Tari Jaipong dari Jawa Barat

“Aku suka singkong kau suka keju, aku suka jaipong kausuka disco” begitulah bunyinya, Hallo sobat, gimana kabar selama ini? Oke oke aja kan? Mari lanjut kembali dalam pembahasan tarian Indonesia yang selama ini kita bahas, mungkin sudah lama sekali saya ingin menjelaskan rinci tentang tari Jaipong yang berasal dari Bandung Jawa Barat.

Sungguh sangat populer jika kusebut nama Jaipong pasti yang terlintas di pikiran kamu, adalah penari yang mengangkat tangan kanan keatas kan? Dan tentunya tak asing lagi.

Tari jaipong sampai saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan bukan hanya orang lokal saja lho,,, bahkan banyak para turis pun berlatih dengan riangnya untuk mengetahui gerakan-gerakan tari Jaipong ini.

Tarian populer sangat enerjik, humoris dan ceria. Mengapa demikian? Itu karena sebagai berikut..

Sejarah Tari Jaipong

Tari Jaipong

Tari jaipong terlahir pada tahun 1976 Karawang, dari seorang yang begitu legendaris H. Suanda.

Katanya Tarian ini berasal dari Bandung?

Wait.. Nah, memang tarian ini sekarang juga semarak dibandung oleh karena seseorang yang juga ternama yakni Gugum Gumbira pada tahun 1960-an, maksud dan tujuannya untuk mengembangkan tari Jaipong di kota Bandung.

Setelah itu, tari jaipong masuk pada kesenian rasa ceria, hal itu karena Gugum Gumbira menyelipkan beberapa kesenian nusantara seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu.

Keunggulan Tari Jaipongan

Tari Jaipong dari Jawa Barat

Gerakan Tari Jaipong

Seperti tarian pada umumnya, sebuah tarian terdapat ciri khas gerakan, tari jaipong juga memiliki gertakan tari khas yakni sebagai berikut:

  • Bukaan

Bukaan adalah salam pembuka yang mengawali mulainya tarian, yakni penari memulainya dengan memutari panggung dengan elok memaikan selendang yang disampirkan pada lehernya.

  • Pencungan

Pencungan adalah gerakan tari abstrak yang diiringi oleh musik dalam tempo cepat dan gerakan yang abstrak.

  • Ngalah

Ngalah merupakan tari lambat ataupun patah-patah serta sebagai suatu titik pemberhentian sebelum pemain melakukan gerakan lain yang dilakukan dengan cepat.

  • Mincit

Mincit ialah tari perpindahan gerak dari satu gerak ke gerak yang lain hal ini mestinya digunakan setelah memainkan gerakan ngalah, karna ngalah adalah penyambung dalam tari jaipong.

Busana Penari Jaipong

Busana Tari Jaipong

Meski sama-sama dari daerah Jawa Barat, Mestinya busana yang dikenakan juga tak samasangat banyak ragam busana yang harus kita ketahui, sama seprti jaipong busana yang harus dikenakan yakni sebagai berikut.

  • Sinjang

Sinjang adalah celana panjang, Walaupun sudah banyak kreasi atau model dari busana tari jaipongan, namun busana pada awalnya busana yang dikenakan adalah kain yang menyerupai celana panjang

  • Sampur

Sampur juga disebut selendang yang dikenakan pada leher si penari, Busana ini juga wajib dikenakan pada tari jaipongan dan bisa juga menjadi busana utama, karena sampur akan sering digunakan dalam setiap gerakan seperti bukaan dan gerakan lainnya.

  • Apok

Apok adalah baju penari khas jaipong. Busana ini mungkin sama pada umumnya yakni juga memiliki kancing, namun Apok menunjukan sebuah kreasi cantik pada umunya yakni dengan dihiasi bordiran bunga-bunga pada setiap sudut-sudut pakaian.

Alat Musik Jaipong

Alat Musik Tari Jaipong

Tari tanpa musik bagaikan sayur tanpa garamnya “hanbar”, tari jaipongan memiliki musik dan lagu dalam tempo cepat serta diiring oleh alat musik, berikut ini beberapa alat musik yang wajib hadir dalam tari jaipongan.

  • Gendang

Gendang merupakan alat musik yang di pukul menggunakan tangan kosong, mungkin sangat identik dengan dangdut, tapi gendang pada jaman dahulu berperan penting di sebuah pertunjukan tari. penabuhan gendang dimaikan secara tempo cepat selain juga mengiringi alur tarian, gendang juga mengajak berinteraksi dengan penonton.

  • Rebab

Rebab merukan alat musik yang dipetik layaknya gitar dan hanya memiliki 3 senar saja, namun tak jauh berbeda hanya saja bentuk dan gaya mainnya saja yang berbeda. Rebab merupakan pelengkap dalam tarian ini,

  • Gong

Gong merupakan alat musik yang sangat terkenal diseluruh dunia, dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul. Gong dimainkan dalam tempo tertentu, suara gong sangat khas dan memiliki dentuman keras.

  • Kecrek

Kecrek dalam musisi dangdut adalah tambourin yakni sebagai aba-aba dalam sebuah iringan tari. Bunyinya mungkin seperti penyemangat dari musik jaipong. Crek crek, crek, seperti itulah bunyinya.

  • Kecapi

Kecapi adalah salah satu yang wajib ada dalam sebuah tarian jaipong, selain suaranya yang merdu kecapi meresap indah pada yang mendengarkan, suara yang dipetik berasal dari dawai.

Mungkin seperti itulah tari jaipongan semoga menjadi inspirasi kepada pembaca, dan jangan lupa lanjut terus mendidik diri kita agar tradisi dan budaya negara ini semakin kuat untuk generasi berikutnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.