Pengertian Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Beserta Contohnya

Carakus Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui. Makhluk hidup membutuhkan hasil dari alam, dan begitu pun sebaliknya alam juga butuh campur tangan manusia, agar kehidupan alam menjadi tidak terbatas serta menjadi terus menerus dan bisa digunakan oleh makhluk hidup lainnya. Tetapi terdapat juga Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui oleh manusia seperti emas, batubara, batu marmer dan lain sebagainya.

Dalam hal yang sederhana saja, manusia setiap hari memerlukan bantuan alam seperti asupan gizi dan makanan pokok, pakaian, serta tempat tinggal manusia semuanya berasal dari alam.

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Namun Sumber daya alam yang digunakan bisa saja mengakibatkan terjadinya bencana kepada manusia itu sendiri, hal itu akan terjadi bila penyalahgunaan dan pengelola alam secara berlebihan.

Peran terpenting dari sumber daya alam merupakan faktor pendukung dari manusia itu sendiri. Jadi yang harus kita lakukan sekarang adalah memicu agar sumber daya itu bisa di dapat, lalu langkah kedua menjaga kelestarian penghasilan dari alam tersebut, dan yang terakhir bagaimana kita mengelola hasil dari SDA itu sendiri.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Contoh yang sederhana adalah manusia mengelola pertanian dengan bermacam jenis tumbuhan. Sebab tumbuhan banyak sekali kegunaannya seperti bahan pokok makanan, bahan bakar, membantu kelangsungan hidup manusia, juga sebagai obat-obatan, berbagai macam pupuk dan banyak lagi yang lainnya.

Tanah

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Tanah merupakan peranan penting bagi sumber daya alam yang juga berdampak menguntungkan bagi kehidupan makhluk lainnya. Sebagian besar dan keseluruhan manusia, hewan dan tumbuhan sendiri memerlukan tanah sebagai unsur hara yang merupakan sumber makanan utama bagi tumbuhan.

Tanah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan membutuhkan campur tangan manusia, pengelolaan bijak manusia terhadap tanah itu sendiri dapat memicu menjaga keseimbangan alam.

Tapi apabila pengelolaan tanah tidak digunakan dengan bijak maka akan mengakibatkan bencana dahsyat bagi seluruh makhluk yang ada di atas tanah maupun hewan yang berada di dalam tanah. Contoh bencana yang kita temui berupa longsor, tanah retak yang terjadi tiba-tiba di tengah keramaian warga dan lain sebagainya.

Air

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya berupa air, Air bukan lagi sebagai kebutuhan manusia, sebab kandungan air didalam tubuh manusia sebanyak 70% dan  10% dari lemak yang juga berupa kandungan air, lalu sisanya adalah kerangka dari organ tubuh itu sendiri.

Bukan hanya manusia saja yang sebagian besar tubuhnya mengandung air, karena hewan dan tumbuhan lainnya juga memerlukan air sebagai kebutuhan sehari-hari.

Air sangat butuh bantuan manusia agar dapat dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup, dari contoh yang sederhana adalah menjaga kemurnian air serta menggunakan air dengan secara wajar.

Udara/Angin

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Pencemaran angin, dapat memicu dalam kerusakan dunia seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, yaitu pemanasan global dan kerusakan dunia ini sebab akibat pencemaran udara.

Angin berdampak bagi seluruh kehidupan seluruh makhluk, dengan catatan udara yang dilestarikan oleh manusia dengan baik. Pemanfaatan angin di dalam teknologi masa modern sudah banyak digunakan oleh manusia, seperti yang terjadi di negara-negara besar.

Angin digunakan untuk membantu sebagai pembangkit energi, generator-generator kincir angin memberikan pelayanan lebih terhadap pelestarian udara.

Flora

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Flora adalah tumbuhan yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh kita semua, seperti:

  • Berbagai macam makanan.
  • Obat-obatan.
  • Sebagai bahan pokok peralatan rumah tangga.
  • Pembuatan kain.
  • Dan penyerap karbondioksida (CO2).
  • Dan yang terpenting juga penghasil oksigen.

Dari data penelitian lama pepohonan atau tumbuhan, semuanya membawa manfaat entah itu dari segi akar, daun, batang, buah, serta bunganya.

Pohon adalah salah satu contoh yang dapat diperbaharui secara terus menerus. Dalam bentuk sederhana tumbuhan bisa di manfaatkan meski tanpa diperbarui hanya saja karena kebutuhan manusia yang semakin berkembang dan bertambah. Maka tumbuhan sangat butuh campur tangan manusia.

Fauna

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Tentunya kita tidak bisa melupakan pasangan dari flora ini, yang menjadi Sember daya alam karena memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat hewan bagi manusia sendiri juga teramat banyak.

Pada zaman dahulu hewan-hewan dimanfaatkan dengan baik, contohnya sebagai tunggangan atau alat sarana transportasi, sebagai makanan dan dimanfaatkan sebagai hiasan untuk memperindah pencitraan.

Kegunaan hewan bagi kehidupan manusia:

  • Untuk dijadikan pakaian.
  • Hewan berguna untuk menjadi sarana transportasi.
  • Manusia memanfaatkan hewan untuk di jadikan makanan sehari-hari.
  • Hewan juga bisa membantu untuk menggerakan mesin dan memudahkan beban pekerjaan.
  • Juga bisa jadikan obat-obatan dari jenis hewan pilihan.
  • Dijadikan bahan eksperimen atau uji coba dalam penelitian tertentu.
  • Dimanfaatkan kerangka dari sebagian dari organ tubuhnya.
  • Atau juga menjadi penghasilan utama dari hasil penjualan hewan.

Selain itu para fauna juga tidak hanya memberikan manfaat bagi par manusia tapi juga sangat membantu dalam keseimbangan lingkungan. Diantaranya:

  • Menjadi penyubur tumbuhan dari pupuk alami yang di buang oleh para hewan.
  • Menjaga kesuburan tanah dan membuat tanah menjadi lebih gembur.

Jadi contoh diatas kita telah mengetahui manfaat yang dikandung oleh para fauna, sehingga jika kita (para manusia) hanya mengkonsumsi mereka, dan tidak menjaga kelestariannya, maka populasi hewan akan punah.

Biomassa

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Biomassa adalah sisa-sisa organ mahkluk hidup yang telah mati, tapi jasadnya masih bisa dimanfaatkan oleh manusia sendiri. Contoh yang biasa digunakan adalah:

  • Serbuk kayu, yang bermanfaat untuk kebutuhan mebel dijadikan pintu, triplek atau dinding lemari.
  • Sisa kulit kayu, juga berguna untuk para tukang mebel.
  • Kulit binatang, Untuk dijadikan alat musik seperti rabana, ketipung, gendang, jidur masjid dan lain sebagainya.
  • Rumput kering, Biasa digunakan kembali untuk dijadikan pupuk kompos.
  • Kotoran atau tinja hewan, berguna jika dikelola menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar, atau dijadikan pupuk kandang.

Manfaat Biomassa memang begitu berarti bagi manusia tapi jika dilihat dari kegunaannya dan bisa mengelolanya, bisa kita jadikan sebuah penghasilan suatu bisnis bahkan sebuah penghasilan yang luar biasa.

Air Laut

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Banyak yang berpendapat air laut dapat dimanfaatkan. Mungkin kita yang masih baru mendengarnya agak risih juga mengetahuinya, tapi maksud kita adalah air laut yang memiliki Pasang dan Surutnya Air Laut, Ombaknya, serta yang ada didalam cakupan air laut.

  • Pasang Surutnya air laut.

Menurut penelitian banyak manfaat dari pasang surutnya air laut yakni, sebagai berikut:

  1. Pasang Surut Air Laut juga Dimanfaatkan Untuk Mata Pencarian Nelayan.
  2. Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Water Sport.
  3. Pasang Surut Air Laut Dapat Membantu untuk Pembuatan Garam.
  4. Pasang Surut Air Laut Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Transportasi Perairan.
  5. Sebagai Sumber Tenaga Listrik.

Untuk menanggulangi hal itu kita juga harus menanggulangi pasang surut air laut dengan cara mengelola angin atau udara yang ada.

  • Ombak.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Proses terjadinya ombak berupa aliran permukaan air laut yang tertiup angin lalu bergulung-gulung mengikuti arah angin. Manfaat ombak sendiri juga banyak dimanfaatkan oleh para manusia, seperti:

  1. Pembangkit listrik yang dipakai oleh masyarakat setempat.
  2. Pembangkit listrik marcusuar yang ada di pinggir pantai.
  3. Pembantu para nelayan yang sedang berlayar.

Untuk menjaga ombak tersebut, sangat berkaitan sekali dengan proses pembaruan pada angin.

Sekian yang bisa saya sampaikan tentang penjelasan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan kita. Tentang SDA yang perlu kita lestarikan agar bumi ini tidak kehilangan ciri khasnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.