Niat Tata Cara Doa Sholat Dhuha Lengkap

Carakus – Sholat Dhuha. Merupakan sebuah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Baginda Nabi kepada umatnya. Anjuran Islam tidak sembarangan lho! Karena setiap pekerjaan yang dilakukan oleh umat muslim semuanya sudah di rencanakan oleh ALLAH SWT. Salah satunya adalah Sholat dhuha. Nah, Dalam artikel saya kali ini. Saya akan membuka kedok dari Rahasia sholat dhuha dari Niat Sholat Dhuha, Tata Cara Sholat Dhuha, Hingga Doa Sholat Dhuha.

Eh, Ada pertanyaan dari tetangga saya untuk kamu!

“Apakah kamu tahu manfaat dan khasiat sholat dhuha?”

Tulis Jawabanmu: …. Disini!

Oke langsung saja tidak usah banyak eskpresi, kita baca sampai tuntas kajian bermanfaat ini! Dan Kita mulai dari.

Waktu Sholat Dhuha

doa sholat dhuha

Seperti yang kita ketahui bahwa dimana-mana sholat dhuha dikerjakan pada pagi hari. Dalam ajaran syar’i waktu dhuha dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Setelah matahari terbit kira-kira 15 menit setelahnya.
  2. Tergelincirnya matahari kearah barat atau biasa kita sebut dengan dekat Waktu Syawal.

Dalam perkara ini kita perkirakan sendiri saja. Biasanya saya pribadi lebih sering biasa sholat dhuha setelah jam 06:00 atau kamu juga bisa menggunakan pendapat lain yaitu dengan mengerjakannya pada jam 08:00. Dalam kedua waktu tersebut sama-sama benar, yang salah itu orang yang melarang kamu untuk sholat!

Waktu Haram itu Kapan?

Pada pagi hari terbitlah mata hari yang biasa di sebutkan sebagai waktu sholat dhuha tapi perlu di garis bawahi karena terdapat larangan di waktu-waktu tertentu seperti:

  • Dari shalat Shubuh hingga terbit matahari terbit.
  • Waktu Tanduk setan atau dari matahari terbit hingga matahari meninggi (kita lebih condong menggunakan 15 menit setelah matahari terbit).
  • Ketika matahari di atas kepala tidak condong ke timur atau ke barat hingga matahari tergelincir ke barat (pas ditengah-tengah).
  • Dari shalat Ashar hingga mulai tenggelam.
  • Dari matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna. (Lihat Minhah Al-‘Allam fii Syarh Bulugh Al-Maram, 2: 205) Sebenarnya waktu ini sama dengan yang di atas hanya saja terdapat penegasan yang sangat dilarang.

Banyak teman saya sendiri yang menanyakan dengan pertanyaan masuk akal lainnya seperti:

Pertanyaan Seputar Sholat Dhuha

“Apakah syuruk sama dengan sholat dhuha?”

“Lalu kapan waktu Sholat Syuruq?”

Jawaban Pertama: “Sholat dhuha dengan sholat Syuruq itu sama”

Oke! Untuk lebih jelasnya Kita lihat saja arti dari masing-masing kata yakni kata syuruq artinya “matahari terbit” Sedangkan kata dhuha diartikan sebagai saat “matahari naik”. Jadi Kesimpulannya, sholat dhuha dan sholat syuruq itu sama.

Hanya saja..

Jawaban Kedua: “Waktu sholat Syuruq dan dhuha sama namun yang berbeda hanyalah tempat pengerjaannya”

Dari arti yang kita bahas di atas kedua sholat sunah ini sama-sama memiliki keutamaan dan dikerjakan pada pagi hari.

Sholat Sunah Syuruq: Dikerjakan di masjid, oleh seseorang yang mengamalkan sebuah amalan anjuran nabi. Ada sebuah amalan yang apabila jika kita mengamalkannya maka mendapatkan sebuah pahala setara dengan orang yang beribadah Haji. Nah, dari amalan ini, seseorang harus beribadah full dari waktu sholat shubuh dengan melakukan iktikaf hingga terbitnya matahari lalu penutup ibadah yaitu sholat sunah syuruq.

Sholat Dhuha: Sholat setelah terbitnya matahari ini jua sama dalam waktu yang ditentukan, tapi bedanya terletak pada tempatnya. Yup! Sholat Dhuha bisa dikerjakan dimana saja. dengan catatan sudah memasuki waktu sholat dhuha.

Tata Cara Sholat Dhuha

doa sholat dhuha

Tata lengkap bagi pemula atau orang awam seperti saya yang masih kurang tahu berapa banyak sholat dhuha. Mari kita kaji kembali beberapa poin yang harus di perhatikan dalam mengerjakan sholat dhuha. Seperti berikut:

Niat Sholat Dhuha

Niat adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang dalam melakukan suatu ibadah serta salah satunya juga dalam mengerjakan sholat dhuha. Adapun Niat Sholat Dhuha seperti ini:Setelah kita mengetahui doa sholat dhuha beserta niat yang sudah dijelaskan di atas saatnya kita membahas tuntas tentang tata cara sholat dhuha yang baik dan benar sesuai hadist.

doa sholat dhuha

Bacaan latinnya: ”Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala”.

Artinya

“Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”.

Niat sholat dhuha tersebut wajib tercantum dan diniatkan dalam hati adapun kalimat yang di ucapkan adalah kalimat takbir (الله أكبرHal ini karena negara kita menganut ajaran Imam Syafi’i maka saya mengambil dari pendapat madzhab syafi’i,  adapun madzhab yang lain, bisa di cari-cari sendiri ya…

Rukun Sholat Dhuha

Shalat sunnah dhuha sama dengan sholat pada umumnya yang memiliki 13 rukun yang wajib diikuti, karena rukun ini adalah hukum sahnya shalat. Berikut rukun atau tuntunan sholat tahajud:

  1. Niat
  2. Berdiri (bagi yang mampu)
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-Fatihah pada setiap rakaat
  5. Rukuk
  6. Tuma’ninah
  7. Iktidal setelah rukuk dan tuma’ninah
  8. Sujud dua kali dengan tuma’ninah
  9. Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Duduk dan membaca tasyahud akhir
  11. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir
  12. Salam
  13. Tertib

Baca Juga: Tuntunan Sholat Lengkap Beserta Rukun Dan 5 Niat Sholat Fardhu

Adapun di setiap pergantian rukun 1 ke rukun selanjutnya di sunahkan untuk melafalkan kalimat  (الله أكبر) kecuali pada rukun (i’tidal) yaitu:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami’allaahu li man hamidah

Artinya:
“Allah mendengar orang yang memuji-Nya.”

Doa Sholat Dhuha

Dalam gumam saya pribadi do’a Setelah sholat dhuha ini merupakan salah satu do’a memaksa ke pada Tuhannya. Hanya saja ALLAH menyukai do’a tersebut karena terbilang pantas sebagai hamba yang lemah untuk meminta keberkahan, rizeki kepada ALLAH. Didalam do’a ini juga terdapat pujian-pujian kepada_Nya.

doa sholat dhuha

Doa sholat dhuha lengkap latin

ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WALBAHAA-ABAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu. “Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah”. “Demi kebenaran dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaanmu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hambamu yang sholeh”.

Itulah tuntunan sholat dhuha yang bisa saya sampaikan. Terdapat kejanggalan tersendiri bagi saya jika tidak menyebutkan beberapa fadhillah-fadhilah serta keutamaan sholat dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunah yang di sukai oleh Nabi Muhamad SAW. Karena terdapat keutamaan dan fadhilah tertentu ketika seseorang mengerjakannya. Nah, berikut saya ulas manfaat fadhilah sholat dhuha”

Pembuka Pintu Rezeki

doa sholat dhuha

Barang siapa yang mengerjakan 2 rakaat di pagi hari maka akan dibukakan segala pintu rezeki baginya. Kesuksesan tidak bisa dicapai hanya dengan berusaha saja tanpa didasari dengan berdo’a, dan juga sebaliknya do’a pun tidak berujung kepada kesuksesan duniawi.

Dalam secara jamani sholat dhuha sangat tidak berkaitan dengan tambahan rezeki, Namun dalam spiritual sholat dhuha adalah letak pembuka pintu-pintu rezeki para hambanya.

Seperti sabda Rosulullah SAW:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya:

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451 . Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Ghanimah Keuntungan yang Sangat Besar

Atas izin ALLAH seseorang yang istiqamah mengerjakan sholat dhuha juga akan di berikan rejeki yang amat besar sampai-sampai di umpamakan seperti mendapatkan Ghaniimah.

Ganimah: Harta hasil rampasan perang dengan jumlah besar sehingga disebutnya seperti mendapatkan Ghanimah.

Pahala Orang Umroh atau Ibadah Haji

Sesuai dengan sabda Nabi dari Anas R.a berkata:

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”

Dari hadist tersebutlah keutamaan ini di ambil.

Dibangunkan Rumah di surga

Subhanallah! Sangat beruntunglah bagi kita nabi Muhammad yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha karena akan dibangunkan rumah di dalam Syurga seperti potongan hadist berikut:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan rumah di surga” (Hadis ini sahih al-jami’ : 634)

Pendekatan Lebih Kepada ALLAH

 

Saat orang lain sibuk dalam mengerjakan dunia, kita memiliki waktu untuk mendekatkan diri kepada ALLAH dan itulah sebuah nikmat terbesar dalam hidup manusia dengan tuhannya.

Dikatakan seperti itu, karena tiada nikmat yang lebih besar kecuali dekat dengan ALLAH. “Barang siapa yang mengerjakan 4 rakaat maka akan di ampuni dosanya sebanyak buih di lautan” (HR. Tirmidzi).

Jadi, bagi kita yang memiliki waktu lowong di pagi hari mengapa tidak mengerjakan sholat dhuha? Atau bagi kita yang memiliki pekerjaan formal atau seperti di kantor, InsyaALLAH bisa untuk mengerjakannya dengan catatan memang benar-benar ingin melakukan ibadah tersebut.

Note:

Bagi kamu yang saat ini bekerja di bawah pemerintahan orang lain, lalu si Boss tidak membolehkan atau menghalang-halangi kamu untuk sejenak beribadah. Maka cepatlah keluar dari pekerjaan tersebut, jika kamu keluar karena ALLAH pasti ALLAH ganti dengan pekerjaan yang lebih mapan di luar sana.

Manfaat Sholat Dhuha

doa sholat dhuha

Tidak hanya bagi keuntungan rohani dan spiritual saja yang di peroleh oleh orang yang istiqomah mengerjakan sholat dhuha. Tapi, dari keuntungan fisik juga ada lho! Seperti apa keuntungannya mari simak paragraf berikutnya:

Olahraga Dan Shodaqoh

Shodaqoh banyak macamnya dari segi harta, jasa, tenaga, dan hingga sendi-sendi kita bisa mengamalkan shodaqah.

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

Artinya: 

Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ”. [HR. Bukhari dan Muslim]

Perbanyak sujud di pagi hari sangat menyegarkan otak, di pagi hari sendi-sendi otot akan kaku sebab efek tidur malam, maka darah tersebut harus kembali di normalkan dengan olahraga. Dalam islam dikerjakannya sholat dhuha yakni di pagi hari. tanpa disadari juga memicu peredaran darah, maka tidak di tambah olahraga pun masih bisa dikatakan cukup setara dengan olahraga.

Obat Penyakit Dalam

Berhubungan dengan penjelasan di atas yaitu peredaran darah manusia sebetulnya cukup normal, hanya saja pengaruh kurangnya gerak maka pembuluh darah akan tidak normal.

Pembuluh darah yang tidak stabil tersebut akan menjadi sebuah penyakit dalam seperti serangan jantung, ginjal. Untuk mengatasi resiko tersebut perbanyaklah bergerak di pagi hari. Karena di pagi hari saat matahari menerangi seluruh permukaan bumi, di situlah dorongan peredaran darah menjadi obat penetralisir penyakit dalam.

Perawatan Wajah Awet Muda

 

Ini nih yang di tunggu oleh para akhwat. Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah berseri dan cantik alami? Para pria pun juga menginginkan wajah yang sehat dan cerah juga bikin wajah kamu awet muda.

Setiap basuhan wudhu yang menyentuh pada wajah, tidak hanya membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada kulit. Akan Tetapi juga masuk kedalam pori-pori kulit, sekaligus menjadikan kulit berseri dan kencang seperti muda.

Yups, begitulah kiranya yang bisa saya sampaikan tentang Panduan sholat Dhuha mulai waktu pengerjaannya, tata cara sholat, niat sholat dhuha, rukun sholat dhuha, doa sholat dhuha, sampai keutamaan dan manfaat khasiat dari sholat dhuha. Semoga menjadikan kita semakin terinspirasi untuk selalu mengerjakannya. Amin.

Mohon maaf dari saya jika terdapat kesalahan dari tulisan ini hendaknya mengkritik apa yang seharusnya. Sekian dari saya Terima kasih.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.