Pengertian Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Contohnya

Carakus – Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui. Pengertian dari Sumber Daya Alam (SDA) adalah sebuah hasil alam yang bisa digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pada dasarnya sumber daya alam terbagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Dari jenis SDA tersebut memiliki cara yang berbeda-beda dalam pelestariannya,

SDA

Stok

Hasil Dari

Contoh

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaruiDapat digunakan secara terus menerusDengan bantuan tangan manusiaTumbuhan, Hewan, Air, dan lain semacamnya.
Sumber Daya Alam yg tidak dapat diperbaharuiDapat digunakan dan terbatasMurni dari alamMinyak Tanah, Batu bara, gas bumi, emas dan lain sebagainya.

Nah dalam kolom di atas, jelas sekali bahwa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akan habis, sebab ketersediaan alam yang terbatas. Untuk menanggulangi hal tersebut manusia harus menggunakan cara lain seperti cara alternatif.

Contoh dari alternatif lain seperti: Cadangan bensin yang semakin menipis, manusia harus mengakali mengganti bensin dengan biogas sebagai pengganti bahan bakar (bensin).

Berikut ini yang bisa kita terapkan dari apa saja jenis macam sumber alam, dibawah contohnya.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Intan

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Intan adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Intan memang menarik untuk dijadikan perhiasan dan keutamaan lain dari intan sendiri, ternyata Intan adalah salah satu batuan yang paling keras. Hal itu di kemukakan oleh para ilmiah dalam uji coba memotong batu seperti marmer, kaca dengan intan.

Batubara

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Batu yang paling banyak dijadikan sebagai perdagangan negara ini, juga termasuk SDA yang terbatas karena tidak dapat diperbaharui. Batubara ini tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

Proses terciptanya batubara, berawal mula dari sisa-sisa tumbuhan yang berbentuk gambut lalu mengendap di suatu tempat. Setelah berlama-lama semakin banyak lalu terjadilah tekanan dari penimbunan dan adanya gerakan tanah, hasil dari kumpulan gambut tersebut yang menjadi batubara.

Batubara sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan manusia, seperti contoh  sebagai energi pembangkit listrik, bahan bakar kereta api, bahan bakar kapal laut, serta banyak lagi yang lainnya.

Karbon yang terkandung dalam batubara sangat membantu kehidupan manusia, maka dari itu batubara hingga kini masih menjadi incaran bagi perindustrian.

Gas Bumi

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Manfaat yang dihasilkan oleh gas bumi bisa memberikan energi untuk pembangkit listrik, bahan bakar penggerak mesin, hingga bahan bakar untuk memasak. Letak mendapatkan gas bumi sama dengan minyak bumi karena gas ini berasal dari minyak tersebut.

Untuk mengatasi sumber daya alam yang akan habis ini salah satunya cara ialah, manusia harus menggunakan alternatif lain sebagai pengganti gas bumi seperti pengurangan pemakaian atau mencari penggantinya.

Minyak Bumi

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Minyak bumi tidak dapat diperbarui jumlahnya karena minyak bumi tercipta dari fosil makhluk hidup pada zaman purba. Maka dari itu untuk menunggu waktu jutaan tahun lamanya, minyak bumi dicatat sebagai SDA yang tidak bisa didapat kembali.

Hingga saat ini hasil olahan dari minyak bumi menjadi sumber daya alam yang paling banyak digunakan oleh manusia. bahkan setengah dari aktivitas keseharian seseorang bergantung pada hasil olahan minyak bumi.

Hasil minyak bumi tersebut biasa digunakan untuk menggerakkan mesin, sumber daya listrik dan banyak lagi yang lainnya.

Besi

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Pada zaman dahulu kayu merupakan bahan utama untuk membangun rumah atau tempat tinggal lainnya. Lalu terdapat penemuan baru yang disebutnya dengan “besi” yang bersifat padat, keras dan mampu menahan berat, jadilah besi sebagai bahan-bahan pokok bangunan.

Sifatnya yang keras terbuat dari biji besi yang dicampur dengan partikel-partikel kecil berupa nikel, timah dan bahan-bahan lainnya.

Pada dasarnya masih banyak besi yang dijadikan stok, hanya saja besi yang semakin kerap digunakan sehingga bahan untuk pembuatan besi semakin menipis dan diajukan besi sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Batu Alam Mahal

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Batu alam berjual mahal yang kita maksud berupa emas, perak, perunggu dan lain sejenisnya. Bila kita kaji lebih dalam mungkin sangat mustahil emas akan habis, di bumi ini.

Emas yang digunakan sebagai perhiasan, sebagai pemanis keindahan para wanita tidak akan mengalami ke punahan. Hanya saja yang kita maksud adalah emas yang murni dari alam tidak akan lagi tersedia karena stok dari perut bumi sudah tidak lagi bisa diperbarui.

Batu Granit

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Batu ini tergolong kepada batuan beku yang melewati proses bertahap lama. Proses  batu granit berawal dari batuan kecil yang mengeras pada kerak atau pada lapisan bumi di bagian luar. Itu terjadi karena suhu bagian atas magma lebih rendah dai pada suhu bagian bawah yang terus memanas.

Nah, penjelasan akhirnya ialah pembentukan batu granit tersebut terjadi disaat magma berada di atas permukaan, karena prosesnya yang rumit dan bergantung dengan alam maka batu granit tidak dapat diperbarui oleh manusia sendiri.

Meski saat ini batu granit sering kali ditambang, sampai-sampai batu granit menjadi salah satu jenis batu yang paling sering ditambang oleh manusia. Hingga akhirnya batu granit menjadi punah karena sudah magma belum mengalami proses kristalisasi.

Yeah! Itulah contoh dan pengertian dari Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbarui. Semoga atas tulisan ini menjadikan kita faham atas apa yang kita perbuat, tentu tujuan utama dari tulisan ini menambah wawasan kita. Pesan saya adalah berbagi ilmu itu sangat penting dan tidak akan merugikan diri sendiri.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.