Memperkuat Umat Islam Di Indonesia

CarakusMemperkuat Umat Islam Di Indonesia. Banyak diantara kita kaum muslimin, yang tidak terlalu paham tentang sejarah Islam Indonesia terdahulu. Mungkin yang biasa kita ketahui adalah cerita 9 sunan yang memang terkenal membawa ajaran agama yang lurus.

Tapi setelah itu apakah kita pernah berfikir, bagaimana bisa agama yang suci ini bisa bertahan hingga sekarang?

Sering kali tepatnya di negara kita, di hantui oleh teror-teror dari penganut agama lain. Dan Alhamdulillah, janji ALLAH tak pernah salah, sebagaimana firman ALLAH SWT dalam surat Al-anfaal, ayat 73:

وَالَّذينَ كَفَرُواْ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاء بَعْضٍ إِلاَّ تَفْعَلُوهُ تَكُن فِتْنَةٌ فِي الأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ

“Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (QS Al-Anfaal, 73).

Sesuai dengan firman ALLAH diatas bisa kita fahami, jika kita sebahagai hamba-Nya tidak mena’ati apa yang di perintahkan, maka dunia inii tidak akan lama lagi akan mengalami kekacauan yang amat besar.

Memperkuat Umat Islam Di Indonesia

Lantas bagaimana kita menjaga dunia yang oleng ini agar tidak mengalami kerusakan yang dahsyat? Serta ibadah apalagi yang harus kita kerjakan? Mari kita simak agak kebawah.

1. Mulai dari Diri Sendiri

Memperkuat Umat Islam

Memotivasi orang lain memang pekerjaan yang mudah, tapi bagaimana dengan diri sendiri? Apakah sudah sesuai dengan perkataan panjang lebarnya?

Butuh bener orang lain dinasehati, namun lebih baik kita entropeksi dirilah. Apakah kita sesudah menasehati orang lain, kita telah mengerjakannya?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ . كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لا تَفْعَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”(QS. As-Shaff: 2-3)

Mari kita sama-sama mengingatkan apa yang bisa menjerumuskan diri sendiri, maupun orang lain. Membiasakan diri terlebih dahulu!

Kita bisa karena terbiasa

Begitulah kata-katanya, jadi mari berusahalah! Agar kita bisa selamat dari ancaman yang ALLAH janjikan.

Berilmu Tanpa Beramal

Sia-sialah umat islam yang berilmu tapi ilmu yang di dapatkan tidak diamalkan, sebuah tanda-tanda rusaknya orang mukmin yang apabila dia mengetahui segala sesuatu perintah dan larangan yang ALLAH tetapkan namun tidak mengamalkan hal tersebut.

Juga kita dituntut untuk mencari ilmu agar kita tahu apa yang wajib kita lakukan, juga mengetahui apa yang harus kita jauhi.

Beramal Tanpa Berilmu

Sebuah kecelakaan besar, apabila seseorang yang mengerjakan sebuah kewajiban tanpa ada dasar ilmu. Karena sesuatu yang dikerjakan juga nihil tanpa pahala. Maka dari itu, tujuan hidup ini hanya untuk mencari ilmu dan beramal.

Orang yang tidak mempunyai ilmu disetiap melakukan sesuatu hanya menduga-duga dan mengira-mengira dalam menjalani sebuah perbuatan. Hanya kesesatan yang didapat olehnya, pahala yang didapat mungkin karena dengan ketulusannya, namun kewajiban mencari ilmu tidak dilaksanakan, maka semasa hidupnya yang banyak didapat hanya mudharat.

Ditambah lagi jika dia membagikan ilmunya sendiri kepada orang lain, maka yang didapat adalah kemusyrikan jahiriyah. Sebagaimana yang dalil Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW. bersabda:

Barang siapa berbicara sesuatu berkenaan dengan Al Qur’an tanpa ilmu, maka bersiap-siaplah menempati tempatnya dineraka“. (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad)

2. Keluarga Sendiri

Memperkuat Umat Islam

Sebuah cara Memperkuat Umat Islam yaitu menjaga keluarga dari kedzaliman orang lain. Pada zaman ini kita tidak lagi bertempur dengan pedang, kita tidak lagi berperang menggunapan granate, tapi kita sekarang sedang berperang dalam jiwa.

Berperang dalam jiwa ini begitu sulit dicontrol oleh kaum muslimin sendiri, contoh hal buruk yang merusak agama islam, iyalah:

a. Berprilaku

Yang saat ini dituntut orang muslim Indonesia adalah prilakunya! Kita bisa lihat hal itu banyak timbul di berbagai daerah. Banyak timbul disegala kalangan. Terutama generasi Kids jaman Now.

b. Berpakaian

Juga termasuk kebiasaan yang bisa merusak agama Islam, hal ini sudah sejak lama telah kita ketahui, terlebih lagi cara berpakaian ini sudah biasa bagi orang di kota. “Syukur Alhamdulillah bagi kita yang hidup di Pedesaan”

Jagalah keuargamu dari berpakaian zina, sekarang sudah biasa berpakaian muslim, namun tidak ada diterapkannya dalam ajaran islam.

Contoh : Berkerudung yang menyempit, bercelana hingga berteriak pahanya, dan masih banyak lagi macam pakaian ketat yang bisa menjerumuskan kita kedalam api neraka.

c. Makanan

Salah satu pesan dari nabi Muhamad adalah jagalah keluargamu dari memakan uang riba. Bila uang riba itu masuk pada tubuh keluarga kita, maka celakalah keluarga tersebut.

Surga tidak menerima jasad manusia yang terdapat di dalamnya uang riba.

3. Pilih Pemimpin

Memperkuat Umat Islam

Pemimpin adalah yang megang sebuah kekuasaan di daerahnya, namun jika sang pemegang kekuasaan terjerumus kedalam jalan yang tidak benar! Maka, celakalah semua rakyatnya.

Di negara Indonesia ini pemilihan kepemimpinanan, bisa kita lakukan dengan cara mencoblos para caleg. Jadi kita wajib bertanggung jawab atas hal itu. Karena nanti kita akan dipermintakan tanggung jawab di hadapan ALLAH SWT. Maka berhati-hatilah dalam memilih seorang Pemimpin.

4. Ulama

Memperkuat Umat Islam

Jaga mereka!

Lindungi para Ulama!

Jangan biarkan para ulama itu didzalimi!!

Juga termasuk wasiat nabi Muhammad SAW yaitu Ulama, karena dengan adanya ulama bumi ini masih bisa kita pijak, dekatilah mereka! sayangi mereka, belajarlah ilmu islam pada mereka! Niscaya engkau akan menemukan jalan yang lurus!

Bagaimana kita belajar pada mereka? Sedangkan mereka pada sibuk dijaga oleh sebanyak umat.

Kita ikuti apa saja kegiatannya, ikuti semua kajiannya dan ikuti apa yang ditetapkan.

Mungkin ulama tidak hanya satu saja di dalam suatu daerah, maka ikutilah apa yang benar dan yang haq.

5. Pondok Pesantren

Memperkuat Umat Islam

Juga terdapat amanat yang harus dijaga dan dilestarikan, karena disanalah tempat pusat ilmu tentang Islam bisa di dapat dengan gratis, mungkin kebanyakan orang melihat mondok itu tidak keren, mondok itu tidak bebas, Mondok itu kampungan.

Banyak orang menganggap seperti itu, tapi apakah hal tersebut benar?

Salah besar! Menjadi seorang santri itu.

  • Dikagumi oleh semua orang.
  • Selalu di jaga ALLAH dalam setiap hela nafasnya.
  • Jika meninggal dipesantren sudah di sediakan oleh ALLAH surga, sama halnya dengan orang yang berperang lalu mati syahid.
  • Tentang wanita tidak usah khawatir, karena sekali melamar langsung di terima.
  • Tidak akan kesepian karena banyak teman.
  • Disanalah kita akan tahu hidup yang sebenarnya, mulai dari susah, senang akan dirasa saat menjadi santri.
  • Rapi, Sopan, dan tawadduk.
  • Dan banyak lagi keutamaan santri yang perlu kamu ketahui.

Mondoklah..! Maka surga akan menunggu kedatanganmu, tak akan lagi rasa khawatir dialami oleh para santri, berjalanlah di fisabilillah. Ajaklah family untuk menjadi santri, agar kau hidup bahagia.

Jujur saja saya saat ini masih berstatus sebagai santri, karena saya berfikir di era jaman yang serba dengan internet ini nantinya sangat berpotensi dalam akhlaq saya dimasa yang akan datang dan apa yang akan saya kerjakan untuk masa tersebut.

Pondok pesantren Badrussalam atau dikenal dengan nama Sin7esa adalah tempat yang saat ini didirikan oleh ust. Vatih mengajarkan kita menjadi manusia luar biasa, menanamkan akhlak seorang mukmin & pola pikir cerdas dengan mengajarkan bagaimana cara membuat sebuah bisnis didalam era internet.

Pesantren Sintesa

Demikianlah cara memperkuat Umat islam di Indonesia, semoga kalian yang merasa bisa dan berkecukupan mampu meruabah negara, dan merubah agama yang hampir retak ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.