Pengertian Pemanasan Global | Penyebab, Dampak, Akibat Dan Solusinya

Carakus. Pengertian Pemanasan Global – Bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari kita, begitu panasnya terik matahari pada siang hari. Nah, pemanasan global sendiri menjadi dampak bahaya kepada kehidupan.

Karena atmosfer bumi sudah tidak bisa menahan tajamnya panas matahari, maka mengalami imbas kepada makhluk hidup yang ada di bumi. Hal itu terlihat jelas dari perubahan iklim, sering kali tanah pecah-pecah dan banyak lagi contoh lainnya.

Berikut kita akan menjelaskan secara rinci dari pengertian pemanasan Global, Penyebab terjadinya pemanasan global, Dampak serta Akibat dari pemanasan global itu sendiri, hingga bagaimana caranya kita menanggulangi perusak bumi ini.

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan Global

Maksud dari kata Pemanasan Global sendiri yakni tingkat kepanasan yang meningkat di planet bumi khususnya pada bagian atmosfer, hingga lautan, terutama pada bagian daratan. Peningkatan suhu tersebut timbul tidak lain dari ulah manusia sendiri, yakni  dari pengeluaran gas-gas rumah berkaca yang berlebihan.

Global itu sendiri berpengaruh besar terhadap cuaca serta iklim yang tak menentu, seperti contoh hujan yang tak wajar dalam kondisi waktu yang lama. Sehingga akibat hujan yang begitu lama, mengakibatkan bencana alam seperti banjir, longsor, erosi.

Disisi lain terdapat pula kenaikan suhu yang berangsur-angsur setiap harinya sehingga menimbulkan negara tersebut mengalami kekurangan cairan dan krisis air.

Penyebab Global Warming

Pemanasan Global

Adapun terjadinya gejala pemanasan global tersebut akibat dari kegiatan dan oleh kebodohan manusia sendiri, yang tak lain sebagai berikut:

Faktor Sifat Manusia

  • Efek Rumah Kaca.

Bnayknya rumah kaca ini menimbulkan bolongnya penyaring tekanan panas yang dilontarkna oleh matahari ke bumi. Hal itu disebabkan oleh matahari yang menimpa kaca-kaca gedung namun tidak mampu menghantarkan keluar lapisan bumi, hanya terlontar ke udara saja.

  • Jumlah Kendaraan.

Meningkatnya kendaraan menyebabkan polusi udara juga kian meningkat. Tidak hanya itu, karena tingkat kemacetan di jalan raya juga termasuk faktor penyebaran polusi udara terbesar.

  • Pembakaran Hutan.

Jika dipikir-pikir pembakaran hutan itu hanya terimbas keras kepada diri sendiri dan kerugian besar, karena akan terjadi banyak bencana dari itu yang pasti banjir, longsor, dan angin topan.

Faktor Lingkungan

Pemanasan Global

  • Kurangnya Pepohonan.

Kita membahas dari ruang lingkup perkotaan, karena kurangnya penghijauan tersebut hanya terdapat di lingkungan perkotaan. Dari desa-desa yang sangat menginginkan tumbuh dan maju agar menjadi kota, kita sangat menyarankan agar pepohonan tetap menjadi faktor kehidupan yang juga diutamakan.

Diperkotaan itu sendiri banyak rumah minimalis yang memaksakan diri memakai tempat minim, padahal hanya sepetak itu bisa saja untuk ditumbuhi pohon-pohon yang bisa membantu.

“Jika kita menyelamatkan 1 pohon, sama saja kita menyelamatkan 10 nyawa dari radiasi”

  • Asap Pabrik.

Termasuk kedalam kecerobohan manusia sendiri hal ini sangat umum ditemukan di berbagai wilayah, terutama di kota-kota industri pasti limbah udara yang dihasilkan bisa mendorong penyebab pemanasan global.

  • Penggundulan hutan.

Penggundulan Hutan berarti penebangan pohon besar-besaran dapat memicu lapisan ozon, seperti yang dijelaskan diatas  bahwa pohon mampu menjaga dan memberikan manfaat untuk lingkungan serta makhluk hidup lainnya.

  • lapisan bumi encemaran Zat Kimia.

Zat kimia ini juga membantu penyebab pemanasan global, yang tidak lain merupakan bahan-bahan pembersih rumah tangga, pembiusan tanaman, pemakaian pestisida, pengharum ruangan serta bahan kimia lainnya yang juga memicu polusi udara.

Termasuk juga penggunaan AC secara besar-besaran memicu pemanasan suhu bumi, sehingga lapisan ozon sedikit demi sedikit mampu merusak dan menerobos lewat.

  • Usia Bumi.

Tidak di pungkiri dan juga masuk akal, jika menyebut usia bumi yang sekarang kira-kira menginjak 4,6 milyar tahun dan berabad-abad pula. Bukan hanya di zaman modern ini saja yang banyak menimbulkan lapisan ozon menipis, tapi polusi yang disebabkan dari generasi ke generasi semakin tahun semakin mengikis lapisan ozon tersebut.

  • Boros Listrik.

Listrik juga termasuk pendorong terjadinya pemanasan global, karena CO2 yang dihasilkan oleh pembangkit listrik itu berbahan fosil seperti minyak, batu bara, serta pembangkit listrik yang menggunakan nuklir.

Akibat & Dampak Pemanasan Global

 

Akibat yang terjadi jika pemanasan global itu terus berlanjut akan berimbas kepada seluruh permukaan daratan namun sebelum itu ada tahapan-tahapan yang terjadi diatas permukaan bumi, diantaranya:

1. Mencairnya Gunung Es.

Pemanasan Global

Semakin panas terjadinya pemanasan global, semakin tidak tertahankan pula gunung es di kutub utara dan kutub selatan, atau gunung-gunung yang lainnya untuk mencair.Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya pusat es di dunia ini hanya ada di 2 kutub, yakni Kutub utara, dan Kutub selatan.

Dampak:

Jika keduanya sudah mengalami pencairan, maka tekanan air laut juga akan semakin tinggi dan otomatis suhu dari bumi itu sendiri juga akan naik.

“Bayangkan saja!

Di era ini, kita merasa gerah tak tertahankan disaat terik matahari, apalagi jika musibah itu terjadi?

Dan bagaimana mengatasi gerah tersebut?”

Tak dipungkiri, bahwa selain itu, makhluk hidup area “ES” akan langsung berkurang, sebab mereka tidak bisa hidup dengan iklim yang berubah 180 derajat dari biasanya.

2. Naiknya Permukaan Air Laut.

Pemanasan Global

Dampak yang begitu besar jika pemanasan global itu terjadi yakni setelah pencairan gunung es yang berangsur-angsur sehingga menyebabkan air laut naik ke permukaan dan melebihi batas daratan normal.

Dampak:

  • Selanjutnya yang terjadi ialah, banyak pulau-pulau kecil yang tenggelam dan pulau-pulau besar semakin terkikis.
  • Kekurangan Air higienis (tawar).
  • Perubahan Iklim yang tidak stabil, setiap hari kadang hujan, dan hujan selama berjam-jam tanpa henti.
  • Menurunnya Produksi pertanian. disebabkan iklim yang tak tentu.

3. Suhu Daratan.

Pemanasan Global

Karena air laut yang kian mendekati area pemukiman warga, terjadilah penambahan suhu. Hal ini tidak terjadi secara berlangsung melainkan dengan tahapan hari demi hari. Panas tersebut disebabkan pantulan suhu panas dari air laut.

Dampaknya:

Seiring bertambahnya suhu daratan, mengiringi kekeringan yang dialami para pohon, sehingga lapisan ozonlah yang menjadi sasaran berikutnya. Tidak terkecuali hutan yang ada juga akan menjadi terbakar dengan sendirinya.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Pemanasan Global

Dalam pembahasan Pengertian Pemanasan Global diatas sudah kita singgung sedikit, hanya saja perlu lebih, dari pemahaman pemanasan global ini sendiri.

Berikut gambaran proses pemanasan itu terjadi, sebagai berikut:

  1. Pada dasarnya, matahari menyinari bumi dengan cara membagi energi panasnya. Yaitu, bumi hanya mampu menyerap sebagian saja dari energi panas tersebut, lalu dikembalikan lagi ke atmosfer.
  2. Atmosfer yang telah tidak bisa melakukan tugasnya hal itu disebabkan oleh efek rumah kaca, polusi udara, metana, uap air, sulfur dioksida (SO2), gas karbondioksida (CO2), dan lain sebagainya. Otomatis atmosfer mengembalikan energi panas tersebut kepada bumi.
  3. Sebagian pantulan panas matahari dari atmosfer akan mengikuti aliran udara, dan melewati itu, bisa diteruskan ke luar angkasa.
  4. Radiasi yang dihasilkan akan terus berlipat ganda menjadi 30+ watt per M2.

Berikut ini adalah rincian dari radiasi yang hanya berputar-putar dari langit dan kembali ke bumi lagi :

  • 25% : dipantulkan awan dan partikel partikel lain.
  • 25% : di serap awan.
  • 45% : di serap permukaan bumi.
  • 10% : dipantulkan lagi oleh permukaan bumi.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan Global

Cara mengatasi hal ini terjadi ialah, salah satunya dan tujuan yang tepat dalam pertolongan utama bagi bumi yang terancam membara.

  • Pertama mari kita tingkatkan penghijauan dari ruang lingkungan kita!

Di atas kita telah banyak membicarakan tentang pohon. Yeah memang kita sangat membutuhkannya kandungan zat yang dihasilkan dari pohon tersebut mampu membantu makhluk hidup lainnya diantaranya manusia, hewan, bumi, serta pohon itu sendiri juga sama-sama membutuhkan zat pohon lainnya.

  • Kurangi pemakaian listrik yang berlebihan.

Sebab bahan listrik yang terbuat dari bahan kimia juga menghasilkan CO2 maka untuk menanggulanginya adalah kurangi pemakaian listrik yang berlebihan.

  • Pengurangan jendela kaca

Kaca efek terbesar saat ini yang memicu terjadinya pemanasan global, jadi harusnya kita sadar untuk mengurangi penggunaan kaca dari rumah sendiri. Jika bisa gedung-gedung, apartemen, serta bangunan yang menggunakan kaca berlebihan.

  • Kurangi polusi Kendara.

Kendaraan adalah sebuah alat mesin transportasi yang menggunakan bahan kimia. Jadi, semakin banyaknya Polusi udara yakni kandungan Carbon dioxide (CO2) semakin cepat pula pemanasan global itu terbentuk.

Jadi mari kita kurangi penggunaan motor yang tidak begitu penting, padahal transportasi umum sudah menyediakan dan bersedia mengantarkan anda kemana pun yang anda mau.

Begitulah yang bisa saya sampaikan dari artikel yang membahas pengertian pemanasan global sekian dari saya dan kami ucapkan terima kasih telah berkunjung di website resmi ini.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.