang dikeluarkan oleh batik ini juga merupakan bantuan goresan gambar-gambar rumit dan sangat rumit.

Dari ciri khasnya berupa motif hewan misal Burung Slempang, Paten, Gapuro Tanjung Kodok, Ikan Bandeng, Ikan Lele sebagai karakteristik yang dimiliki Batik Lamongan.

Motif Batik Pontianak

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Dayak.

Dari segi macam motif batik, sebetulnya batik dari Kalimantan kerap juga menjadi favorit dari peminat batik, selain motifnya yang menarik juga karena ragam yang terdapat di dalamnya sangat mengajak orang yang melihat untuk memiliki batik tersebut.

Ciri dari batik Dayak mencakup alam lingkungan, religius, dan menggambarkan suku Dayak. Seni rupa batik di kalangna dayak jua menjadi tato tubuh.

Motif Batik Ponorogo

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Ponorogo.

Ponorogo cenderung mengangkat reputasi budaya yang dimilikinya yaitu Reog Ponorogo. Sehingga, seni rupa yang ditanamkan didalam batik tersebut juga barupa gambaran Reog Ponorogo.

Ciri yang ditampilkan dalam batik ini berupa hewan Reog tidak lain berupa Burung Merak, Singa. Keindahan motifnya di tampilkan hanya kepada 1 pusat yakni 1 gambar, hanya saja diiringi oleh bulu-bulu merak di sekililingnya.

Motif Batik Palangkaraya

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Benang Bintik.

Motif dari Kalimantan Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni dari kepercayaan suku Dayak ialah pohon kehidupan, atau biasa disebut dengan Batang Garing yang berarti pohon penghubung antara manusia dengan sang penguasa.

Dengan terdapat pohon tersebut terlukislah antara Vertikal dan Horizontal yang berarti dekat.

Motif Batik Maluku

Macam Macam Motif Batik

Nama: Bunga Cengkeh/Cengkeh Gugur.

Batik Maluku yang terkenal dengan hasil cengkeh yang mengalami penurunan pada zamannya, karena faktor geografis dan juga fakto iklim, membuat masyarakat resah. Sehingga masuk pada kesenian rupa khas Maluku.

Banyak desain yang bervariasi dari batik Maluku diantaranya Debur Ombak, Pulau Suram, Cengkeh Gugur, Dan Batik budaya Maluku. Ciri khas dari batik ini memiliki variasi warna terang, gelap, kalem, gelap, serta warna biru laut.

Motif Batik Samarinda

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Samarinda.

Yang satu ini termasuk batik favorit saya, karena selain dari warnanya yang berani seperti warna hijau stabilo, merah terang, oranye, dan shocking pink.

Corak tampilannya juga menarik yakni macam motif batiknya seperti burung Enggang, Mandau, Batang Garing, Balanga dan masih ada lagi ciri khas batik Samarinda yang menarik perhatian pecinta batik.

Motif Batik Banjarmasin

Macam Macam Motif Batik

Nama: Batik Sasirangan.

Selain dari warnanya yang mencolok batik ini kerap menjadi incaran para pecinta batik, karena motifnya yang santai, juga cocok dicari oleh kalangan anak-anak jalanan.

Motif batik Sasirangan itu sendiri juga pecah menjadi beberapa bagian antara lain seperti batik sasirangan gigi haruan, kambang sakaki, kambang kacang, hiris gagatas, daun jaruju, dan lain sejenisnya.

Bagaimana kawan? Mana batik pilihanmu yang paling kamu sukai! Kalau saya sih, masih dalam dengan batik khas Papua dan Samarinda.

Okelah kita akhiri saja artikel pada kali ini semoga dengan ini menjadikan kita semakin mencintai budaya dalam negeri, terutama dalam mencintai batik! Pernah terdengar kabar bahwa batik telah di kenakan oleh salah satu pemimpin afrika.

Kesimpulannya adalah, mari kita lestarikan batik-batik Indonesia agar tidak terkesan kesenian Indonesia di miliki oleh oranga atau negara-negara asing.

“Kesenian merupakan hal yang tak ternilai harganya”

Sekian dari saya jika terdapat kekurangan silahkan untuk mengkritik lebih, karena saya juga masih belajar. Terima kasih telah berkunjung di situs Carakus.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.