Pengertian Tembang Sinom Lengkap Video & Contoh

Carakus – Pengertian Tembang Sinom. Tembang Macapat yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya merupakan sebuah karya sastra Indonesia yang hingga kini masih di lestarikan oleh penduduk Indonesia.

Terutama bagi orang jawa sendiri Tembang Macapat merupakan sebuah kewajiban khusus yang harus ada disetiap acara-acara tertentu seperti acara di keraton, acara perkumpulan para pembesar atau tokoh masyarakat dalam pertemuan tertentu.

Macapat terbagi menjadi 11 jenis yang salah satunya ialah Tembang Sinom yang kali ini kita bahas, Tembang Sinom itu sendiri menjadi menarik bagi kalangan pemuda karena sebagai berikut:

Pengertian Tembang Sinom

Nah! Dalam dunia macapat merupakan sebuah kejelasan dengan gambaran kehidupan syair-syair yang dilantunkan oleh seniman suara.

Tembang Sinom ialah tembang yang menjelaskan tentang kehidupan manusia yang menginjak usia muda atau masa pubertas. Di masa usia tersebut para remaja sedang asik mencari sebuah jati diri, dan setiap hari menjadi perhantuan dalam pikirannya “Siapakah Saya Ini!”

Dengan begitu, mereka akan senang jika mendengarkan sebuah kesenian yang menjadi teladan dan menjadi panutan bagi dirinya. Begitu juga di usia seperti itu, para remaja sekarang sudah mengurusi hawa nafsu dengan lawan jenisnya, maka dari itu mari kita selamatkan mereka dengan menjadi panutan untuk mereka.

Arti Lain Tembang Macapat Sinom

Arti kata Sinom sendiri bervariasi dan banyak pendapat yang mengutarakan maksud dari Jenis Tembang ini, maksud dari kata “Sinom” yaitu “Sinoman” yang berarti sekumpulan anak muda yang suka membantu orang yang hendak melakukan kebaikan seperti syukuran atau acara yang biasa dikunjungi banyak orang.

Pengartian dalam bahasa Jawa sendiri, Sinom berarti “jamu” yang terbuat dari daun muda atau biasa dikatakan dengan “si Enom” yang artinya (masih muda).

Watak Sinom

Sedangkan untuk watak yang dimiliki oleh Tembang sinom itu sendiri, memiliki karakter watak kesabaran yang tulus, dan selalu ingin menyampaikan nasehat dengan cara keramah-tamahan kepada seseorang.

Biasanya Tembang sinom ini digunakan saat acara perpisahan sekolah, atau acara yang mencakup kesabaran, dan juga biasanya digunakan untuk mengisi acara dalam perwatakan orang tua yang memberikan nasehat kepada anaknya.

Makna Pangkur

Makna lain dari tembang Sinom ialah sebuah pucuk yang baru tumbuh, atau diartikan juga sebagai remaja yang baru bersemi dan akan menjalani awal kehidupannya. Karena diartikan sebagai pucuk yang baru tumbuh, juga diakui sebagai seseorang yang lemah dan butuh panutan untuk masa depannya serta butuh petunjuk agar bisa meniti di jalan yang lurus.

Guru Gatra, Guru Wilangan Dan Guru Lagu Tembang Sinom

Tembang Sinom
makna tembang gambuh paugerane tembang gambuh filosofi tembang macapat basa jawa

Aturan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan dari tembang sinom:

  • Guru gatra: 9.

Yang berarti Tembang Sinom mempunyai 9 baris kalimat atau larik.

  • Guru Wilangan: 8, 8, 8, 8, 7, 8, 7, 8, & 12.

Yang berarti dari jumlah barisan pertama hingga kalimat ketiga memiliki jumlah 8 suku kata, kalimat ke empat memiliki jumlah 8 suku kata, kalimat ke lima memiliki jumlah 7 suku kata, kalimat ke enam memiliki jumlah 8 suku kata, kalimat ke tujuh memiliki 7 suku kata, kalimat ke delapan memiliki 8 suku kata, dan kalimat terakhir memiliki jumlah suku kata 12 suku kata.

  • Guru Lagu: a, i, a, i, i, u, a, i, a.

Yang berarti dari setiap akhir suku kata di setiap baris akhir kalimatnya, harus berakhir dengan vokal a, i, a, i, i, u, a, i, a.

Contoh Tembang Sinom

Banyak sekali contoh-contoh yang bisa saja sampaikan tentang perjalanan anak remaja masa kini, maka dari itu mari kita simak bersama contohnya sebagai berikut:

Contoh Nasihat Tembang Sinom

“Lakune bocah sekolah

Sinau rino lan wengi

Kudune bocah sekolah

Mesti pinter lan setiti

Nanging jaman saiki

Sinanune ora luhur

Karo seneng dolanan

Ora bisa migunani

Mung bisa njaluk lan nyusahke wo”

Dari contoh diatas Menjelaskan bahwa para remaja jangan sampai terledor untuk masa depanmu karena pergaulanmu saat ini. Meski pun kalian sekarang suka dengan mainanmu, mestinya kamu tidak juga menyusahkan orang tuamu.

Mungkin seperti itu saja yang bisa saya sampaikan dari pengertian Tembang Sinom. Semoga bermanfaat dan mejadikan kita sebuah proses untuk mencapai kebaikan

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.