Strategi Pedagang Kaki Lima ini Menjadi Inspirasi Semua Orang

CarakusStrategi Pedagang Kaki Lima.Pernah kamu berpikir tuk menjadi seorang pedagang kaki lima? itu, tidak seperti yang kalian bayangkan lho!!

Mungkin dari kalian berpikir…

“Pedagang tuh enak! Bisa libur sendiri, tanpa mengikuti jam kantor atau layaknya seorang karyawan”

Asal Usul Kata Pedagang Kaki Lima

Strategi Pedagang Kaki Lima

Pada zaman dahulu, saat Negara Indonesia masih dalam kuasa penjajahan Kolonel Belanda, yang saat itu masih dalam pemerintahan Gubernur Thomas Stamford Raffles pada tahun 1811-1816.

Membuat peraturan bahwa disetiap jalan raya dibuatkan khusus untuk para pejalan kaki, yang sekarang bisa kita sebut dengan kata “trotoar”.

Trotoar pada zaman dahulu ukurannya rata-rata, hanya 5 kaki saja/ setara dengan 1,5 meter. Tapi sekarang trotoar sudah ada yang sampai 3 meter.

“Pada saat itulah trotoar sudah resmi untuk dilalui oleh para pejalan kaki”.

Biasanya para pedagang kaki lima sering beristirahat disana, jadi langsung saja mereka jadikan tempat itu adalah lapak kuasa mereka, dan hingga saat ini penjual kaki pun ikut serta berjualan di area pejalan kaki (trotoar).

Begitulah cerita dari nama Pedagang kaki lima sekaligus asal usul trotoar.

Strategi Pedagang Kaki Lima

Sudah dengan asal dan usul “Julukan Pedagang Kaki Lima”, mari kita lanjut dengan “Realita Pedagang Kaki Lima”.

Kemungkinan dari kalian hanya memikirkan bahwa pedagang itu, meraup keuntungan yang besar juga gampang libur. Tapi nyatanya TIDAK semudah yang kalian bayangkan.

Coba telusuri apa saja yang dilakukan oleh pedagang menurut kamu.

Jika sudah, lanjutkan! Apakah hal tersebut sama dengan hal ini.

Strategi Pedagang Kaki Lima

Tidak hanya berperang saja yang mempunyai strategi, dalam dunia perdagangan Kaki Lima juga terdapat beberapa strategi, agar berdagang bisa seperti yang diharapkan.

Mungkin yang akan ane bahas dari artikel ini, bukan sekedar strategi, namun juga ke pengalaman yang ane alami.

Berprinsip Tidak Takut Rugi

Strategi Pedagang Kaki Lima

Semua orang sih.. Harus mempunyai Prinsip, begitu pula dengan pedagang.

Maksud dari kata berprinsip adalah bagaimana kita berjualan, namun tidak mendapati kerugian yang fatal

Tidak takut Rugi, Jangan mau Rugi

Dalam berdagang tentu akan terjadi 3 faktor:

  1. Rugi : Modal berkurang, tidak dapat hasil.
  2. Tanpa Hasil : Modal tidak berkurang, namun hasil juga tidak didapat.
  3. Untung : Modal kembali tetapi meraih hasil yang lumayan, bahkan bisa berlipat ganda.

Note : Bisa juga didalam Satu hari tidak mendapatkan keuntungan yang besar, dan pengeluaran pun besar. Jangan mencemaskan hal itu karena adalakanya kita tidak mengeluarkan modal sama sekali, tapi meraup keuntungan berlipat ganda.

Penampilan

Strategi Pedagang Kaki Lima

Penampilan bagi pedagang itu wajib! Karena riset membuktikan bahwa didalam pertemuan itu yang dinilai adalah.

  • Wajah.
  • Pakaian.
  • Wangi.
  • Rapi.
  • Tampan.
  • Dan lain sejenisnya..

Kesimpulan yang tepat adalah jika seorang pedagang tidak begitu memperhatikan salah satunya,  atau tidak mengatur hal diatas, maka untuk menarik pelanggan sangatlah sulit.

Layaknya pada film ataupun sinetron percintaan pada layar TV, biasanya diceritakan ada seorang pedagang muda yang berpenampilan biasa, namun memiliki wajah lumayan Tampan, sehingga bisa meramaikan jualannya dengan para wanita.

“Oke cukup! itu hanyalah film sudah ada karangan sebelumnya”.

Tapi, tidak hanya di film saja, karena jika kamu seorang pedagang dan berpenampilan rapi, maka juga banyak cewek yang mampir ke warung daganganmu kok.

Terjaga Malam

 

Strategi Pedagang Kaki Lima

“Rejekinya dipatok Ayam”

Demi tidak kesiangan, biasanya para pedagang lebih bersiap-siap dari dini hari pukul 3:30 AM, hal itu dilakukan, agar para pembeli juga siap santap saat jam sarapan.

Salah satunya juga, Untuk bisa mengawali para pedagang lain. Karena jika pedagang lain lebih dahulu melintasi area kita, maka jumlah pemasukan tabungan pun juga mengurang.

Teliti Memilih Bahan

Strategi Pedagang Kaki Lima

Strategi Pedagang Kaki lima kali ini juga termasuk hal yang harus diperhatikan, Bahan dalam masakan atau barang yang akan di jual oleh para pedagang harus memiliki kualitas bagus, jangan sampai kita teledor dalam hal ini, terutama dalam penjualan makanan.

Kesalahan yang fatal bagi seorang penjual adalah:

“Membuat pelanggan tidak nyaman dengan pelayanan, kondisi, maupun dagangan kita”.

Nah, hal tersebut akan mencontreng nama besar Warung, atau ditambah lagi jika customer tidak merasa puas, lalu tidak kembali menikmati dagangan kita lagi, karena hal ceroboh tersebut, harusnya kita lebih waspada dengan hal sekecil pun.

Berani Dengan Cuaca

Strategi Pedagang Kaki Lima

Demi memperoleh keuntungan yang di harapkan wajib bagi pedagang menghadapi cuaca, Berpanas-panasan, kehujanan, itu mah sudah biasa dilalui oleh semua pedagang kaki lima.

Tidak berani dengan kondisi alam, jangan jualan!!

“Segeralah tutup daganganmu lalu pulang kampung”.

Perjuangan & Berdo’a

Strategi Pedagang Kaki Lima

Seperti kata Pedangdut Rhoma Irama “Berjuang tanpa do’a, Nista. Berdo’a tanpa berjuang, Hampa”.

Berjuang mungkin sudah biasa dilakukan oleh semua orang, namun dengan tambahan do’a serta tawakal kepada sang pencipta, INSYAALLAH hasil yang didapat akan barokah.

Jangan lupa bersyukur adalah kewajiban yang juga termasuk strategi pedagang kaki lima.

Liburnya Pedagang

Strategi Pedagang Kaki Lima

Siapa sih yang gak pengen liburan saat duit ada, kendaran ada, temen ada, toh.. Juga gak ada yang larang meski kita liburan, tapi pedagang masih harus berpikir dua kali.

Kalau kita jalan-jalan, diwarung pasti banyak tuh yang nanyain ke pedagang sebelah.

  • Abang yang jualan soto gk jualan sekarang?
  • Kemana Abang soto?
  • Si K-Conk kemana nih? Kok gk dagang?
  • Dan pertanyaan lain yang bikin baper. Begitulah pertanyaan orang Laper.!

Gimana gk kepikiran! Biasanya kebanyakan dari mereka yang nanyain para Cewek!

Tapi para Ojek atau supir angkot yang sering nongkrong, juga banyak sih yang nanyain.

Nah, dari pengalaman ane selama berdagang. Jarang juga sih, untuk liburan.

Audience : Kenapa Bang..??

Yups, berpikir untuk liburan meski kantong dan dompet banyak duit, ane ragu buat liburan karena pikiran ane tuh, ke warung aja!

“Saking sayangnya sama warung mungkin ya.. Hehe..”

Ngutangin

Strategi Pedagang Kaki Lima

Dalam dunia perdagangan ada tradisi transaksi aneh yang biasa digunakan oleh para satpam, kawan, tukang parkir pelanggan tetap atau temen seperdagangan.

Demi menangani hal tersebut, ane kasih tips biar kalian tidak mengalami kerugian besar “karena teman”.

Tips Ngutangin

  • Suruh bayar sebelum makan.
  • Jika kemaren mereka udah ngutang, tagih jika berani.
  • Tak berani menagih hutang bisa kamu ajak dia dengan halus, misalnya, cuekin aja.
  • Paksa bayar.
  • Sodakohkan saja, jika ikhlas.

Note : Mereka kalau tidak mau bayar plototin aja! Mungkin abis itu mereka jatuh Cinta padamu. huahahaha….

Banyak Duit

Strategi Pedagang Kaki Lima
@Nabung pangkal kaya

Jangan remehkan pedagang, karena meski penampilan juga pekerjaan mereka seperti itu, mereka hanya merendah saja! Kalau pulang kampung mereka bawa duit banyak lho..

Kalau dihitung-hitung penghasilan pedagang jelas sangat melebihi para karyawan yang berpakaian rapi pakai kemeja, pakai sepatu, pakai dasi, dan lain sejenisnya.

Kapan-kapan ane posting perbedaan pedagang dengan karyawan oke!

Bukan pedangan sejati jika tidak pernah ngalamin Untung besar, diutangin, dikejar satpol PP, kehujanan, dan capek.

Sabar

Strategi Pedagang Kaki Lima

Menjadi seorang pedagang tuh enaknya, punya Duit banyak! Kalau capek. Ya, libur aja sendiri! Wong dagangan, dagangan sendiri!

Enaknya sih gitu!! Tapi coba lanjut ke bawah!

Namun dilihat dari mereka bersikap, menghormati pelanggan, serta memanjakan pelanggan. Itu yang tak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

Butuh kesabaran lebih bagi seorang pedagang, karena semua pelanggan tidak hanya berwatak baik, bahkan banyak yang berwatak keras, minta dimanja, minta diperhatiin lebih, dan ada juga yang minta kembalian.

Demikian dari artikel Strategi Pedagang Kaki Lima diatas mungkin hanya itu yang bisa ane share, lain kali ane lebihin buat anda yang sedang baca, Dan buat yang tidak membaca dikasih tau agar mereka bisa berdagang, serta mengikuti strategi pedagang kaki lima di atas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.