Pengertian Ekonomi Beserta Kegiatan Makro Mikro

Carakus. Pengertian Ekonomi. Dalam kehidupan kita sehari-hari sangat diperlukan untuk dapat manajemen keuangan. Perekonomian dalam agama Islam pun sangat ditekankan atau Mu’amalah.

Karena jujur saja dari saya sendiri serta kebanyakan orang sangat menginginkan keuntungan yang banyak dengan modal yang sedikit atau sekalipun bisa menghasilkan uang dengan hasil yang melimpah yakni dengan cara menggunakan alat serta bahan yang sudah ada.

Nah, mari kita meraup hasil yang melimpah dengan cara mengatur (manajemen) keuangan dari sekarang.

Pengertian Ekonomi Secara Umum

Kata Ekonomi diambil dari bahasa Yunani yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” sedangkan νόμος (nomos) memiliki arti “peraturan, aturan, hukum”. Dari pengertian kata tersebut “aturan rumah tangga” atau jika dibulatkan menjadi “manajemen rumah tangga”.

Pada dasarnya ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan sosial yang mencakup aktivitas manusia pembahasan yang sering kali dibicarakan seperti produksi, distribusi, dan konsumsi atas barang maupun jasa.

Pengertian Mu’amalah Ekonomi Islam

Inti dari prinsip ekonomi tersebut sangat berpengaruh dalam kebiasaan seseorang jadi lebih baik dalam menentukan apa yang akan direncanakan. Dalam Mu’amalah sendiri atau praktek ekonomi sebenarnya yang ditujukan oleh agama islam, merupakan dimana ada terkait dalam pembahasan duniawi, tidak terlepas dari akad dari para instrumen atau para pelaku.

Contoh:

Didalam dunia perdagangan, tentu terdapat aktor pemerannya yang pasti ada penjual dan pembeli. Dari penjual sendiri biasanya mengajukan sebuah pendapat tentang harga yang diajukan, serta respon dari pembeli juga harus benar-benar jelas menerima atau menolak tawaran tersebut. Itulah yang disebut sebuah “akad”

Prinsip Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi sangat dibutuhkan dalam mempertimbangkan apa saja yang akan kita konsumsi, dengan cara mengutamakan kebutuhan yang lebih memiliki sifat mendesak, serta awet untuk masa yang lebih lama.

Pertimbangan jenis barang yang sama antara barang yang cepat ganti dengan barang yang tahan lama. Namun tidak hanya itu, karena dibutuhkan juga dengan kondisi cukup dan tidaknya uang.

“Utamakan Fungsi, jangan mengutamakan Gensi

Adapun dengan kebutuhan pemasok sehari-hari bisa kita menggunakan metode sekali beli dengan jumlah yang lumayan banyak. Hal ini biasa digunakan demi menghemat waktu yang ada juga mempersingkat pengulangan berbelanja seperti bahan pokok beras, telur atau juga perlengkapan lainnya.

Tindakan & Motif Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Motif Ekonomi saling berkaitan dengan Tindakan ekonomi sendiri, maksudnya?

Maksud dari Motif ekonomi adalah alasan mengapa seseorang rela melakukan tindakan ekonomi.

Lalu apa itu Tindakan ekonomi?

Tindakan ekonomi sendiri merupakan sebuah usaha seseorang yang terpicu oleh motif ekonomi.

Contoh sederhana, si Ghozali ingin membeli smartphone yang lebih bagus karena smartphone yang sekarang digunakan sudah mulai error, maka yang sekarang dilakukan Ghozali adalah menabung untuk membeli barang yang dia butuhkan.

Nah, jelas sekali bahwa usaha dari kata “menabung” masuk kepada Tindakan Ekonomi yang terjadi karena ada faktor kebutuhannya, sedangkan “membeli smartphone” adalah Motif Ekonomi.

Akan tetapi Motif Ekonomi terbagi menjadi 2 bagian yakni:

Motif Intriksik

Pengertian Ekonomi Intrinsik adalah motif ekonomi yang berdasarkan atas kemauannya sendiri. Jadi yang terjadi sekarang si Ghozali mencari sebuah keberhasilan karena terdapat keinginan dari dirinya sendiri. Seperti apa contohnya? Yakni sebagai berikut:

  • Mengumpulkan penghasilan demi mencari kekuasaan.
  • Mencari Laba.
  • Demi Memperoleh penghargaan dari pihak Lain.
  • Atau motif sosial demi menolong sesama.

Motif Ekstrinsik

Sedangkan motif dari ekonomi Ekstrinsik itu sendiri merupakan kepedulian seseorang yang rela berusaha karena ada faktor dari lingkungan luar. Bisa juga si Ghozali sekarang menjadi peduli karena memiliki tujuan yang lain, yakni membantu masyarakat lain demi memperoleh kebaikan dari orang lain.

Contoh yang paling masuk akal seperti:

  1. Agar bisa bertahan hidup dengan orang-orang yang ada disekitar.
  2. Mencari kepuasan secara optimal dengan cara saling membantu dan memperoleh penghasilan bersama.
  3. Memiliki tujuan ekonomi agar bisa layak tinggal di lingkungan masyarakat.
  4. Menaikkan status sosial juga menjadi contoh Motif Eksternal.

Sistem Ekonomi

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi ialah sebuah susunan atau kerangka yang mengandung sebuah unsur-unsur penting dalam ekonomi yang saling membantu untuk memecahkan sebuah masalah perekonomian agar tercapai sebuah tujuan tertentu.

Sistem Ekonomi sendiri juga terbagi 3 bagian, yaitu:

  • Sistem Ekonomi Tradisional

Pemecah masalah ekonomi yang masih terjadi di Indonesia yaitu, salah satunya Sistem Ekonomi Tradisional yang mana warganya cenderung tidak ingin menunjang atau meningkatkan perekonomian mereka, karena terdapat unsur penolakan dari individual.

Namun dampak positifnya adalah penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas daya pendukungnya. Sedangkan dari sisi negatifnya berdampak kepada warga yang tidak ingin maju dan hanya menginginkan peradaban mereka terjaga.

  • Sistem Ekonomi Liberal

Adapun Sistem Ekonomi Liberal ialah menganut sistem perekonomian yang memihakan diri sendiri karena adanya faktor kekuasaan (harta). Jadi intinya ialah seseorang yang diunggulkan di kegiatan perekonomian ialah orang yang memiliki modal besar.

Sistem ini juga sering disebut dengan sistem Kapitalis karena modal yang dimiliki orang tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilannya. Juga disebut dengan sistem ekonomi Pasar dengan dasar mudahnya harta kekayaan dalam mengatur permasalahan permintaan dan penawaran.

Kelebihan dari sistem ekonomi pasar sendiri dapat memudahkan seseorang sebuah barang yang berkualitas tinggi dengan modal murah meriah, keuntungan lain ialah dapat mengontrol sumber daya secara normal dan bijak.

Sedangkan dari sisi negatifnya tidak lain adalah orang yang tidak memiliki modal besar akan mengalami kekalahan dalam bersaing, karena pemerintah yang kurang bermain dalam urusan pasar perekonomian menyebabkan mudah terjadinya krisis dan resesi.

  • Sistem Ekonomi Campuran

Secara keseluruhan dari sistem ekonomi campuran ini merupakan komando atau sistem ekonomi pasar. Sehingga dalam sistem ini pemerintah dan rakyat semuanya bertingkat sama, tidak ada yang direndahkan dan tidak ada yang terlalu ditinggikan.

Sistem ini memiliki ciri khas sendiri yakni pemerintah memiliki kekuasaan penuh terhadap Sumber Daya Alam.

Adapun sisi positif sistem ini berupa ketatnya aturan dalam permainan monopoli harga yang harus mengikuti pemerintah. Sedangkan sisi negatifnya ialah lambatnya pertumbuhan perekonomian negara.

Perbedaan Ekonomi Makro & Mikro

Pengertian Ekonomi

Cabang Ilmu Ekonomi memang banyak mengandung pemicu besar dalam kehidupan, tapi tidak lain itu semua melewati sistem Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro. Tentu perlu kita ketahui apa itu Ekonomi Makro dan Mikro.

Meski memiliki kepentingan yang bertujuan mendukung sesama Ekonomi Makro lebih memiliki keunggulan dalam peran ini. Jadi mari kita tuntaskan lebih kebawah lagi!

Penjelasan Ekonomi Makro

Ekonomi makro ialah studi yang mencakup masalah ekonomi secara menyeluruh, definisi ekonomi makro sendiri ialah perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak orang, perusahaan, atau pun pasar.

Ruang lingkup dalam ekonomi makro selalu berhubungan dengan tenaga kerja (pengangguran), pengeluaran (pertumbuhan ekonomi), inflasi dan deflasi (keseimbangan neraca).

Penjelasan Ekonomi Mikro

Definisi ekonomi mikro sendiri merupakan sebuah bentuk pembelajaran untuk menyikapi perilaku produsen maupun konsumen, serta dalam lingkup kecil sendiri menjadi tanggung jawab yang besar seperti perusahaan atau rumah tangga.

Dalam dasar perekonomian ekonomi mikro sangat berpengaruh kepada keseluruhan karena sebagian besar dalam dunia lingkungan hidup, berperilaku menjadi faktor pendukung yang pertama.

Adapun ruang yang berhubungan dengan ekonomi mikro sebagian besar mencakup teori perilaku konsumen dengan permintaan dan penawaran, elastisitas, teori produksi, dan mekanisme harga.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.