Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

CarakusSejarah Sepak Bola Indonesia. Adakah diantara kamu yang tidak suka bola? Jangan bilang ada yang gak suka. Karena kalau sudah masuk pada website ini dilarang keras bagi siapapun untuk keluar tanpa sebelum membaca konten.

Sejarah memang sangat diperlukan bagi negara, bagi pecinta barang-barang antik, maupun para peneliti, juga para pengamat prasejarah. Hingga banyak bagi sebagian orang menghabiskan seumur hidupnya demi mendapatkan sejumlah info mengenai sejarah.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sejarah pada zaman dahulu sepak bola Indonesia ini tercipta.

Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Sejarah Bola Islam

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Dulu, ane dikasih tahu sama guru madrasah yang kalau tidak salah masih duduk dikelas 4. Kalau sejarah sepak bola itu tercipta dari sejarah cucu Nabi Muhammad S.A.W yang dipenggal kepalanya oleh orang-orang kafir, lalu ditendang-tendangnya kepala tersebut secara bergantian (dari kaki ke kaki), layaknya orang yang sedang asik bermain bola.

Namun cerita itu hanya ane dengerin gak masuk ke otak, karena juga gak ada yang larang saat jam istirahat tiba ane dengan kawan-kawan main bola. Coba aja dilarang! Mungkin sampek sekarang gak suka tuh sama sepak bola. Sukanya Futsal! hehe..

Sejarah Sepak Bola Dunia

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Terungkap bahwa sepak bola sudah dimulai pada abad ke 2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok China. Pada masa Dinasti Han itu, masyarakat sudah bermain bola kulit dengan cara menggiring, juga menendangnya ke gawang kecil yang terbuat dari jaring.

Juga pada saat itu, permainan bola sudah digemari di negara tetangga yaitu Jepang dengan sebutan Kemari. Setelah berselang beberapa abad, tepatnya pada abad ke-16 permainan menendang dan menggiring bola, juga sudah dimainkan di negara Italia.

Sepak Bola Indonesia

Yup, Olahraga terbesar seluruh dunia ini mungkin sangat banyak digemari oleh semua orang, entah itu orang yang suka sama bola atau orang yang hanya suka nontonin bola. Karena terdapat beberapa perbedaan diantaranya:

1. Orang yang Suka Sama Bola.

Orang yang seperti ini biasanya sangat aktif dengan kegiatan bola, seputar bola, dunia bola, hati bola, pemikiran bola. Entahlah apa yang ada didalam pikirannya, juga apa yang biasa dia makan ya???

Orang yang suka sama bola tidak hanya suka membicarakan bola, tentu juga gemar memainkannya entah permainan dia jelek maupun buruk.

2. Suporter Bola

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu
Dalam versi yang kedua, adalah Suporter Bola. Nah, dalam hal ini sangat berbeda dengan yang pertama. Juga kemungkinan terdapat beberapa faktor, mengapa orang ini tidak memilih untuk bermain sendiri.

  • Mereka suka dengan sebuah Club Bola.
  • Mereka tidak suka dengan bermain sendiri.
  • Takut capek.
  • Terkena penyakit.
  • Gak dibolehin sama Emmaknya.
  • Suka nontonin orang main bola.
  • Lapangannya gak ada.
  • Dan lain sebagainya.

Sejarah Bola Zaman Old

Saya mengira kalau sejarah sepak bola indonesia dulu, itu seperti permainan bola kita jaman dahulu. Kita mungkin pernah merasakan bagaimana rasanya bermain sebuah bola tanpa wasit, tanpa lapangan yang resmi, juga dengan perkiraan naluri. Mungkin kita akan ketawa sendiri bila mengenang hal itu, disaat:

1. Sepatu Haram Dipakai

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu
nyeker lebih baik dari pada melukai kawan

Pada saat itu dalam permainan bola, kita tidak diperbolehkan untuk bermain memakai sepatu dan apabila ada yang memakai sepatu, akan disuruh keluar untuk membuakanya. Banyak deh,, alasannya.

  • Dibilang orang sombong.
  • Kalau kena kaki orang sakit.
  • Licin! Gak boleh pakai nanti jatoh.
  • Gak setia kawan banget sih.

Note : Bermain bola menggunakan sepatu biasanya digunakan setelah pulang sekolah (belum pulang kerumah masing-masing).

2. Gawang Khayalan

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Adapun dengan gawang yang kita pakai adalah sebuah benda yang ditumpuk maupun ditancapkan, jika itu bisa. Seperti:

  • Sandal, itu biasanya ditumpuk untuk dijadikan gawang serta harus tertata, tidak harus rapi juga tidak boleh terlalu berantakan, “karena nanti bakal diomelin sama wasitnya”.

  • Kayu, Juga bisa dijadikan sebagai gawang keeper biasanya ditancapkan dengan kuat, karena kalau tidak tertancap dengan benar maka sang wasit juga akan berontak.
  • Batu, meski agak berat kedengarannya tapi tak seberat itu juga, karena kita hanya memakai batu berukuran sedang yang tertata rapi, hal ini yang kita rasakan pada saat itu.
  • Sampah, ini lebih mengerikan karena jika sampah itu terbang maka permainan pun akan kacau. Dan untung saja, hal ini hanya dialami jika sebuah pertandingan terdesak, sangat jarang digunakan.

Note : Kadang tidak hanya berpatokan pada salah satu diatas, keseringan dari pemain mencampur yang ada. Biasanya sudah terdapat batu di area gawang, jadi tinggal kita tambahin sandal, kayu, atau semacamnya.

Untuk penentuan goll, bisa dinyatakan goll dari pengakuan pemilik gawang (pemain) atau jika tidak diputuskan oleh wasit.

3. Lapangan

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Di sebuah kampung biasanya terdapat sebuah sawah, maupun ladang yang tidak pernah keurus. Nah, yang dijadikan lapangan oleh kebanyakan orang maupun anak-anak pada zaman itu, adalah lahan kosong.

NB : “entah itu di belakang sekolah, depan sekolah maupun di samping sekolah”.

4. Wasit

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Dari tadi ane sebutin wasit mulu tapi pertanyaannya

“siapa yang menjadi wasit?”

Jawabanya : Jelas jadi wasit itu tidak ada, yang ada adalah semua pemain menjadi wasit.

“Semua pemain adalah wasit (musyawarah)”

5. Timer

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Dalam dunia sepak bola resmi, ideal waktu bermain yang disediakan oleh wasit biasanya dibagi menjadi 2. Babak pertama 45 menit + waktu tambahan, diteruskan dengan babak kedua dari menit 45 hingga menit ke 90 + tambahan waktu.

Namun buat pertandingan Sepak Bola Zaman Old Tidak ada yang menentukan waktu kecuali terjadinya perkelahian, pemain cidera besar (patah tulang), kesurupan, adzan maghrib, si pemilik bola pulang.

Dan yang paling menyeramkan adalah dipanggil emak (itu tandanya peluit berakhirnya pemain, sekaligus kadang berakhirnya sebuah pertandingan).

Terdapat pula timer untuk istirahat yaitu bila ada pemain yang haus bisa pulang buat minum terus balik lagi ke dalam permainan.

6. Keeper

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Tugas keeper pada umumnya hanyalah menjaga gawang, tapi dulu tuh, keeper jagoan kita yang bisa multifungsi. Bisa menjaga gawang juga bisa mengambil bola yang melenceng jauh.

Jadi jika hanya menjaga gawang agar tidak kebobolan masuk dan tidak suka ngambil bola, maka lirikan mata para pemain akan berubah ganas. Dibilang gak jago!

Tapi biasanya yang menjadi kiper adalah pemain yang memiliki bobot gede (gendut). Entah itu kenapa, tapi begitulah yang terjadi. “Mungkin dengan sering ngambilin bola, si gendut bisa kurus”.

“Ayo!! Semangat ngambil bolanya!”

7. Skor

sepak bola indonesia

Semua pertandingan pastinya terdapat sebuah skor atau berapa jumlah penentu kemenangan dari sebuah tim, pemain. Begitu juga dalam pertandingan sepak bola zaman old juga terdapat jumlah skor, hanya saja tak terhitung berapa jumlahnya yang penting siapa ngegollin ke gawang hayalan dia yang jago.

“Goll Tanpa Batas”

“Maennya pakek kaki tapi gollnya kayak Basket”

8. Strategi

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Permainan sepak bola dimanapun berada terdapat strategi agar mendapatkan sebuah permainan yang cantik, dan menciptakan goll. Adapaun dari permainan ini, juga terapat suatu strategi dan biasanya kita sebut dengan “keroyokan”.

“Dimana ada bola disitulah kaki ku pijak”.

9. Topi

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Dimana ada kiper yang memakai topi maka rasa percaya dirinya semakin membludak. Itulah yang dulu kita rasakan, ditambah lagi jika memakai kaos berwarna hitam berlengan panjang.

Karena kita dulu sangat fanatik dengan salah satu pemain asal Jepang yang lagi ngetrend pada waktu itu. Yups, keeper andalan kapten Tsubasa yaitu “Wakabayashi” dengan gaya maconya dia sangat lincah menjaga gawang agar tidak kebobolan goll.

“Wah.. Tambah keren tuh saat bermain”

10. Seragam

Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu

Seragam itu penting agar pemain bisa mengingat dan mengenal siapa anggota timnya (tim kawan). Tapi kita dulu menggunakan seragam itu bebas, tidak perlu membeli kaos atau seragam yang lengkap antar tim, Cukup dengan mengingat-ingat siapa lawan, siapa kawan.

Untuk menciptakan seragam kita hanya butuh mencetak goll, jika kita mencetak goll ke gawang lawan, maka lawan harus membuka baju. Tapi jika kita yang kebobolan maka kita yang wajib telanjang tanpa baju.

11. Pemain

Oh ya, satu lagi. Dalam pertandingan bola ada pemain, biasanya kita dulu membagi pemain itu dengan memisahkan diri antara lawan dan kawan. Setelah itu baru dihitung berapa orang dari tim lawan, dan berapa orang yang berada di tim kita.

Note : Pemain harus imbang yang jago main bola harus ada di dua belah tim. Dilarang keras dalam satu tim hanya memilih pemain yang jago. Kalau tidak adil maka sang wasit akan berontak.

Demikian dari artikel Kocak Sejarah Sepak Bola Indonesia Zaman Dahulu. Semoga kita bisa tertawa mengenang masa tersebut, “masa yang tak akan terulang kembali”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.