Jenis Makanan Ikan Arwana dan Waktu Pemberian Pakan

Carakus – Jenis Makanan Ikan Arwana. Banyak ikan arwana yang dipelihara oleh pecinta ikan hias. Itu karena kecantikan yang dimiliki ikan arwana  dari warna sisik dan coraknya yang idah itu seakan-akan menggoda ditu, serta yang paling di sukai oleh saya sendiri terutama adalah harga ikan tersebut. Hehe.

Yups, keindahan yang yang dimiliki ikan arwana mungkin akan kita sadari ketika ikan tersebut ada di rumah kita. Pada dasarnya apapun barang yang indah dan berharga juga memiliki nilai mata uang yang tinggi juga. Sama halnya Arwana, arwana juga mahal tapi keindahannya juga sebanding dengan harganya.

“Semua keindahan akan pudar jika perawatan ikan juga dipudarkan”

Lalu yang harus kita lakukan sekarang adalah menjaga keindahan tersebut agar tidak pudar. Dengan cara merawat ikan arwana. Mungkin kita harus mengetahui bagaimana cara merawat ikan arwana pada artikel sebelumnya.

Dan tidak lupa dengan memberikan asupan sehari-hari yaitu makanan yang dibutuhkan oleh arwana. Pakan yang tepat mengandung nutrisi serta gizi yang baik bagi arwana. Berikut jenis makanan Ikan Arwana Lengkap.

Jenis Makanan Ikan Arwana

Dalam dunia ikan juga terdapat tatanan perbedaan usia, yaitu usia ikan arwana kecil (anakan) dan ikan arwana dewasa. Hal ini dilakukan agar tidak menyebabkan kerusakan fatal pada ikan.

1. Makanan Ikan Arwana Anakan

makanan ikan arwana

Jelas sangat berbeda jenis pakan arwana anakan dengan pakan arwana dewasa. Berbeda pula dengan kebutuhan nutrisi dari arwana dewasa lebih banyak dari pada anakan arwana, lagi pula ukuran pakan sangat berpengaruh pada kesehatan ikan arwana.

Ikan arwana kecil harus diberi pakan kecil & lunak pula, seperti cacing darah, kutu air, artemia, atau bisa juga degan asupan pelet ikan. Adapun untuk vitamin seperti jangkrik, atau belalang. Haruslah membersihkan taring (jika jangkrik punya) atau tajamnya gerigi kaki jangrik/belalang.

  • Untuk makanan yang diberikan saat pagi atau kita sebut saja dengan sarapan bisa di berikan berupa jangkrik atau belalang dengan takaran saji 2-3 ekor. Pada pukul 07:00 s/d 08:00.
  • Sedangkan untuk makan siang anakan ikan arwana bisa kita sajikan katak cukup satu ekor jangkrik atau belalang saja. di berikan pada pukul (sesudah dhuhur atau sekitar pukul 11:00 – 12:00.
  • Dan terakhir untuk pemberian pakan malam kita cukup memberikan seekor jangkrik atau belalang. Di jam sebelum maghrib atau sekitar pukul 17:30 – 18:30.

Note:

Perlu di garis bawahi dalam pemberian pakan yang optimal, harus dengan kandungan nutrisi dan protein yang tinggi. Hal ini sangat berpengaruh dalam cepat, lambatnya pertumbuhan ikan. Selain itu, tidak selamanya menu makanan di atas selalu diterapkan pada arwana, karena arwana juga ingin merasakan jenis makanan lain.

“ya, iyalah bro! Masak makan ayam mulu! Gak mau makan ikan laut?”

2. Makanan Ikan Arwana Dewasa

Jika tadi didalam memelihara anakan arwana kita membutuhkan makanan yang mempercepat masa pertumbuhan, maka sekarang dalam ikan arwana dewasa kita dituntut memberikan nutrisi agar stamina dan kualitas warna, juga sisik ikan arwananya sendiri.

Nah, berikut macam-macam makanan ikan arwana yang dapat kita berikan.

Pellet

makanan ikan arwana

Paling gampang ditemukan di toko ikan, maupun toko bangunan. Ups!

Yeah, pellet adalah pakan yang sangat mudah ditemukan serta pakan ikan yang mungkin kebanyakan dari kita menyimpulkan bahwa pakan ini sangat efektif bagi ikan. Coba kita perhatikan sekali lagi! Padahal, tak semua ikan arwana menyerap serta nutrisi yang terdapat dari pakan ini.

Jangkrik

makanan ikan arwana

Jangkrik merupakan vitamin bagi ikan arwana, disebut vitamin karena didalamnya terdapat kandungan betacorotene. Makanan ini cocok dikonsumsi dan dijadikan pakan pokok, terutama untuk ikan arwana jenis Golden Red serta Ikan Arwana Super Red, karena jangkrik mampu meningkatkan warna pada ikan arwana.

Untuk pemberian pakan jangkrik dianjurkan agar memotong kaki-kakinya demi menjaga kesehatan arwana (jangan bikin arwana sariawan), kami tegaskan sekali lagi untuk memilih jangkrik yang muda-muda.

Jual Jangkrik Pakan Ikan Arwana

Hub: 085336102927

Cacing

makanan ikan arwana

Makanan ikan kali ini sangat baik di konsumsi bagi ikan arwana yang masih bayi, sekitar ukuran 8 cm kebawah. Seperti yang kita ketahui bahwa cacing sangat baik bagi pertumbuhan arwana.

“jadi ingat dulu, Saat mancing di sungai yg biasanya pakek umpan cacing”

Tapi jika sudah menginjak dewasa bisa dicampur dengan pellet atau dengan mengubah menu makanan lainnya.

Mencari pakan ini tidak usah pusing karena too ikan di sekitar kita banyak yang menjualnya.

Katak

makanan ikan arwana

Makanan ini juga bisa kalian jadikan makanan sampingan, terlebih lagi dengan ikan arwana yang sedang berukuran 20 cm. Kandungan dan lemak daging katak sangat tinggi, jadi akan sangat membantu tumbuhnya awana.

Disarankan agar tidak terlalu sering memberi kodok atau katak. Karena berlebihan mengkonsumsi katak akan membuat warna arwana pucat. Lagi pula ada sebagian arwana yang tidak suka dengan kodok. Jadi perhatikanlah!

Udang

Makanan Ikan Arwana

 

Udang adalah kategori vitamin bagi arwana karena kandungan yang ada dalam udang sama seperti jangkrik. Bisa meningkatkan perubahan serta memperkuat warna arwana, menjadi lebih cerah.

Ketika hendak memberikan udang pada arwana dipastikan untuk membuang kepala atau ekor udang, hal itu dilakukan demi menjaga keamanan ikan agar tidak terjadi luka saat memakan.

Udang bisa langsung diberikan dalam keadaan hidup atau pun dalam keadaan membeku.

Kecoa

makanan ikan arwana

Mungkin hewan ini menurut kalian adalah segerombolan hama yang menginap di tempat-tempat kotor, tapi kecoa adalah hama yang dapat kita jadikan pakan untuk ikan arwana.

Kecoa bukan menjadi makanan pokok, melainkan dikategorikan menjadi vitamin bagi arwana, kandungan protein tinggi yang ada didalamnya bisa meningkatkan nafsu makan pada ikan.

Bila arwana kalian tidak memiliki nafsu makan silahkan carikan kecoa di dekat-dekat selokan ,tempat sampah atau di “kamar mandi kosan” biasanya disana ada! Soalnya di kosanku dulu ada sih, hehe.

Ikan Kecil

makanan ikan arwana

Ikan kecil juga sangat membantu gerak aktifnya ikan arwana, tapi disarankan untuk dijadikan selingan saja.

Cicak & Kadal

makanan ikan arwana

Daging dari kedua hewan tersebut lumayan berpengaruh untuk arwana tapi tidak semua arwana menyukai kadal atau cicak, maka jajal saja pada ika arwana di rumah kalian.

Makanan ini saya anjurkan untuk tidak terlalu sering diberikan karena juga tidak baik bagi kesehatan arwana, terutama warna dan aktifnya arwana (karena kekenyangan mungkin).

Kelabang

makanan ikan arwana

Kelabang juga cocok buat makanan ikan arwana, dengan kandungan yang dimiliki oleh kelabang sama dengan jangkrik, sama-sama memiliki nutrisi yang mengandung betacarotene.

Tapi perbedaan yang harus kita waspadai adalah jika jangkrik bisa dijadikan makanan pokok, maka kelabang tidak bisa dijadikan makanan sehari-hari. Karena jika terlalu sering, akan mengakibatkan kecanduan bagi arwana dan tidak ingin memakan makanan lain.

Selain itu, kelabang juga terbilang makanan mahal dalam dunia arwana. Maka jadikan saja makanan selingan saja.

Waktu Makan Arwana

makanan ikan arwana

Terlalu sering memberi pakan pellet juga tidak bagus lho! Maka dari sini kita membuat permainan “atur menu” dan membagi kapan kita akan memberi menu pakan yang lain.

Eh, ikan arwana itu tidak terlalu suka makan, dan tidak ingin sampai kelaparan juga lho..

Emang manja! jika terlalu kenyang akan membuat ikan menjadi pemalas, dan jika sampai kelaparan ikan akan menjadi stress lalu mati hahaha. Jangan sampai terjadi saja lah.

Intinya adalah jika ikan arwana masih dalam pertumbuhan (anakan) maka, berilah makanan yang mengandung banyak lemak, supaya arwana mendapati pertumbuhan yang baik untuk besarnya nanti.

Apabila ikan yang kalian pelihara adalah ikan yang masih berusia muda, makanan pokok yang sangat cocok adalah jangkrik antara 3 hari bisa 5 kali pakan, dengan dasar selipan makanan juga butuh saat pagi, siang atau sorenya dengan makanan seperti anak katak, kecoa, dan makanan-makanan yang sudah di jelaskan diatas.

Dan untuk ikan arwana yang sudah beranjak dewasa, wajibnya kita memberikan asupan yang mengandung target keindahan warna, serta kecerahan warna ikan arwana, agar arwana bisa berkualitas dilihat keindahannya serta menjunjung nilai jual arwana.

Mudah kan? Mencari dan memberi pakan ikan arwana?

Maksud dari tulisan ini adalah memilih Jenis Makanan Ikan Arwana itu sangat penting. Dan jika kita salah dalam pemilihan pakan, akan mengakibatkan kefatalan bagi ikan dan harta kita hahaha. Yups, begitulah kiranya salah satu cara memelihara ikan arwana itu menurut saya pribadi begitu, entah jika ada kesalahan mohon di kritik! Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.