Bingung Dengan Masa Depan? Coba Kerjakan Ini!

CarakusBingung Dengan Masa Depan. Sebelum kita membahas masa depan, mari kita bahas terlebih dahulu masa lalu yang kita lalui. Ada sedikit cerita nih, tentang masa kecil yang ane rasain.

Dulu pas masih kecil ada guru yang nanyain, “Imam Ghozali, kalau gede mau jadi apa?”

Jawaban yang ane lontarkan “Aku, mau jadi Detektif” karena ane dulu emang suka film Detektif Conan, jadi terinspirasi mau jadi seorang detektif.

Mendengar jawabanku, langsung saja serontak 1 ruangan itupun menertawaiku huahahaha..

Guru : “Di Indonesia tidak ada seorang detektif, Imam..” Setelah tertawa puasnya selesai.

Sejak saat itulah, ane gak suka film Detektif Conan dan sudah tidak minat dengan cita-cita menjadi Detektif. Jujur, hingga saat ini masih bingung juga sih, dengan apa yang akan ane lakuin.

Bingung Dengan Masa Depan

Tapi, tidak usah khawatir, “urusan itu sudah ada yang ngatur” hanya saja, jika tidak kita jemput mana bisa rejeki itu dateng? Palingan juga diledekin sama rejekinya.

Contoh : “Orang nitip duit dari kota suruh kasih ke familynya yang di kampung”.

Yups, seperti itulah contoh Rejeki Lewat atau Diledekin Rejeki.

Bertanya-tanya “mengapa saya kok hidup seperti ini” Jangan suka mengeluh. Tuhan tidak pernah salah dalam membagikan rejeki hambanya. Biar adem, mari langsung saja. Ane kasih obat penenang yang bisa kalian simak sebagai berikut:

Bingung Dengan Masa Depan? Coba Kerjakan Ini!

Tujuan untuk meraih cita-cita bagi samua orang adalah hal wajib, namun dalam renungan pasti kita pernah berfikir, bagaimana caranya agar hidup yang kita lalui berjalan seperti yang kita harapkan.

Mencoba dengan pekerjaan A tidak kunjung meraih hasil, mencoba untuk bekerja sendiri juga membawa kerugian. Lantas, apa yang akan kita kerjakan? jika semua pekerjaan tidak berujung kesuksesan atau setidaknya bisa merubah lebih baik.

Coba kalian telusuri kesalahan jawaban dari diri kalian sendiri:

1. Apa Hobi yang Kalian Suka?

Bingung Dengan Masa Depan

Tentu ada donk yang kalian suka! Kalau ane sih, lebih suka sama cewek! Hehe..

Hobi, adalah kebiasaan yang dilakukan juga digemari oleh setiap orang. Biasanya hobi disukai karena mahir dalam hal tersebut, ada hikmah yang dituju, atau memang karena suka.

Tidak selamanya hobi itu hanya terpendam dan tak berguna. Mari bangkit menciptakan kebiasaan itu menjadi penghasilan, mungkin bisa saja itu adalah sumber penghasilan.

Ada juga Cita-cita yang tercipta dari hobi karena memang dari usia anak-anak terlihat mahir dalam hal tersebut.

Contoh : Kamu suka dan gemar bermain bola. Masuklah pada bidang bola! Mungkin saja Tahun depan bisa masuk “Champion” (antar kampung).

Hobi, tidak hanya dalam bidang sport atau olahraga, karena banyak juga hobi yang bisa kalian andalkan seperti memasak, membaca dan menulis dan banyak lagi yang lainnya. “Jika ane tulis tuh semua hobi, waktu semaleman! Juga gak bakalan kelar”.

Jadi, temui apa yang kalian gemari.

Baca juga :

Hobi yang Bikin Populer

“Pekerjaan Enak Pada Masa Kini”

Setiap harinya kalian menyukai sesuatu yang bisa membuat hati senang, jika hal tersebut bisa diolah menjadi duit, mengapa tidak dikerjakan saja!

2. Mulai Dari Nol

Bingung Dengan Masa Depan

Bila kalian melihat seseorang yang sekarang sudah terlihat sukses, mempunyai kehidupan mewah,terasa seperti telah berkecukupan seperti hidup nyaman tanpa beban, Itu wajar.

Tidak usah iri dengan orang lain, tapi jadikanlah mereka sebuah alat ukur untuk menjadi lebih baik dari pada mereka, atau jadikan mereka bahan untuk memotivasi diri.

Jangan tanyakan bagaimana dia bisa sukses, tapi tanyakan bagaimana awal mula dia berkarir?

Jika kalian tanyakan mungkin akan merasa terharu, dulu mereka berkorban waktu, merelakan semua yang dimilikinya demi mengejar keseuksesannya sekarang.

Tak pernah ada sebuah cerita seseorang yang meraih kesuksesan hanya dengan modal berdiam diri.

Meski terlahir dari keturunan bangsawan berlimpah harta, jika tidak ada keahlian dari dirinya sendiri, kekayaanya pun tak akan bertahan lama.

Namun banyak tuh anak orang kaya, yang tak mau memanfaatkan kekayaan orang tuanya, malah mereka mencari sendiri, dan memilih untuk memulai dari nol.

3. Bertanya Pada Cermin

Bingung Dengan Masa Depan
Ilustrasi Bercermin

Hingga saat ini pun ane selalu bertanya-tanya tentang masa depan pada cermin.

Tatkala Sendiri“.

“Sekarang apa yang saya kerjakan?”

“Apakah ini bisa menjadi jalan kesuksesan?”

“Sukseskah Jika selalu ku begini?”

Dan jawaban yang selalu saya dapatkan sama.

“Tidak!! Ini masih kurang!”

“Ini belum mulai”

Teruslah menginspirasi diri.

4. Jangan Mau Dipaksa

Bingung Dengan Masa Depan
Ilustrasi bebas

Itu Tidak Enak Bro… Siapa juga yang mau dipaksa, kadang kala hal ini terjadi pada kehidupan seseorang. Mengerjakan sesuatu yang tidak dari hati itu pahit, sebaliknya jika tak ada paksaan dari orang lain mengerjakan apapun itu akan terasa nikmat.

Contoh saja, bapak si Udin adalah guru Matematika yang mengajar di SD, kedua orang tua Udin sama-sama sepakat agar dia menjadi Dosen, akhirnya mereka menyekolahkan si Udin hingga perguruan tinggi.

Setelah beranjak dewasa si Udin terlihat sangat berbakat dalam bidang keamanan, serta dengan postur tubuh tinggi, dan berisi. Karena dia ingin menjadi seorang Tentara.

Nah, dari cerita singkat tadi. Jika si Udin terus di paksa untuk menjadi seorang Dosen, gak bakalan dia bertahan lama dengan profesi tersebut.

Note : Dalam garis besar, hal ini bukan bentuk kita durhaka terhadap orang tua, melainkan sebuah perubahan mandiri agar kita bisa membanggakan mereka.

Udahlah.. Itu hidup kalian bro.. Buatlah senyaman mungkin.. Tak selamanya masa depan itu berjalan lurus seperti yang orang tua kita maksud. Jangan mau hatimu dipenjara, karena hanya diri sendiri yang tau apa yang bisa menjadikan dirimu nyaman.

“Memang sih, ridho orang tua adalah ridho ALLAH, Murka orang tua juga Murka ALLAH”

Tidak usak kita,

“Ayam aja kalau dipaksa lari, dia bakalan kabur bro..!”

5. Berdo’a / Minta Restu

Bingung Dengan Masa Depan
Ilustrasi restu orang tua

Bagi seorang hamba, berdo’a adalah suatu kewajiban kepada tuhannya. Hal ini yang selalu diingat oleh semua orang saat dalam kelelahan. Pas lagi seneng aja mereka pada gak mau inget!

Berikhtiar tanpa Do’a Nista, Berdo’a tanpa ada Ikhtiar hampa.

Satu lagi dalam kehidupan manusia yang sering terlewat, yaitu:

“Do’a serta restu orang tua”

Baca juga :

Cerita Mustajabnya Do’a Orang tua

Artikel diatas adalah bentuk kita mandiri, bukan ane menyuruh durhaka lho.

6. Bertindak / Berikhtiar

Bingung Dengan Masa Depan

Sekian lama kalian hanya merenung, dan terus memotivasi diri. Tapi yang kalian dapat sekarang hanyalah omong kosong.

Yang menjadi pertanyaan adalah “apakah yang kalian lakukan selama ini?”

Dan Jawabannya “Itulah yang kita dapat!”

Dari faktor tersebut bisa kalian maklumi, usaha dari kita sendiri, seperti yang tadi ane bilang!

NGACA BRO!!! NGACA!!!

Lu, kalau diem mulu tanpa aksi, gak bakalan ada hasil.!”

Jadi carilah kesuksesan meski dimanapun itu berada! Kita tak pernah tahu perputaran roda dunia ini, yang jelas Usaha!

Saran dari ane sih, tidak usah pusing-pusing mikirin itu semua! Karena semua makhluk hidup ini rejekinya sudah ada yang mengatur. Yang penting kita mau berusaha, Urusan Hasil itu yang terakhir, karena yang menentukan semua ini Adalah ALLAH SWT, kita pasrahkan sajalah kepada ALLAH yang maha esa.

“Rejeki mah gak bakalan Ketuker”

Gimana? Setelah ini kalian masih Bingung Dengan Masa Depan? Tidak usah bingung-bingung dengan masa depan. Yakin ajalah!!!

Yakinlah usaha tak kan menghianati hasil. Sekarang ente udah yakin dengan yang ente maksud? Tulis kolom komentar jika kalian merasakan hal yang sama.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.