45 Kreasi Taman Minimalis Beserta Tanaman Hias

Carakus – Taman Minimalis Di Rumah. Assalamu’alaikum wb.r Selamat siang semuanya! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya. Pada pertemuan kemarin kita telah mengulas beberapa dekorasi/hiasan rumah yang bisa membangkitkan semangat hidup kamu yaitu berupa kolam minimalis disekitar rumah kamu.

Namun, sekarang mari kita ulas sedikit beberapa hiasan rumah berupa dedaunan hijau agar rumah senantiasa hidup dan orang yang menempatinya pun juga bahagia.

Riset mengungkapkan bahwa lingkungan yang cerah sangat membangkitkan semangat hidup seseorang. Juga warna hijau yang dimiliki dedaunan segar dapat menyegarkan dan membangkitkan gairah jiwa seseorang. Maka tak heran jika disetiap rumah sakit yang ada di Indonesia banyak terdapat taman-taman minimalis di area halaman rumah sakit.

Hal itu juga sependapat dengan pakar kesehatan. Selain sebagai kesehatan tentunya kita sadar bahwa tanaman yang hijau dapat memperindah pemandangan dan para penghuni rumah akan lebih nyaman dengan tempat yang mereka tinggali. Apalagi tumbuh rapi di depan teras rumah kita. Hemmmz,,, pasti menarik bukan?

Yah..! Saya hanya punya halaman 1 petak dan itu pun tidak besar.. 🙁

Santai! Karena kita akan mengulas taman minimalis yang bisa kita bangun di halaman minimalis rumah kamu.

Mengakali Desain Taman Minimalis

Taman yang hanya memiliki ukuran sempit misalnya 3 meter atau katakanlah hanya cukup 2 meter, maka harus di rancang dengan cerdas oleh kamu sebagai pemilik rumah.

Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

Mempertimbangkan Luas Lahan

taman minimalis

Hal ini adalah wajar karena tak selamanya rumah itu memiliki halaman yang luas, pertama kita kira-kirakan saja berapa meter yang akan kita tanami tanaman. Misalnya, rumah saya keseluruhan halaman depan memiliki lebar 3 meter dan panjang halaman seluas 5 meter jadi maksimal taman yang akan dibuat hanyalah 3,5 meter dengan lebar 2 meter.

Pertanyaannya:

“Mengapa tidak semua di jadikan tanaman saja?”

Ya, pasti kita tidak tahu kan? Kapan kita akan butuh tanah seluas 1,5 meter tersebut, semisal untuk dijadikan jalan menuju pintu atau kita membutuhkan lahan tersebut untuk kepentingan membuat kolam ikan.

Perhatikan Tata Letak Taman

Seperti apa taman yang akan kita buat? Mungkin itu yang terlintas di benakmu saat pertama kali memikirkan kata “Taman Minimalis di Rumah Minimalis”. Akan tetapi pemikiran itu harusnya sesudah mengukur luas lahan yang akan di buat tanam idaman kita.

Nah, setelah kita berbincang-bincang tentang luas halaman yang saya punya, maka tahap selanjutnya saya harus memikirkan tata letak taman atau lebih tepatnya merancang sebuah gambaran taman minimalis.

Tata Letak Pot

Disini kita tidak hanya memikirkan keindahan suatu pemandangan ya, karena pemandangan akan luntur ketika fungsi tanaman tidak seperti yang diduga. Jelasnya untuk desain taman yang kita buat harus terstruktur. Rumus sederhananya “Salah

Susunan Pot Bunga

Taman Minimalis

Menyusun kerangka bunga tidak perlu dengan membuat terlalu amazing nanti banyak yang iri, tapi kira-kira saja hal tersebut tidak butuh terlalu banyak pola atau desain yang unik. Semisal dari luas lahan rumah saya, maka susunan tepat bagi saya ya harus seminimalis mungkin tidak mengganggu aktivitas para penghuni maupun tamu.

Contoh bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

taman minimalis

Sangat jelas bukan? Bahwa pot bunga yang tersusun rapi tidak harus berletak-letak ke atas maupun disusun sedemikian rupa. Kita disini, tidak ingin menjual bunga gan! Tapi kita ingin menciptakan sebuah taman dengan kreasi yang sederhana.

Pilih Jenis Tanaman

Step selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah memilih jenis tanaman apa saja yang akan kamu gunakan sebagai penghijauan di rumah kamu sendiri. Memilih jenis tanaman tentu sangat berkaitan dengan luas halaman yang kita miliki. Nah, karena disini kita membuat sebuah taman minimalis, jadi yang kita butuhkan tanaman adalah dengan ukuran batang kecil dan tidak memakan banyak tempat.

Apa saja jenis tanaman-tanaman kecil yang bisa kita jadikan sebagai penghias rumah? Agar rapi kita gunakan pohon-pohon berikut:

Tanaman Hias Batang

Butuh bagi kita menghidupkan sebuah pohon yang memiliki manfaat selain menghiasi taman mini kita, tapi juga membantu untuk merindangkan sebuah halaman, saya sediakan tanaman yang bisa kita pilih nih:

  • Adenium atau Kamboja

taman minimalis

Riset mengatakan bahwa pohon kamboja bisa tumbuh subur di tanah mana saja, tetapi pertumbuhan tersebut lebih cepat dari pada perkiraan, jika ditanam pada daerah yang beriklim tropis dan itu adalah Indonesia. Kamboja yang asli banyak sekali bisa kita temui di Bali dengan ciri-ciri bunga kamboja asli Indonesia berwarna putih dan warna kuning untuk bagian dalamnya.

  • Kelapa Genjah Entoh

taman minimalis

Eh, jangan salah! Kelapa yang kita maksud adalah kelapa yang memiliki batang berukuran pendek dan tidak membuat banyak resiko. Selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias, Kelapa Genjah Entoh juga menjadi keuntungan tersendiri bagi pemiliknya karena buah yang dihasilkan tergolong banyak.

  • Bambu Jepang

taman minimalis

Tentu pasti telah banyak kita temui di setiap taman minimalis milik tetangga maupun di beberapa tempat wisata terdapat pohon hias yang satu ini. Mungkin menurut kita tidak memiliki keuntungan layaknya kelapa, tapi dengan bentuk batangnya yang berukuran mungil, jadi bisa kita manfaatkan penghias taman minimalis di rumah kita.

Tanaman Buah

Tanaman buah akan memberikan sedikit ketertarikan kita untuk terus merawat taman teras kita karena tanaman ini dapat menguntungkan si pemilik rumah.

  • Lemon

taman minimalis

Kenapa kok bisa lemon yang kita pilih?

Itu karena buah lemon yang berwarna orange kemungkinan dapat menimbulkan rasa suka bagi pemiliknya, dan warna orange juga dapat menambah semangat dalam diri seseorang. Tapi Lemon yang kita gunakan adalah pohon lemon Australia. Dengan ciri-ciri buah lemon sedikit melonjong dan warna kuning agak cenderung orange.

  • Buah Naga

taman minimalis

Pohon buah naga menjadi salah satu pohon yang sering ditanam di taman-taman rumah alasan mengapa mereka memilih buah naga karena buahnya yang manis dan bisa dijadikan berbagai olahan makanan maupun minuman.

  • Mulberry

taman minimalis

Mulberry mudah tumbuh di daerah tropis tepatnya negara Indonesia, jadi bisa kita jadikan sebuah tanaman penghias taman. Selain itu, mulberry juga berbuah se panjang tahun, jadi bisa dirupiahkan. Tekstur buahnya sama dengan stroberry ketika dikunyah di sela-sela mulut.

  • Tomat Ceri

taman minimalis

Tomat Cherry mungkin kita baru mendengar namanya, karena memang agak sulit mendapatkannya di pasaran bila tidak terlalu musim. Buah ini terkenal pada abad ke-18 di negara Chili dan Peru. Sesuai dengan namanya tomat ceri adalah jenis tomat yang berbobot seperti ceri.

Nah, pilihan tepat jika taman mini kita terdapat pohon tomat ini. Manfaat dari batang pohon tomat yang memiliki bentuk unik dapat memperindah taman, serta buah tomat bisa memperkecil besar pengeluaran biaya dapur. Hanya saja tomat ini kadang memiliki rasa yang lebih asam dari pada tomat biasanya.

  • Cabai Pelangi

taman minimalis

Semacam sayuran tapi lebih menariknya lagi ini adalah cabai. Yups! Cabai pelangi adalah salah satu sayuran yang memiliki buah cantik. Cabai pelangi merupakan tanaman hias yang berasal dari negara Amerika Selatan, dan disana disebut dengan Bolivian Rainbow.

Sangat sulit mengatakannya maka kita sebut dengan “cabe” saja ya. Tak masalah bukan?

Dari kata rainbow yang berarti pelangi menunjukan bahwa buah dari cabe ini memiliki warna yang berwarna-warni, dari warna yang beraneka ragam seperti pelangi seperti warna merah, kuning, ungu, dan jika ada warna lain silahkan isi komentar.

Tanaman Hias Daun

Ini terpenting yang wajib ada di taman mini kita, karena apabila tanaman hias ini tidak menghiasi taman kita, maka akan terasa garing dan seperti bukan taman. Berikut ini saya berikan beberapa kriteria tanaman apa saja yang bisa dijadikan sebuah penghias taman kamu.

  • Spider Plant

taman minimalis

Rumput yang satu ini tidak kalah menarik untuk di pilih. Dari namanya Spider Plant, itu bermaksud menjelaskan dari keunikan dari tanaman ini yaitu, ketika batang tanamannya menyentuh tanah. Maka ia akan mengakar alias merambat. Tanaman Spider Plant digolongkan ke dalam tanaman hias gantung yang mempunyai kemampuan untuk menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari udara di sekitar rumah Anda

  • Calathe

taman minimalis

Jika di jelaskan kenapa memiliki tanaman ini, itu karena Calathe unik dan cocok di jadikan sebagai penghias taman. Berasal dari Colombia dan Venezuela di bagian negara Amerika Selatan dengan namanya yang populer sebagai prayer plant atau peacock plant. Kecantikan yang terletak pada daun Calathe membuat ketertarikan seluruh pecinta tanaman hias.

Disebut dengan julukan Prayer Plant karena pohon ini sensitif dengan kondisi Gelap maka dari itu disaat hari mulai gelap daun calathe akan menutup (melipat malu), Selain keunikan tersebut menariknya lagi dari bentuk daun yang berukuran lumayan lebar dan elips.

  • Palem Kuning

taman minimalis

Palem Kuning termasuk tumbuhan pinang-pinangan dan berasal dari Madagaskar, namun tidak usah cemas karena pohon ini sudah bisa dijumpai dengan mudah di tanah air. Palem kuning merupakan sebuah tanaman yang tahan dengan terik matahari.

  • Saka Asparagus Plumosus

taman minimalis

Tanaman selanjutnya ialah Saka Asparagus Plumosus yang juga memiliki keistimewaan dari bentuk daun tanaman. Saka Asparagus Plumosus juga termasuk pada golongan tanaman Asparagus Plumosus.

Ciri-ciri tanaman ini terlihat tampak dari daunnya yang lebat lalu setiap daunnya menyerupai jarum sehingga taman kita semakin indah jika terdapat tanaman unik ini.

  • Suplir

taman minimalis

Suplir adalah tanaman yang termasuk dengan golongan anak suku Vittarioideae. Tanaman hias suplir sangat mudah di bedakan karena bentuknya yang khas sehingga mudah saja untuk dibedakan dengan tanaman paku lainnya. Selain nama Suplir tanaman ini juga terkenal dengan nama Adiantum.

Bentuk Taman Minimalis

Berikut ini kami juga sudah menyiapkan beberapa model Taman Minimalis yang bisa kamu jadikan gambaran untuk membuat taman di rumah sendiri:

Hanya membutuhkan beberapa meter saja, udah bisa di bilang Lumayan untuk sekedar menghiasi

taman minimalis

Meski agak nyelip di sela-sela tangga yang penting bisa di jadikan taman rapi

taman minimalis

Kalau mikir kesini  agak ketinggian ya menkhayalnya! Tapi, masak kita tidak bisa?

taman minimalis

Penyusunan Pot Bunga Itu Penting bro… Biar Rapi kayak gini

taman minimalis

Wah! Rapi sekali ruangan ini. “Apakah ini ruangan?” Tidak ini adalah sebuah Taman yang terstruktur sangat rapi!

taman minimalis

Tempat ini enak banget jika digunakan untuk bersantai dengan secangkir kopi aroma terapi hihihi..

taman minimalis

Jika tidak mau memakan biaya mending jangan membuat taman seperti ini ya gaes,,

taman minimalis

Taman ini mungkin tidak dibilang seperti taman karena lokasinya yang sedikit, serta terstruktur sangat elegant! 

taman minimalis

Untung saja masih dibuatkan pijakan di tengah-tengahnya, kalau tidak dikasih pijakan pasti akan tampak seperti hutan mini, (100 untuk taman ini)

taman minimalis

Jika ngopi disini, apa yang akan terasa sangat santai ya bung

taman minimalis

Tidak terlalu memaksa untuk membuat taman minimalis karena cukup begini saja sudah bisa menjadi manarik

taman minimalis

Mungkin penyusunan pot yang seperti ini akan membuat taman kita menjadi lebih menarik

taman minimalis

Taman seperti ini nyaman dan cocok sekali menjadi penghias celah pojok rumah

taman minimalis

Taman ini mungkin baru mengalami proses perawatan

taman minimalis

Taman seperti ini nih yang banyak diidamkan oleh semua orang

taman minimalis

Jika melihat foto ini, saya merasa berada di adalam aquarium 🙂

taman minimalis

Taman ini sangat cocok menjadi tempat untuk bersantai akan tetapi, sayangnya ada didalam ruangan

taman minimalis

Melihat taman ini seperti berantakan ya… Tapi ternyata masih Proses penyelesaian gaes..

taman minimalis

Berantakan tapi sangat eksotis untuk ditempati.

taman minimalis

Jangan memperhatikan desain kursi dan lantainya tapi lihat tatanan rumput dan pohon-pohonnya “Mengesankan Bukan?”

taman minimalis

Desain Taman Minimalis Belakang rumah

taman minimalis

Tanaman Minimalis yang paling lengkap untuk depan rumah

taman minimalis

Desain Taman Minimalis Depan Rumah pojok

taman minimalis

Desain Taman Minimalis Depan rumah

taman minimalis

Desain Taman Minimalis Mini

taman minimalis

Di artikel ini memang tidak saya masukan sebuah taman yang memiliki kolam didalamnya karena sudah pernah saya tulis pada artikel sebelumnya dengan lengkap dan bisa kalian akses pada link di bawah ini.

Baca Juga: Kolam Ikan Minimalis Cantik di Dalam Rumah

Yups! Begitulah yang bisa saya ceritakan dari cara membuat Taman minimalis, lalu dilanjutkan dengan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk di jadikan taman idaman kita. Di akhir artikel saya izin mengundurkan diri dari artikel kali ini, semoga bermanfaat sekian dari saya dan Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.