Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Carakus – Budidaya Jangkrik. Jangkrik sekarang menjadi sasaran usahawan muda paling menguntungkan dan bisa berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta. Mengapa seseorang harus rela memilih budidaya ternak jangkrik?

Alasan yang logis adalah Karena banyaknya permintaan, atau lebih jelasnya di era ini banyak sekali orang yang hobi memelihara hewan ternak seperti burung, Ikan, reptil, dan hewan liar lainnya.

Sedangkan para peternak jangkrik yang sedikit kewalahan sehingga jumlah permintaan dan jumlah pemasukan Jangkrik semakin tumbang, tak heran apabila banyak sekali orang yang berpenghasilan puluhan juta dari berternak jangkrik.

Selain keuntungan yang melimpah ruah, Cara budidaya jangkrik itu tidak juga sulit untuk dilakukan, dan tak juga mengganggu aktivitas rumah anda.

Cara Ternak Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Sebenarnya ilmu ini adalah rahasia serta tak banyak orang tahu tentang ilmu beternak jangkrik, karena kalau rahasia ini sampai bocor, banyak orang yang kaya mendadak hehe..

Oke, langsung saja kita menuju materi budidaya jangkrik, dibawah ini:

Kandang Ternak Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Tentu yang pertama kali kita butuhkan untuk usaha budidaya jangkrik adalah kandang. Maka Siapkan kandang atau yang biasa kita sebut dengan penangkaran jangkrik.

  • Dibuat sederhana saja yakni dengan menggunakan bahan kayu (triplek) untuk lebar 60 cm, panjang 100 cm, sedangkan tingginya bisa 30-40 cm.
  • Selanjutnya adalah satukan potongan kayu dengan menggunakan paku, demi menjaga lebih aman dan jangkrik tidak mudah kabur dari celah-celah tadi. Maka kita tambahkan lem kayu diselah-selah sambungan yang disatukan tadi.
  • Setelah bagian bawah selesai, sekarang bisa membuat tutup bagian atasnya dengan ukuran yang sama, serta pada bagian tengahnya dibuatkan lubang Ventilasi kecil agar jangkrik kecil tidak kabur lewat celah tersebut.
  • Pada dalam kotak kira-kira 10 cm bagian atas, dikasih solasi agar jangkrik tidak merayap dan melompat keluar.
  • Untuk kaki kandang jangan lupa diberi mangkuk berisi air agar para semut tidak bisa masuk kedalam kotak.

Biasanya kita dalam menghemat lahan yang sempit, bisa membuat kandang susun jadi tidak memakan banyak ruangan.

Bibit Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik
Telur berkualitas di hasilkan oleh jangkrik yang terawat dengan baik
Cara Budidaya Ternak Jangkrik
Bayi jangkrik yang sehat

Bibit jangkrik yang bagus adalah hasil dari tangkapan alam, tapi apakah anda akan menangkap jangkrik setiap malam agar dapat membudidaya jangkrik?

Tentu tidak bukan?

Untuk bibit anda bisa membelinya langsung ke penjualnya 083852991948 mereka menjual telur jangkrik alam (sliring) yang cocok dan banyak diminati oleh para pecinta hewan peliharaan.

Makanan Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Jangkrik juga makhluk hidup jadi butuh makan dan minum, dan banyak salah dari kebanyakan para pemula yakni pemberian pakan. Pemberian pakan yang tidak tepat juga berpengaruh besar terhadap para jangkrik.

Jangkrik yang salah dalam pemberian pakan, tidak nyaman dengan cuaca atau suhu kandang, biasanya menjadi kanibal yakni memakan sesama jangkrik.

Jadi dalam penelitian kita pemberian pakan jangkrik terbilang harus teratur dan harus sesuai porsi usianya.

  • Pakan yang digunakan ialah voor (pakan ayam) harus halus sudah digiling, kacang kedelai, beras merah jagung kering (sudah halus). Makanan tersebut khusus diberikan kepada jangkrik kecil yang baru berumur 1-10 harian.
  • Ketika sudah berumur lebih dari 10 hari anda bisa memberinya pakan berupa sayuran, jagung muda.
  • Setelah jangkrik sudah dibilang dewasa, maka makanan sudah bisa bervariasi seperti singkong, umbi2an, mentimun dan semacamnya.
  • Dan untuk pakan utama saya rekomendasikan untuk memberi voor untuk minumnya utamakan pepaya (kates) muda yang diiris tipis.

Waktu paling tepat dalam pemberian pakan ialah bisa di sore hari karena ketika malam tiba, jangkrik banyak beraktivitas. Untuk penggantian makanan (voor) jika digolong sudah basi jangan dikasih ke jangkrik karena berpotensi mengganggu kualitas jangkrik.

Cara Budidaya JangkrikCara Budidaya Ternak Jangkrik

Budidaya jangkrik tidak juga sulit seperti yang dijelaskan diatas, hanya saja untuk terdorong memulainya saja yang sulit karena banyak orang tidak percaya bagaimana dengan hasil budidaya jangkrik ini.

Yang sulit itu adalah bagaimana memulai budidaya ini, namun jika sudah memulai. Maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Cara Mengawinkan Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Setelah jangkrik beranjak pada tahapan dewasa, jangan sampai tidak perhatian kepada masa perkawinan.

Dalam proses ini yang kita butuhkan berupa kandang khusus yang didalamnya terdiri dari tanah liat/semen untuk dipoleskan pada dinding, serta tambahan daun-daun kering seperti daun jati, daun pisang, dan juga potongan-potongan kayu kering.

Hal di atas bertujuan agar kandang benar-benar mirip seperti kondisi suasana alam liar. Namun perbedaannya ialah dalam tempat peneluran kita sediakan saja 2-3 nampan pasir halus atau tanah yang benar-benar halus agar jangkrik dengan mudah meletakan telur-telurnya di sana.

Dalam masa perkawinan ciri-ciri pejantan yang bagus akan terus berbunyi sedangkan para betina akan sibuk dengan meletakan telur-telur mereka pada tanah yang telah kita sediakan.

Demi menunjang kualitas reproduksi biasanya kita satukan pejantan dan betina dengan skala perbandingan 10:2. Makanan yang disediakan berupa sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun pepaya, sawi dan lain sebagainya.

Kebersihan kandang juga ditinjau lebih seperti daun-daun hijau yang cepat membusuk minimal 1 hari sekali, agar para jangkrik lebih nyaman berada didalamnya.

Biasanya terdapat beberapa ramuan atau vitamin yang diberikan oleh para peternak agar kualitas telur semakin joss. Ramuan yang diberikan seperti tepung ikan, bekatul, kuning telur bebek yang telah direbus dan dihaluskan. Serta tambahan sedikit vitamin.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

Telur Jangkrik Muda

Setelah telur berusia 5 harian mungkin sudah saatnya kita pindahkan telur ke penangkaran (kandang) bayi. Nah, bertahap dalam proses penetasan ini biasanya dari hitungan 4-6 harian terasa cukup matang untuk melihat para bayi jangkrik.

Kondisi Kandang Bayi Jangkrik

Kondisi kandang yang benar adalah bagaimana cara kita agar menjaga suhu kandang agar telur lembab (tidak basah juga). Dalam hal ini bisa kita lembabkan dengan cara menyemprot kandang bagian dalam dengan semprotan embun., atau biar lebih mudah kita gunakan saja karung goni yang sudah disemprot air.

Menjaga Kondisi Kandang Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Jangan hanya memikirkan untuk meraup hasil yang melimpah ya gaes, Kebanyakan para pengusaha jangkrik yang sudah sukses sangat sungkan untuk membersihkan penangkaran jangkrik, maka perlu kita ingatkan kembali bahwa kebersihan itu juga butuh dikerjakan.

Kandang jangkrik juga butuh dijaga, seperti suhu yang telah di singgung di atas, itu juga selalu diperhatikan agar para jangkrik bisa senantiasa betah dan tidak stress..

Menjaga kebersihan kandang mungkin tidak ribet juga karena kita hanya perhatikan pada makanan yang tidak habis bisa langsung dibuang sebelum membusuk di dalam kandang.

Penting!!

Banyak para pemula yang keliru bahwa pembuatan kandang masih berbau bahan matrial, maka dari itu sebelum diisi bibit jangkrik.

Pertama cuci kandang dengan air biasa kemudian di jemur kira-kira sampai tidak terlalu berbau vanili. Setelah itu baluri seluruh kandang dengan lumpur sawah agar sama persis seperti alam liar dan jemur kembali.

Bagian bawah kandang juga sangat di perhatikan karena sering kali terdapat kerumunan semut yang ingin merayap ke atas kandang. Maka, gantilah air yang ada pada mangkuk tersebut.

Cara Panen Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Tidak terasa kita sudah memelihara jangkrik selama 1 bulan lebih, maka saatnya kita untuk bisa meraup hasil dari kerja keras kita selama ini. (begitu cerita dongeng)

Saya rasa tidak semudah itu membudidaya jangkrik! Karena banyak juga step-step yang harus diperhatikan. Tanpa perhatian para jangkrik bakalan enggan untuk dipanen.

Untuk panen jangkrik bisa 2 bidang yakni memanen telur jangkrik dan memanen Jangkrik-jangkrik tersendiri.

Panen Telur Jangkrik

Untuk panen telur jangkrik kita sudah bikin artikel lengkap dengan Video Memanen Telur Jangkrik.

Namun telur jangkrik juga bisa kita jual kepada para petani yang ingin memulai usaha ternak jangkrik.

Panen Jangkrik

Cara Budidaya Ternak Jangkrik

Jujur saja, Inti dari budidaya ini adalah menjual jangkrik-jangkrik kepada para penjual pakan hewan ternak (kios burung) dan juga para penghobi binatang peliharaan.

Namun cara memanen jangkrik dengan benar ialah menggunakan bantuan Peralatan dan bahan yang dibutuhkan, seperti berikut:

  • Pertama kita perhatikan usia jangkrik yang siap untuk kita panen.
  • Selanjutnya perhatikan juga waktu yang pas untuk memanen jangkrik yaitu ketika matahari sudah tidak terlalu panas, kira-kira sekitar jam 4 sore atau bisa dipagi harinya yakni jam 6 pagi. Hal itu agar jangkrik yang lain tidak terlalu kaget dan trauma dengan proses panen.
  • 6 jam Sebelum panen juga singkirkan minuman jangkrik atau pakan yang sekiranya mengandung air, agar timbangan tidak merugikan konsumen. Kecuali pur ayam tidak masalah untuk jatah makan jangkrik.
  • Siapkan Ember besar untuk tempat jangkrik sebelum ditimbang.
  • Kemudian baru kita lanjut mengambil tray yang sudah di penuhi jangkrik dan masukan ke dalam ember dengan cara diketuk dari eggtray kiri dengan tray kanan.
  • Setelah dirasa cukup untuk dipanen baru kita timbang. Usahakan timbangan di lebihkan 0.5 ons ya, karena jangkrik akan mengusut didalam perjalanan. Biar konsumen juga enak dengan pelayanan kita.

Nah, setelah banyak konsumen yang percaya kepada kita. Tiba saatnya pencapaian akhir yakni mengembang kemitraan dengan begitu, semakin gede pula penghasilan finansial kita.

Bagaimana calon juragan? Apakah anda tiak mau menjadi sukses hanya dengan mengembang biakan jangkrik hanya dengan bermodalkan hobi saja?

Jual jangkrik Alam Sliring Kualitas baik 083852991948 Harga berubah sewaktu-waktu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.