Pengertian Pencemaran Udara Dampak Penyebab Lengkap Dengan Contohnya

Carakus Pengertian Pencemaran Udara. Udara adalah kebutuhan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi dan dalam kali ini, bumi kehilangan kejernihan udaranya. Sehingga menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan terhadap manusia, serta merusak ekosistem kehidupan bumi.

Pencemaran udara terjadi karena ulah manusia seperti banyaknya polusi udara karena asap kendaraan, asap pabrik, pembusukan limbah atau sampah organik dan banyak lagi yang lainnya, sehingga pencemaran udara yang berakibat kepada makhluk hidup yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan berdampak pada pemanasan global.

Karena ulah manusia sendiri pencemaran udara kini semakin menjadi-jadi hal itu terjadi karena efek masa modern yang manusia sendiri semakin tidak tahu menahu atas apa yang mereka lakukan. Dalam faktor pemanasan global yang disebabkan oleh udara Itu terjadi karena dorongan Efek Rumah Kaca yang membuat suhu bumi terperangkap didalam atmosfer.

Pengertian Udara

pencemaran udara

Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Komponen yang konsentrasinya paling bervariasi yaitu uap air (H2O) dan CO2. Udara yang dibutuhkan manusia pada umumnya merupakan udara ambien yang berada di permukaan bumi.

Udara ambien adalah udara bebas yang tepatnya berada di permukaan bumi pada lapisan atmosfer atau berada di dalam wilayah yurisdiksi, dan udara tersebut yang menjadi kebutuhan manusia perdetiknya.

Unsur-Unsur Udara

Definisinya udara merupakan sebuah kumpulan dari macam-macam gas yang tidak berbau. Udara mempunyai hampir 99% terdiri dari dua gas, yakni gas Nitrogen (N) sebanyak 78% dan gas Oksigen (O2 ) sebanyak 21%. Berikut kandungan yang dibawa oleh udara. Tidak lain adalah

Oksigen (O2)

Oksigen (O2) merupakan sekumpulan gas yang tidak banyak fungsinya dan sangat penting kegunaannya. Dari kegunaan oksigen salah satunya ialah kebutuhan seluruh makhluk hidup yaitu untuk bernafas.

Contoh: Sederhananya kita gunakan ikan sebagai percobaan, karena yang kita tahu ikan hewan laut yang kadang kita tidak tahu, mereka tidak terlalu membutuhkan udara. Langsung saja, ikan tersebut kita masukan kedalam botol yang berisi air penuh lalu tutup botol tersebut dengan rapat dan tidak lama kemudian ikan tersebut akan mati karena tidak mendapati oksigen sama sekali.

Selain itu Oksigen juga digunakan sebagai syarat membakar. Terbilang udara adalah gas yang mampu membakar sebuah benda karena contoh sederhana saja, jika kita menyalakan sebuah lilin lalu kita tutup lilin tersebut dengan gelas atau tidak usah dikasih oksigen maka lilin tersebut akan padam.

Oksigen yaitu senyawa gas diatomik yang memiliki rumus O2 dengan sifat tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

Karbon dioksida (CO2)

pencemaran udara

Karbon dioksida (CO2) adalah gas cair tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan sedikit asam. CO2 lebih berat daripada udara dan larut dalam air.

Yang kita ketahui CO2 berguna untuk fotosintesis klorofil Daun atau yang bersangkutan dengan makhluk hidup jenis tumbuhan. Namun kali ini CO2 sudah di perindustrikan dengan kemasan dalam keadaan bertekanan dalam tabung baja serta pengaturan suhunya terjaga dalam kontainer terinsulasi panas.

Proses produksi CO2 dengan cara melalui berbagai proses yakni dengan proses dalam industri petrokimia. Air products ini juga diproses dengan pembakaran gas alam dalam proses kogenerasi.

Ozon (O3)

Ozon (O³) merupakan sebuah lapisan bumi yang berada dalam ketinggian 50 meter. Ozon sendiri memiliki struktur molekul oksigen dan sangat berbahaya kepada kesehatan manusia.

Tetapi menurut hasil para ilmiah ozon tercipata karena melaui proses pencampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi.

Dalam kehidupan zaman sekarang Ozon semakin mendapati kebutuhan para industri, rumah sakit maupun orang yang memang membutuhkan mengkonsumsi Ozon.

Sedangkan dalam perindustrian, ozon digunakan untuk:

  • mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik),
  • menghapuskan pencemaran yang ada di dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna),
  • membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik),
  • mencuci, dan memutihkan kain (dipaten),
  • membantu mewarnakan plastik,
  • menentukan ketahanan getah.

Sebab Pencemaran Udara

Bahkan saat ini polusi udara bukan hanya terjadi di luar rumah saja (Outdoor Pollution) akan tetapi sudah memasuki dalam ruangan alat kerja atau saat kita beraktivitas.

Contoh Polusi Udara Dalam Ruangan (indoor):

  • Penggunaan Ac dalam jumlah besar.
  • Pengharum ruangan.
  • Pembersih ruangan.
  • Dan bahan yang mengandung kimia lainnya.

Contoh Polusi Udara Luar Ruangan (outdoor):

  • Asap kendaraan bermotor.
  • Limbah Udara dari Industri.
  • Perkapalan.
  • Serta proses alami seperti kebakaran hutan atau sejenisnya.

DARI KEGIATAN MANUSIA

pencemaran udara

Kebanyakan dari penyebab tersebut disebabkan oleh penghuni bumi sendiri yaitu para manusia dan dari sebab ekosistem alami itu sendiri, dari apa saja perusaknya mari kita sadarkan mereka dengan kalimat-kalimat yang saya rangkum dibawah ini:

  • Transportasi

 

Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan mesin transportasi tersebut, harus menggunakan bahan bakar yang mengandung bahan kimia seperti bensin, solar dan bahan bakar sejenisnya. Hal itu menyebabkan polusi udara terbesar di dunia.

  • Rokok

Mungkin rokok memang menyebabkan sebuah penyakit bagi menggunanya dan bagi orang sekitarnya. Tidak hanya itu, rokok juga mendukung unsur polusi udara karena setiap asap rokok tersebut mengandung partikel-partikel kecil yang berbahaya bagi kesehatan dan lebih banyak dari yang kita bayangkan.

  • Industri

Asap Industri termasuk pencemaran udara golongan besar yang selalu dibahas dimanapun, karena sudah jelas sekali asap yang terlihat cukup besar dan sangat berpengaruh bagi kesehatan makhluk hidup dan lingkungan.

  • Kegiatan rumah tangga

Penggunaan zat- zat kimia yang disemprotkan ke udara biasanya digunakan oleh para penghuni rumah salah satunya seperti semprotan kimia yang berguna untuk membunuh serangga, pengharum ruangan dan alat bantu lainnya.

DARI FAKTOR ALAM

pencemaran udara

Tidak hanya manusia yang mengakibatkan terjadinya polusi udara, karena dari faktor alam juga banyak yang mendukung terjadinya pencemaran udara dengan pengaruh yang besar juga.

  • Debu Letusan Gunung Berapi

Gunung berapi berarti gunung yang masih hidup dan aktif untuk menyemburkan apa saja yang ada didalamnya seperti debu, lahar, magma dan lain sebagainya.

Nah, contoh yang sangat mencemari udara adalah debu fulkanik hasil letusan gunung berapi. Pengaruh yang sangat besar ketika gunung mengeluarkan debu fulkanik tersebut banyak makhluk hidup yang terganggu kesehatannya terutama tumbuhan, hewan dan lebih bahaya lagi jika terkena manusia.

  • Pembusukan Sampah

Sampah merupakan sebuah buangan yang bersifat organik dan anorganik. Sampah itu terjadi karena hasil aktivitas dari makhluk hidup yang ada di bumi seperti hewan, manusia serta tumbuhan yang sudah tidak berguna dan tidak terpakai lagi lalu dibuang karena sudah tidak dibutuhkan.

Pengaruhnya sampah-sampah tersebut mencemari kemurnian udara, sehingga sampah yang tidak terurus tidak ditanggulangi menjadi banyak dan menumpuk. Setelah itu seiring dengan perjalanan waktu terjadilah pembusukan sampah yang mencemari udara.

Dampak Pencemaran Udara

pencemaran udara

Dia atas telah kita bahas sebab dari pencemaran udara tersebut, maka sekarang kita bahas apa saja kerugian dan dampak dari pencemaran udara.

Object atau yang menjadi sasaran utama dari Dampak tersebut tentu para makhluk hidup yang berada di bumi dan yang butuh dengan udara. Lalu object tersebut tidak lain, adalah:

Pemanasan Global

Jelas sekali bahwa dampak pencemaran udara mengakibatkan global warming yaitu mengakibatkan meningkatnya suhu bumi sehingga air laut naik hingga ke permukaan bumi. Pembahasan ini telah kita bahas dalam artikel sebelumnya dan bisa kita gali lebih dalam tentang Pemanasan Global. Selain itu keadaan suhu bumi yang terus naik sebab terjadinya lapisan ozon yang rusak.

Manusia

Polusi udara banyak disebabkan oleh manusia-manusia yang berbuat dan tidak bertanggung jawab. Lalu dampaknya seiring dengan berjalannya waktu polusi udara beresiko menyerang para manusia lain.

Polusi udara memang sangat berbahaya karena dimana ada udara yang tidak normal, maka juga berakibat manusia yang tidak sehat pula. Banyak faktor negatif karena udara kotor antara lain serangan bakteri penyakit serta menjadi serangan virus-virus baru, infeksi, kanker dan paling minimnya iritasi dimana-mana.

Serangan tersebut tidak lain.

  • Pertama kali yang diserang adalah pencernaan atau sistem pernafasan.
  • Lalu dampak polusi udara akan mengganggu jarak pandang.
  • Dan tidak itu saja karena polusi udara juga menyerang organ intim manusia atau mengganggu sistem reproduksi manusia.

Hewan

Hewan adalah makhluk hidup berikutnya terserang melalui pakan dan minuman hewan yang tercemari oleh bakteri. Pakan para hewan tidak higienis maka menimbulkan banyak hewan mati dan sakit-sakitan tidak seperti biasanya.

Para binatang terimbas polusi udara menimbulkan ekosistem kehidupan makhluk hidup lainnya juga tersedot kedalam kepunahan.

Tanaman

Tanaman adalah ekosistem yang paling di butuhkan oleh kebanyakan makhluk hidup seperti manusia, hewan dan juga lingkungan. Tanaman juga menjadi penawar bagi udara yang kotor. Karena tumbuhan yang baik adalah tumbuhan yang mampu mereproduksi udara. Tanaman akan terserang penyakit nekrosis, bintik hitam, klorosis, dan penyakit lainnya. Padahal sedianya tanaman itu berguna untuk membersihkan udara.

Benda Mati

Tidak hanya makhluk hidup saja yang terkena dampak polusi angin kotor, melainkan banyak benda mati yang menjadi lapuk dan tercemar seperti air, bangunan lapuk seperti candi, kabel karat, kereta api cepat karat, dan banyak lagi yang lainnya.

Proses cepat lapuknya bangunan disebabkan oleh hujan asam terjadi karena awan terkena dampak pencemaran udara sehingga pH (tingkat keasaman) awal menjadi dibawah 7. Hujan asam dapat merusak bangunan, membunuh tanaman, dan menurunkan kualitas air.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.