Sejarah Tembang Gambuh Lengkap Video & Contoh

Carakus.comPengertian Tambang Gambuh. Selamat pagi netizen! Gimana kabarnya? Semoga kita baik-baik saja. Oke, masih dengan pembahasan Tembang Macapat yaitu pembahasan Tembang Gambuh. Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal tentang tembang macapat yang berarti karya sastra Indonesia yang hingga saat ini masih banyak dilantunkan di berbagai daerah.

Juga telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa dilahirkan Tembang Macapat, untuk memberikan penjelasan atau nasehat terhadap kehidupan manusia. Selain itu, tembang macapat ini banyak memiliki keunikan tersendiri yang salah satunya adalah Tembang Gambuh.

Tembang Macapat Gambuh yaitu salah satu jenis karya sastra Indonesia Tembang Macapat yang hingga kini masih di lestarikan. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Tembang Gambuh

Tembang Macapat Gambuh merupakan nasehat atau penjelasan yang diberikan kepada seorang, juga menyiratkan sebuah isi, tentang pengarahan proses manusia yang sedang berada di dalam usia mudanya.

Di jelaskan juga bahwa kemandirian seseorang akan dimulai dari masa mudanya. Maka dari itu para penasehat tersebut mendukung untuk para pemuda untuk lebih berdekatan dengan sesepuh mereka seperti ulama, orang-orang sholeh, guru dan lain sebagainya.

Perintah agar menghargai orang lain serta pentingnya kita hidup bersosialitas. Hidup manusia ini tidak akan luput dari saling di butuhkan dan membutuhkan antara sesama manusia.

Kita dituntut untuk saling menghormati meski sama-sama dengan antara anak mudanya, apalagi dengan orang yang lebih tua. ringkus jelasnya Tembang Macapat Gambuh sangat menuju kepada nasehat dan petunjuk-petunjuk petuah menuju kebaikan.

Arti Lain Tembang Gambuh

Sejarah Tembang Gambuh

Penafsiran lain juga mengatakan bahwa Tembang Gambuh adalah sebuah kesatuan dua hati dalam rangkaian yang sepaham atau memiliki kecocokan antara satu dengan yang lainnya.

Contoh: Terdapat dua pasangan kekasih yang sudah direstui oleh kedua orang tuanya dan sudah ada tujuan hendak menikah.

Watak Gambuh

Pengertian Tembang Gambuh

Watak Gambuh sendiri berkarakter wajar, tidak ragu-ragu, jelas.

Biasanya digunakan dalam seseorang mengungkapkan sifat kekeluargaan, nasehat, benar ingin mengungkapkan hati.

Makna Gambuh

Gambuh sendiri memiliki arti lain yang dimana, di Provinsi Bali sendiri Gambuh berarti tarian dramatari yang paling tinggi mulutnya. Anggapan lain juga dramatari adalah tarian klasik yang mempunyai banyak gerakan hingga dibilang dramatari adalah sumber segala jenis tarian klasik Bali.

Sejarah Tembang Gambuh

Sejarah Tembang Gambuh

Gambuh sendiri diperkirakan sudah lahir sekitar abad ke-15, dulu terkenalnya gambuh saat diperkenalkannya dengan aktor cerita Panji. Disuguhkan dengan bentuk teater dan didalamnya sangat berpegang teguh dalam kajian seni seperti seni suara, seni rupa, seni sastra, dan seni yang bermanfaat lainnya.

Lalu dipentaskan dengan diiringi Alat Musik Tradisional Indonesia yaitu Gamelan.

Contoh Tembang Gambuh

Si kidang ambegipun
(Si kijang memiliki watak)
Angandelaken kebat lumpatipun
(Menyombongkan kecepatannya melompat/berlari)
Pan si gajah angandelken gung ainggil
(Si gajah menyombongkan tubuhnya yang tinggi besar)
Ula ngandelaken iku
(Ular menyombongkan)
Mandine kalamun nyakot
(Keampuhannya dengan menggigit)

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di kritik. Saya ucapkan sekian dan terima kasih. Jangan lupa ikuti terus kebanggaan tema dan budaya Indonesia yang telah kita tulis pada halaman sebelumnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.